3 “Olahraga Ringan” yang Ternyata Berat

Khusus bagi orang yang ingin menurunkan berat badan lewat jalur olahraga, pasti pernah mengalami sebuah dilema dimana jika melakukan olahraga seperti berlari, sepakbola dan olahraga “berat” lain maka risiko cedera yang menghantui lebih besar, sementara jika melakukan olahraga “ringan” maka efeknya tidak akan terlihat dengan cepat.

Jangan salah, ada setidaknya 3 olahraga yang dianggap “ringan” oleh banyak orang namun ternyata sangat berat dan manfaat olahraga tersebut sama efektifnya dalam membakar kalori dengan olahraga lainnya. Ketiga olahraga tersebut adalah berenang, yoga dan menari.

Berenang

swimming

Ada mitos bahwa berenang termasuk olahraga “ringan” karena air mengurangi tekanan gravitasi dan membuatnya lebih mudah, itu tidak sepenuhnya benar. Bahkan, berenang selama 60 menit bisa membakar hingga 700 kalori. Perbandingannya, seseorang dengan berat badan 70kg berjalan selama 60 akan membakar sekitar 270 kalori sementara jika dia berenang, maka dia akan membakar hingga 475-700 kalori tergantung gaya berenang dan kecepatannya.

Ada hal yang perlu diperhatikan setelah berenang, yaitu nafsu makan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa ada kecenderungan seseorang mengalami kenaikan berat badan jika sering berenang, karena air dingin bisa memicu nafsu makan. Jadi, setelah berenang, kita harus bisa mengendalikan nafsu makan sehingga kalori yang sudah terbakar tidak “kembali” dengan mudah.

Yoga

Walau terlihat seperti hanya melakukan pose-pose tertentu, tapi yoga sebenarnya sangat “melelahkan” dan efektif dalam membakar lemak. Yoga selama 60 menit bisa membakar kalori dari 200-540 kalori tergantung pose yang dilakukan. Selain itu, yoga juga memberikan manfaat lain seperti meningkatkan konsentrasi dan teknik pernafasan yang bermanfaat untuk memperlancar aliran darah.

Seperti olahraga lainnya, yoga juga memiliki risiko cedera. Jadi, sebelum mulai beryoga ada baiknya mencermati dan mempelajari pose-posenya terlebih dahulu atau lebih baik lagi, belajar ada instruktur yoga yang sudah berpengalaman.

Menari

Mungkin kurang tepat disebut “olahraga”, tapi menari memang sangat bisa membakar kalori. Menari bukan hanya menuntut kekuatan fisik dan stamina, tapi juga konsentrasi dan kelenturan tubuh. Penelitian menunjukan bahwa menari selama 30 menit bisa membakar antara 100-400 kalori, tergantung tarian yang dilakukan. Beberapa tarian daerah di Indonesia dan tari balet adalah contoh tarian yang sangat efektif dalam membakar kalori.

Kalau mau yang lebih menyenangkan, bisa mencoba zumba, yaitu gerakan tari yang dipadukan dengan aerobik sehingga lebih efektif dalam membakar kalori. Menari menjadi kegiatan membakar kalori yang paling menyenangkan karena bisa sekalian bersosialisasi dan bersenang-senang.

Selain 3 olahraga diatas, ada banyak sekali aktivitas “ringan” yang sebenarnya sangat efektif dalam membakar kalori seperti bersih-bersih rumah, bermain bersama anggota keluarga/teman dan lainnya. Jadi, mulailah hidup sehat dari hal yang paling sederhana dan menyenangkan.