3 Manfaat Utama Menghabiskan Weekend Keluarga di Luar Ruangan

Dalam satu dekade terakhir, anak-anak khususnya lebih sedikit menghabiskan waktu mereka berada di luar ruangan. Beberapa orang berusia diatas 20 tahun mungkin masih mengingat masa ketika dimana anak-anak tidak akan pulang ke rumah sebelum matahari terbenam atau sebelum dicari dan dimarahi oleh orangtua masing-masing.

Di waktu seperti sekarang, dimana setiap anggota keluarga lebih terdistraksi dengan perangkat canggih masing-masing, sangat penting untuk sesekali mengajak keluarga untuk menghabiskan waktu di luar ruangan bersama. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan berada di luar ruangan sebagai sebuah keluarga, mulai dari baik untuk perkembangan anak hingga mempererat ikatan keluarga.

Berikut ini 3 manfaat utama menghabiskan weekend keluarga di luar ruangan :

Menjauh dari Teknologi

Banyak orangtua menjadikan gadget sebagai alat anti rewel bagi anak-anaknya, jadi tidak heran jika anak-anak akan sangat lekat pada gadget. Bukan cuma anak-anak, orangtua pun sering menghabiskan lebih banyak waktu dengan gadget dibanding berinteraksi dengan anggota keluarga.

Pergi ke tempat yang penuh pepohonan berwarna hijau bisa menjadi pilihan yang tepat. Pilihlah tempat dimana sulit untuk mendapatkan sinyal dan kalau perlu, nyatakan bahwa status jalan-jalannya adalah gadget free. Awalnya mungkin banyak anggota keluarga yang protes, tapi ketika sampai di tujuan, mereka akan lebih sibuk menikmatinya dibanding mengingat tentang komplain mereka.

Mengurangi Stres Anggota Keluarga

Penelitian yang dilakukan di Skotlandia menunjukan bahwa orang-orang dewasa yang tinggal di lingkungan yang lebih hijau memiliki lebih sedikit kadar stress secara harian pada tubuh mereka dibandingkan dengan mereka yang tinggal di lingkungan perumahan penuh pohon beton.

Manfaat lain dari berada di luar ruangan adalah memberikan sedikit aktivitas fisik pada tubuh, entar itu berjalan, mendaki atau sedikit berlari. Menurut beberapa penelitian, olahraga merupakan sebuah cara terbaik untuk mengurangi stress. Jangan khawatir jika pakaian akan kotor akibat keringat atau debu dan sebagainya, karena akan ada rinso matik yang siap membersihkan sesampainya di rumah.

Meningkatkan Kadar Vitamin D

Perlu digaris bawahi bahwa bukan sinar matahari yang mengandung Vitamin D. Vitamin D dihasilkan dari pembakaran kolesterol di bawah kulit yang mengandung provitamin D, provitamin D inilah yang diubah tubuh menjadi vitamin D dengan bantuan dari sinar ultraviolet B yang dibawa oleh sinar matahari.

Vitamin D ini sangat bermanfaat pada kesehatan tulang dan gigi, bahkan kabarnya bisa menbantu mencegah penyakit kronis seperti kanker. Suhu yang lebih hangat dan udara yang lebih segar di luar ruangan juga membantu anggota keluarga terhindar dari flu.

Related Incoming Search Term: