Akibat Gagal Fokus

Berhubung ini masih merupakan blog pribadi, maka saya mau sedikit curhat sekalian jadi pelajaran buat saya pribadi di masa depan dan syukur-syukur kalau ada orang yang bisa ambil pelajaran dari cerita saya ini.

Kisah ini bermula ketika saya mulai serius dengan dunia blogging, mulai berani mengeluarkan uang untuk modal semisal beli domain, hosting dan theme premium.

Focus word

Awalnya, saya berpikir bahwa 100% akan fokus dengan blog utama saya untuk menghasilkan uang entah dari adsense, affiliate, paid reveiw atau apalah. Kemudian, saya tergoda dengan gadis lain mengembangkan project lain. :jatuhcinta:

Maka, jadilah beberapa blog yang saya buat karena terburu nafsu sesaat dan akhirnya dijual dengan harga-harga yang sebenarnya cukup MERUGIKAN. :nangis:

Blog tersebut saya beli dan kembangkan dalam pikiran jangka pendek, tidak berpikir bahwa ada hal lain yang harus saya lakukan. Maka, saya pun akhirnya terpaksa menjual karena tidak sanggup mengurus. :hmm:

Oke, waktunya kembali fokus dengan blog utama. Job datang dengan lancar satu per satu setiap bulannya, ya lumayan buat beli paket internet buat modem dan hp saya. :gembira:

Walau terkadang “dianak tirikan”, blog utama yang saya miliki adalah yang paling menghasilkan sementara ini. Setiap bulan, ada saja uang yang didapat dari blog cantik itu. :gembira:

Focus word

Saat sedang berusaha fokus di blog utama…

Eh, muncul lagi keinginan mencoba bikin aplikasi Android. Sebenarnya kalau mau belajar dari nol, belajar java,php,eclipse dan lainnya, buat aplikasi itu gratis. Tapi, saya lebih suka pakai “jalan tol”. Beberapa ebook premium dan template aplikasi pun diembat juga. :pusing:

Aplikasi belum juga rampung dan menghasilkan sesuai keinginan, saya tergoda lagi untuk mengembangkan sebuah portal dengan niche khusus bersama seorang partner. :pusing:

Oke, lalu apa yang saya punya hari ini? :miskin:

  • Sebuah blog besar dengan pengunjung yang terus menurun karena saya tidak sempat update.
  • Sebuah aplikasi android dengan ratusan download tapi cepat juga di uninstall dan tidak menghasilkan.
  • Sebuah portal berita dengan artikel, theme dan domain premium yang tidak terurus.

Sayangnya, walau saya sebenarnya punya “banyak” tapi saya malah merasa seperti tidak punya apa-apa. Apakah saya tidak bersyukur?

Bukan begitu, kalau seandainya sejak awal saya bisa fokus menyelesaikan satu hal dulu sebelum memulai yang lainnya, mungkin hasilnya lebih baik dari saat ini.

 Pelajaran :

Steve Jobs Quote

Fokuslah pada suatu pekerjaan atau target yang ingin dicapai, gunakan skala prioritas dan letakan yang paling menguntungkan/paling mungkin dicapai sebagai prioritas utama.

Ibaratnya mengejar seorang gadis, maka dekatilah gadis yang paling kamu suka atau setidaknya yang paling mungkin kamu curi hatinya. :semangat!:

Related Incoming Search Term: