Algoritma Baru Facebook dan Pengaruhnya pada Page

Pada akhir Juni 2016, Facebook menerapkan algoritma baru pada konten yang dilihat oleh penggunanya. Secara singkat, algoritma baru ini mengutamakan konten yang diposting (update terbaru) dari “Teman” dan “Keluarga” pengguna di Facebook, yang artinya konten yang berasal dari Page akan semakin berada di bawah ketika seorang pengguna membuka Facebook. Bagi para pemilik Page, hal ini cukup berpengaruh. Kenapa?

  • Hampir setengah pengguna Facebook di desktop hanya melihat 4 atau kurang post teratas di News Feed mereka sebelum berpindah. Artinya, kalau Page kita tidak ada dalam 4 post tersebut, maka jangan berharap banyak.
  • Algoritma baru ini “mendorong” post yang berasal dari Page untuk berada dibawah post dari Teman maupun Keluarga, sayangnya hal ini tidak berlaku untuk post berbayar (menggunakan Facebook Ads). Hal ini akan memaksa lebih banyak pemilik Page untuk membayar, tapi sayangnya hal itu akan menurunkan organic reach dari Page itu sendiri.

Sebenarnya ada beberapa “celah” pada algoritma baru ini yang masih bisa dimanfaatkan oleh para pemilik Page untuk benar-benar meningkatkan organic reach Page mereka tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk Facebook Ads.

Buat Konten yang Shareable

Dalam press release-nya, Facebook mengatakan bahwa hanya beberapa Page saja yang akan terkena pengaruh besar dari algoritma baru ini, yang artinya ada Page yang tidak akan terkena pengaruhnya. Yap, Page yang memiliki konten viral, lucu dan shareable adalah kategori yang tidak akan banyak terpengaruh. Mengapa?

Walau dalam update baru ini, Facebook membuat konten dengan clickbait tidak sekuat dulu, namun algoritma baru ini membuat “nilai” dari sebuah Share lebih berharga, jadi konten dengan share yang tinggi dijamin akan dilihat oleh banyak orang. Ingat! Konten yang berasal dari Teman dan Keluarga akan lebih diutamakan, termasuk apa yang mereka bagikan.

Jadi, pemilik Page dituntut membuat konten yang shareable, dimana konten tersebut sesuai dengan karakter orang yang menyukai Page kita. Misalnya Page seputar motor tentu akan lebih baik memberikan konten viral seputar mesin dibandingkan seputar memasak.

Dummy Account makin Berpengaruh

Sudah rahasia umum bahwa di Facebook banyak sekali terdapat dummy account yang digunakan hanya untuk keperluan bisnis, dengan update algoritma ini dipastikan akun-akun tersebut akan semakin memberikan pengaruh. Post yang berasal dari akun boneka akan dikenali sebagai post yang berasal dari “Teman” dan tentu tempatnya akan lebih diatas dari post yang berasal dari Page.

Sayangnya, akun perseorangan hanya bisa menampung 5000 Teman, bukan jumlah yang cukup banyak untuk sebuah bisnis. Tapi, dummy account ini bisa dimanfaatkan sebagai pemancing user lain menuju Page dengan membagikan konten-konten yang berasal dari Page. Tentu hal ini bersifat abu-abu dan risiko ditanggung sendiri ya.

Kesimpulan

Update baru dari Facebook ditujukan untuk mengutamakan user agar mereka bisa lebih sering mendapat update terbaru dari Keluarga dan Temannya di Facebook tapi menomorkan post yang berasal dari Page (kecuali yang berbayar). Tidak ada yang salah memang, karena ketika user Facebook semakin bertambah, berinteraksi dan terkoneksi, Facebook akan semakin “kaya”.

Jadi, ini adalah sebuah tantangan baru untuk para pemilik Page untuk mengelola Page-nya ke arah yang tepat.