4 Langkah Mengamankan Motor Kesayangan

Bagi kaum lelaki pecinta motor, kendaraan roda 2 milik mereka udah selayaknya kekasih kedua yang pastinya tidak rela jika harus kehilangan. Bahkan, selebriti Tora Sudiro pernah berkata jika kalau memungkinkan dia ingin tidur bareng motor-motor modifikasi yang menjadi koleksinya.

Sekarang ini, hampir setiap keluarga setidaknya memiliki satu sepeda motor bahkan mungkin lebih. Untuk yang memiliki rejeki tambahan dan menyukai motor, mereka biasanya memiliki dana khusus untuk membeli motor yang sudah menjadi idamannya sejak lama.

Pecinta Motor

FYI aja, selain karena mudahnya membeli sepeda motor dan kelincahannya di jalan raya, tau tidak apa faktor tingginya jumlah sepeda motor di Indonesia? Harga BBM yang murah! Yap, coba bayangkan jika harga BBM di Indonesia dari dulu mengikuti harga minyak dunia, tidak disubsidi dan dikenai pajak. Dijamin, orang-orang akan malas beli BBM, terus jadi malas beli motor dan lebih memilih kendaraan umum.

Back to the topic, tingginya jumlah sepeda motor di Indonesia punya berbagai dampak. Selain polusi udara dan kesemrawutan karena sebagian pengendara yang tidak taat aturan, hal yang paling bikin takut adalah tingginya angka pencurian roda dua ini, bukan cuma motor yang sedang parkir, motor yang sedang jalan pun bisa menjadi sasaran pencurian atau istilah kerennya dibegal.

Berikut ini 4 langkah mengamankan motor kesayangan :

Pasang Kunci Ganda

Kunci Ganda Motor

Dulu, jika seseorang begitu menghargai dan mencintai motornya, dia biasanya memasang kunci ganda. Tapi, rata-rata orang jaman sekarang biasanya agak gengsi memasang kunci ganda. Dulu, kunci ganda biasanya pada bagian roda dengan sebuah kunci berbentuk U yang fungsinya menghalangi motor untuk bergerak. Sayangnya, sekarang kurang efektif karena mudah dibobol.

Sekarang, rata-rata motor memakai keamanan berupa pengaman atau penutup pada lubang kunci kontak. Beberapa tukang kunci sih mengatakan bahwa penutup tersebut sangat sulit dibobol, sekalipun ujung menonjolnya dipukul dengan palu sekalipun. Tapi, sulit bukan berarti tidak bisa. Karena masih bisa dibobol memakai tatah atau cara lain yang saya sendiri tidak tau.

Pasang Sistem Alarm

Alarm Mobil

Dulu sih cuma mobil yang memakai sistem alarm ini. Fungsinya sederhana, kalau ada yang membuka paksa bahkan sekedar menyentuh dengan terlalu keras, maka alarm akan terus berbunyi sampai dimatikan oleh pemiliknya. Tapi, seperti halnya pada mobil, sistem alarm juga rawan rusak dan bisa bikin repot.

Sistem alarm pada motor biasanya tidak berbeda dengan sistem alarm pada mobil, mungkin beda pada bentuk alat dan tempat instalasinya saja. Tapi, selebihnya sama saja. Jika tidak dimatikan oleh orang tidak bertanggungjawab, cara ini adalah salah satu yang cukup efektif.

Pasang GPS Tracker Motor

alat pelacak kendaraan

 

Oke, sebenarnya ini bukan langkah untuk mencegahan tapi lebih sebagai langkah untuk meningkatkan rasa aman kita sendiri sekaligus mempermudah kita jika memang benar kehilangan motor. GPS tracker motor cara kerjanya sama saja dengan GPS tracker mobil, yaitu melacak dan memberikan informasi mengenai letak kendaraan kita.

Sama seperti sistem alarm, perbedaannya hanya pada ukuran dan tempat peletakkannya saja. Pilihlah alat GPS yang cukup kecil dan letakkan sangat tersembunyi, karena ini merupakan pertahanan terakhir dari motor kita ketika dia hilang.

Foxlogger adalah salah satu penyedia paket alat GPS + software Fox Logger Tracking System 2.0 baik untuk mobil, motor bahkan smartphone Android dan hebatnya, produk software mereka bisa digunakan untuk berbagai jenis alat GPS. Data pergerakan dan letak kendaraan juga tersimpan selama berbulan-bulan, bukan hanya real-time saat kita melacak. Jadi, kalau ada apa-apa, kita bisa meminta data tersebut untuk keperluan pelacakan kendaraan.

Doa pada Tuhan yang Maha Kuasa

Berdoa

Ini serius! Secanggih apapun CCTV, sebanyak apapun petugas keamanannya, setersembunyi apapun gps tracker motor, kalau kamu tidak memohon pada Tuhan untuk melindungi kamu dan motor kesayanganmu, risiko kehilangan bisa meningkat sampai lebih dari 50%. Berdoa adalah kegiatan sederhana namun sangat bermakna dan bermanfaat, karena selain mendapat lindungan-Nya, secara tidak langsung kamu sudah meningkatkan kewaspadaanmu sendiri.

Contoh kasus, kamu sedang makan di sebuah warung dan melihat motor kamu diambil oleh orang yang bukan pemiliknya. Kalau memang Tuhan belum mengijinkan motor tersebut memiliki pemilik baru, maka bisa saja tiba-tiba motormu mogok atau orang tersebut jatuh begitu saja. Tapi, kalau Tuhan mengijinkan, maka kamu tidak akan sadar bahwa motormu hilang, sistem alarmnya tiba-tiba error dan gps tracker-nya tiba-tiba saja lepas.

Related Incoming Search Term: