2017 Mau Ngapain Aja?

Disclaimer dulu deh, tulisan ini merupakan resolusi 2017 pribadi saya. Jadi, kalau kalian terjebak untuk sampai pada tulisan ini, silakan langsung close saja tab di browser jika yakin bahwa hal ini tidak penting. Tapi, jika ingin melanjutkan membaca, ya monggo…


Entah sejak berapa tahun saya sudah malas menulis tentang resolusi tahun baru, ya karena alasan sangat klasik, tidak akan berjalan sesuai rencana. Tapi, khusus tahun ini istimewa karena saya akan berusia 21+, yang artinya tinggal 9 tahun lagi sebelum berusia 30 tahun. *merasa tua

Oke, langsung to the point saja. Berikut ini adalah rencana-rencana garis besar yang akan saya lakukan selama 2017

Launching Web Baru (Tercapai)

Tahun 2016 lalu, saya sudah berusaha membuat beberapa web baru untuk menambah keluarga besar blog dan web yang saya miliki. Tapi, hampir 99,999% berhenti di tengah jalan. Memang dasar tidak kapok, saya akan mencoba lagi tahun ini, namun dengan perencanaan yang sedikit lebih baik.

Web baru pertama saya diluncurkan pada pertengahan Januari 2017 atau sekitar 2 minggu setelah artikel ini ditulis dan dipublikasikan. Tepatnya setelah Ujian Akhir Semester 5.

Update Agustus 2017 : Saya mengerjakan satu website baru lagi yang punya niche lebih kecil dari website sebelumnya dan diharapkan akan berjalan baik pada akhir tahun 2017.

Update Desember 2017 : Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya melakukan rebranding untuk kedua kalinya untuk blog utama saya. Saat ini beralamt di Kararuna.com dan sedang dalam masa pengembangan dan penyempurnaan.

Alamat website : Kararuna.com

Beli PlayStation 4 (Tercapai)

Banyak alasan kenapa saya ingin membeli PS4, kalau dijabarkan mungkin akan perlu beberapa paragraf, tapi singkatnya kayak gini :

  • Jika merakit PC gaming, biayanya akan lebih mahal
  • Game-game tahun ini banyak yang bagus, tapi tidak memungkinkan dimainkan dengan laptop saya saat ini
  • Persona 5 menyatakan belum ada rencana rilis di PC

Ya, emang dasar orang yang suka main game, gak mungkin dong kalau hal semacam ini tidak dimasukan dalam resolusi tahun baru.

Tercapai (April 2017) 🙂

Menamatkan Lebih dari 5 Game (Tercapai)

Setiap orang punya alasan untuk bermain game, dan hal yang baru saya sadari adalah ketika kita berhasil menamatkan sebuah game, maka hal itu bisa diartikan sebagai sebuah pencapaian. Yap, saya ingin memiliki setidaknya 5 mencapaian dari ‘sekedar’ bermain game.

Bagi non-gamer, mungkin melihatnya biasa saja. Tapi, bagi seorang gamer, menamatkan sebuah game itu seperti sudah berhasil melakukan pertunjukan dengan sukses di depan 10.000 orang bagi seorang musisi.

List Game yang sudah diselesaikan :

  • Mad Max
  • Prototype 2
  • Middle-earth : Shadow of Mordor
  • Diablo III
  • Diablo III : Reaper of Soul
  • Assassin’s Creed Syndicate
  • Persona 5
  • Mafia 3
  • Watch Dogs 2
  • Grand Theft Auto V
  • Horizon Zero Dawn
  • inFamous Second Son
  • Mass Effect: Andromeda

‘Mendirikan’ Penerbit Game & Aplikasi Android di Play Store (Tercapai)

Play Store bukanlah ‘mainan’ baru bagi saya, saat masa SMA, saya pernah menerbitkan 2 aplikasi Android di Play Store namun melalui jasa penerbit. Walau tujuan utamanya sekedar untuk belajar Android dan iseng, tapi kebanggaan semu itu tetap ada. Jadi, tahun ini, saya memutuskan akan memainkan mainan lama ini secara lebih serius.

Daripada sekedar membuat game atau aplikasi seadanya, saya berniat untuk ‘mendirikan’ penerbit game & aplikasi Android di Play Store dimana baik game maupun aplikasi tidak 100% berasal dari saya dan bisa berasal dari siapapun, entah digratiskan atau tidak, itu urusan nanti. Yang penting, niat dulu.

Tercapai (12 Juli 2017) 🙂 

Nama : Mata Badai

Channel YouTube baru (Semi-Tercapai)

Bersama kawan-kawan di Kakap Bros, selama satu tahun terakhir saya banyak membuat video tentang game dan teknologi, walau sebagian besar dikerjakan oleh tiga teman lainnya. Saya sadar bahwa seiring meningkatnya kecepatan internet rata-rata di Indonesia, para pengguna internet mulai beralih dari konten tulisan menuju multimedia.

Channel YouTube baru yang saya impikan bukanlah mengenai gaming atau teknologi secara khusus, karena saya sudah mengerjakan genre tersebut bersama teman-teman Kakap Bros. Jadi, sampai rencana ini ditulis, saya masih mempertimbangkan dua pilihan, yaitu channel mengenai edukasi atau mengubah bentuk artikel-artikel di blog saya menjadi konten video.

Tier 6 Gold di Vainglory Season Summer 2017 (Tidak Tercapai)

Ini juga masih ada hubungannya dengan game. Saat rencana ini ditulis, masih ada 52 hari sebelum Season Summer 2017 berakhir dan saya berada di Tier 4 Silver, seharusnya sih tidak terlalu sulit untuk dicapai. Tapi, mengingat saya adalah orang yang mudah bosan, semoga saya tidak bosan duluan untuk mencapai target yang satu ini.

Tidak tercapai.

Buat Film Pendek (Tidak Tercapai)

Berhubungan dengan pembuatan channel YouTube di poin sebelumnya, saya bermaksud membuat sebuah film pendek yang durasinya tidak lebih dari 5 menit menggunakan segala sumber daya yang saya miliki saat ini. Saya yang akan menulis skenario, menjadi sutradara/produser dan editor sementara pengambilan gambar dan pemeran kemungkinan akan dibantu oleh teman-teman Kakap Bros dan beberapa teman lainnya.


List ini akan terus diupdate / ditambah seiring berjalannya waktu di tahun 2017