123 Draft Posts

Saat terakhir kali memeriksa draft posts pada blog ini, saya menemukan 123 draft posts yang sebagian besar diantaranya sudah memiliki judul dan beberapa paragraf di dalamnya. Tapi, semua draft posts tersebut sepertinya tidak akan pernah terbit jika kondisinya saya masih seperti saat ini.

Draft post paling lawas bertanggal 14 September 2015, berjudul “Free Lunch Method untuk Blogger Pemula”. Istilah “Free Lunch Method” (FLM) ini sangat besar kemungkinan saya dapatkan dari membaca blog atau buku dari Pandji Pragiwaksono waktu itu dan ingin mengaplikasikannya pada industri blogging. Ide tersebut terlintas karena menurut saya, FLM bisa membantu blogger pemula dengan talenta menulis yang baik untuk mendapatkan traffic, exposure dan penghasilan dengan lebih cepat.

Idenya sederhana, blogger pemula yang baru memulai harus pandai-pandai ‘melempar pancing’ ke arah yang tepat, ke komunitas yang tepat kemudian memberikan ‘free lunch’ pada komunitasnya sebelum kemudian berhasil mendapat penghasilan dari pengiklan yang tepat. In theory, hal ini terdengar mudah, namun untuk membuktikannya, saya harus melakukan eksperimen ini sendiri dan saya termasuk orang malas yang sepertinya tidak akan pernah sanggup membuktikannya.

Draft post kedua yang judulnya masih membuat saya tertawa ketika membacanya berjudul “Exam Wars : The Brain Awakens” tertanggal 24 Januari 2016. Saya tidak ingat apakah saya ingin menulis seputar pengalaman saya saat ujian semester di kampus atau hanya ingin menulis sebuah cerpen yang pastinya masih berlatarbelakang seputar ujian semester saya di kampus pada minggu-minggu itu.

Judulnya “Thanks for the last 5 years, and let’s get another 5” adalah sebuah catatan pada diri sendiri dan apresiasi saya pada setiap orang yang mendukung saya dalam menulis dan berkarya selama 5 tahun belakangan. Draft post tahun 2017 ini tidak pernah saya terbitkan karena saya tidak berhasil merangkai kata-kata yang tepat untuk mewakili perasaan saya selama 5 tahun berjuang untuk mewujudkan apa yang saya impikan. Sampai hari ini pun, mimpi itu belum 100% terwujud dan masih banyak elemen yang harus saya selesaikan dan perbaiki untuk membuatnya terwujud, mungkin dalam 5 tahun mungkin dalam 10 tahun mendatang.

Sejak pertengahan 2017 hingga kini, sebagian besar draft posts di blog ini bertema seputar video game dan esport, dua hal yang belakangan ini sangat menarik perhatian saya. Beberapa draft juga sepertinya ingin mengulas video game secara lebih dalam dan pastinya akan memerlukan data dan waktu yang tidak sedikit.

Jadi, inti dari tulisan ini sebenarnya apa?

Sebagai sebuah catatan bahwa saya sebenarnya tidak pernah kekurangan ide untuk menulis, yang kurang adalah motivasi yang cukup kuat untuk menyelesaikannya. Sama seperti setiap hal dalam hidup ini, jika kita punya cukup keberanian untuk memulainya, maka kita harus sampai pada garis finish, pada titik akhir dan bukannya selesai di tengah jalan.

Jadi, mulai dari tulisan ini, saya akan fokus menyelesaikan 123 draft posts yang ada di blog ini dan menjadikannya sebuah artikel yang selesai, walau mungkin tidak benar-benar sempurna.