5 Rahasia Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri yang tinggi akan memberikan pengaruh besar saat kita bertemu dengan orang lain, memberikan kesan pertama yang lebh baik atau sekedar memberikan rasa nyaman pada diri kita sendiri dalam menjalani hari. Rasa percaya diri bukanlah sesuatu yang harus dicari atau didapatkan dengan ilmu-ilmu gaib, percaya diri bisa ditumbuhkembangkan dalam diri siapapun.

Dan berikut ini 5 rahasia dalam meningkatkan percaya diri :

Hilangkan Orang-Orang Negatif dari Hidupmu

Orang-orang ini menghambat bahkan menghentikanmu untuk berkembang. Hal pertama untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan memusnahkan orang-orang negatif dari hidupmu dan hal ini tidak akan pernah mudah. Orang-orang ini bisa saja teman sekantor/sekelas, kekasih bahkan saudaramu sendiri. Jika memungkinkan, pindahlah tempat kerja, kurangi interaksi dengan mereka atau putuskan hubungan asmara dengannya.

Sekali lagi, hal ini tidak pernah mudah. Dalam waktu dekat, hal ini mungkin menyebalkan, tapi secara jangka panjang hal ini akan memberikan dampak positif dalam hidupmu.

confidence1

Berikan Pujian pada Orang Lain

Bagaimana rasanya mendapat pujian? Yap! Luar biasa menyenangkan. Dan, bagaimana rasanya memberikan pujian pada orang lain? Sama menyenangkannya. Saat kita memberikan pujian pada orang lain, secara tidak langsung kita membuat mereka lebih menyukai kita. Memberikan pujian yang tulus selain membantu meningkatkan rasa percaya diri, juga meningkat social skill yang kita miliki.

Lakukan Hal Baik pada Badanmu Setiap Hari

Yap, ini tentang fitness dan olahraga, tapi tidak peduli seberapa lama atau seberapa banyak kita melakukan push up atau sit up. Hal yang lebih penting adalah kita secara sadar melakukan hal-hal baik untuk menjaga badan kita. Jika kita secara sadar sudah melakukannya, secara otomatis kita akan berusaha menjaga tubuh kita agar selalu dalam kondisi terbaiknya.

Kondisi badan yang baik tentu akan meningkatkan rasa percaya diri secara langsung. Ditambah “efek samping” yang diberikannya pada kesehatan.

Beri MakanĀ Otakmu

Otak kita lapar akan informasi, dan memberikan sedikit informasi pada otak setiap hari akan membantu mengembangkannya. Otak kita layaknya otot, semakin sering dilatih (diberi informasi dan digunakan untuk berpikir) maka dia akan semakin baik. Membaca koran atau buku setiap hari tidak mungkin membunuh seseorang kan?

Malas membaca? Tenang. Banyak cara lain untuk mendapatkan informasi, misalnya mendengarkan berita atau bahkan menonton channel-channel Youtube tentang pendidikan dan sains.

Bantu Seseorang Setiap Hari

Sama seperti memberikan pujian, menolong seseorang membuat kita merasa lebih baik, kenapa? Karena kita melakukan hal yang baik. Membantu seseorang akan melepaskan endorfin yang membuat kita merasa lebih baik dan tentu saja lebih percaya diri.

Ingat! Rasa percaya diri tidak didapat dengan uang, kekuasaan atau semacamnya. Rasa percaya diri bisa dikembangkan dengan 5 rahasia sederhana diatas, hapus orang-orang negatif dari hidupmu, berikan pujian pada orang lain, lakukan hal baik pada tubuhmu, beri makan otakmu dan bantulah orang lain setiap hari.