4 Cara Memelarkan Sepatu yang Terlalu Sempit

Pasti banyak yang sering mengalami kejadian ini. Sedang jalan-jalan ke toko sepatu, menemukan sepasang sepatu yang terlihat sangat pas di hati dan kebetulan ada ukuran yang sesuai dengan kaki kita. Saat mencoba di toko, rasanya sangat pas bahkan minta langsung dibungkus. Sampai di rumah dan memakainya lagi, kok rasanya lebih sempit dan tidak nyaman ya? Tenang, ini bukan akal-akalan toko dan hal ini bisa terjadi pada siapapun. Kalau tidak bisa atau tidak mau mengembalikan sepatu tersebut, ada cara-cara untuk memelarkannya hingga berukuran sedikit lebih besar. Berikut ini 5 cara memelarkan sepatu yang terlalu sempit :

Bawa ke Tukang Sepatu

Tidak semua kota memiliki tukang sepatu yang memiliki kemampuan dalam reparasi sepatu sehingga ukurannya menjadi lebih besar. Banyak tukang sepatu kadang tidak mau melakukannya karena jika ada yang salah, bukannya ukuran sepatu yang bertambah, yang ada sepatu pelanggan akan jadi rusak. Karena ada beberapa jenis sepatu seperti sepatu wakai wanita misalnya, yang sangat rentan jika diutak-atik. Tapi tenang, jika tidak ada tukang sepatu di kotamu, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan secara GRATIS.

Lebih Sering Gunakan di Rumah

Agar bisa menggunakannya ke acara-acara lain, misalnya kundangan atau ke kantor, sepatu yang terlalu sempit perlu dibuat lebih nyaman dipakai dulu. Caranya dengan menggunakannya dalam periode yang singkat selama di rumah, hal ini akan membantu memelarkan dan melebarkan ukuran sepatu. Saat kaki sudah terasa sakit saat memakainya, lepaskan. Ada cara untuk mempercepat cara ini sekaligus mengurangi rasa sakitnya, gunakan sepasang kaus kaki tebal atau gunakan beberapa lapis kaus kaki.

Bekukan Sepatunya

Kita semua tahu bahwa volume air justru akan membesar saat dibekukan. Jadi, membekukan sepatu juga bisa membesarkan ukurannya bukan? Untuk beberapa jenis sepatu yang bisa basah seperti kanvas, bekukan saja sepatunya secara keseluruhan. Masukan air ke dalamnya dan bekukan.

Jika sepatu bukan berasal dari bahan yang bisa basah, siapkan plastik lalu isi dengan air hingga kira-kira 1/4 penuh lalu masukan ke dalam sepatu dan masukan sepatu ke dalam freezer. Jika pertama kali tidak berhasil, coba lagi untuk kedua kalinya. Tapi, perhatikan pula agar airnya tidak bocor saat dimasukan ke dalam sepatu.

 

Panaskan Sepatunya

Selain membekukan sepatu, memanaskan sepatu juga salah satu metode yang populer. Pertama, pakailah kaus kaki yang cukup tebal atau berlapis lalu gunakan sepatu yang terasa agak sempit tersebut. Siapkan pengering rambut dan atur pada suhu tinggi lalu arahkan pada bagian sepatu yang terasa sempit.

Saat melakukan ini, coba gerak-gerakan kaki sebisa mungkin. Walau metode ini rasanya tidak enak, tapi metode ini salah satu yang tingkat suksesnya paling tinggi, bahkan bisa menaikan ukuran sepatu hingga setengah bahkan satu ukuran.

Metode-metode diatas harus disesuaikan dengan jenis sepatu dan memiliki potensi untuk merusak sepatu jika tidak dilakukan secara hati-hati. Selamat mencoba!

Related Incoming Search Term: