Apa Pengaruh PageSpeed Score 100/100 Pada Website?

Dalam banyak kesempatan, Google selalu menyatakan bahwa mereka menggunakan lebih dari 200 faktor untuk menentukan peringkat suatu website di hasil pencariannya. Hampir semua praktisi SEO setuju bahwa kecepatan loading merupakan salah satunya. Pada tulisan ini, saya akan membahas, apa pengaruh dari PageSpeed Score yang mendapat nilai sempurna dan seberapa besar pengaruhnya.

Apa Itu PageSpeed Score?

Apa Pengaruh PageSpeed Score 100/100 Pada Website? 1

PageSpeed Score adalah sebuah nilai yang diberikan pada sebuah website berdasarkan kecepatannya dalam memunculkan konten pada pengguna. Google menggunakan data yang didapatkan dari open-source tool bernama Lighthouse untuk menentukan nilai ini. Untuk mengecek PageSpeed Score bisa dilakukan lewat link ini.

Ada lebih dari 25 faktor yang menentukan nilai ini, faktor-faktor tersebut umumnya berhubungan dengan kode CSS, HTML, Javascript, gambar dan respon server. Semakin cepat sebuah website bisa memunculkan konten pada pengguna, semakin tinggi pula PageSpeed Scorenya.

Faktor yang Bisa Menurunkan PageSpeed Score

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, PageSpeed Score umumnya akan berhubungan dengan CSS, HTML, Javascript, gambar dan respon server.

Contoh kasus paling sederhana adalah gambar. Saat sebuah website menampilkan gambar dengan ukuran hanya 500×500 pixel, namun pada kenyataannya gambar yang termuat berukuran 5000×5000 pixel, maka pengguna akan perlu waktu lebih lama untuk melihat keseluruhan konten daripada seharusnya. Solusinya adalah dengan melakukan resize terhadap gambar tersebut sehingga ada pada ukuran optimalnya.

Contoh lainnya berhubungan dengan respon server, inilah mengapa sangat penting memiliki server yang mampu merespon permintaan dengan cepat. Respon dari server juga menentukan keseluruhan waktu yang diperlukan untuk menampilkan konten. Percuma memiliki website yang mampu termuat hanya dalam 2 detik jika respon servernya memakan waktu 7 detik, maka keseluruhan waktu untuk loading justru menjadi 9 detik.

Apa Pengaruh PageSpeed Score pada SEO?

Apa Pengaruh PageSpeed Score 100/100 Pada Website? 2

Kecepatan loading sebuah website itu bisa berpengaruh ke SEO karena berhubungan dengan bounce rate, user experience bahkan dwell time. Website yang termuat sempurna dalam waktu 2 detik misalnya, memiliki peringkat yang jauh lebih baik dibandingkan website yang termuat dalam waktu 4 detik. Mengapa? Begini ceritanya…

Ceritanya, saya adalah seorang calon selebgram dengan 10K followers dan sedang mencari cara untuk menghasilkan uang dari sosial media. Saya pun mencari di Google dengan kata kunci “apa itu influencer marketing“.

Seperti biasa, Google akan memunculkan 10 website teratas di kata kunci tersebut, beserta banyak iklan. Seperti orang normal, saya klik website yang ada di peringkat pertama. Walau dengan kecepatan internet yang mencapai 100Mbps, website ini perlu waktu lama untuk termuat sempurna. Akhirnya, saya kembali ke Google dan mengklik website nomor 2. Informasi yang ada di website kedua ini sangat lengkap, loadingnya pun dalam sekejap.

Masih ada di website kedua, ada artikel lain berjudul “Menghasilkan 10 juta per bulan dari Instagram“, saya pun banyak membaca di website kedua karena setiap artikel yang saya ingin baca bisa termuat sempurna dalam sekejap.

Di San Francisco sana, Google pun berpikir dengan RankBrain-nya.

Ehm… Website nomor 1 (pada kata kunci “apa itu influencer marketing) ini sepertinya tidak bagus. Kalau bagus, mana mungkin Ari Kurniawan (*Ingat! Google tau siapa namamu) langsung keluar dan justru mengklik website nomor 2. Aku akan menaikan website peringkat 2 ini menjadi peringkat 1 saja deh dan melihat apa yang terjadi.”  Begitulah kira-kira yang dipikirkan Google.

Bahasa sederhananya, website di peringkat 1 memiliki bounce rate yang lebih tinggi karena loading yang lebih lambat. Bounce rate yang tinggi menandakan bahwa user experience juga tidak bagus. Sebaliknya, website peringkat 2 menunjukan bounce rate yang lebih rendah, user experience yang lebih baik dan dwell time yang lebih lama. Pada akhirnya, Google akan menaikan peringkat website kedua sampai muncul website yang lebih baik.

Seberapa Besar Pengaruh PageSpeed Score 100/100?

Jawabannya, TERGANTUNG.

Jika website yang saat ini memiliki skor dibawah 50/100, maka dengan menjadikannya mendapat skor 100/100 maka pengaruhnya akan terasa. Bounce rate kemungkinan akan turun, peringkat akan naik dan trafik juga akan semakin tinggi.

Sebaliknya, jika website yang saat ini sudah memiliki skor misalnya 95/100, maka pengaruhnya tidak akan begitu terasa jika tidak dibarengi dengan metode SEO lain seperti penambahan backlink dan perbaikan konten.

Saran saya sih, jangan terlalu fokus mengejar nilai 100/100 karena hal itu perlu pengetahuan teknis yang berhubungan dengan programming. Cukup kejar ‘zona aman‘ saja yaitu skor yang berada diantara 85-99/100, tidak perlu nilai sempurnanya.