Brazilian Lemonade, Lemonade tanpa Lemon

Bicara soal minuman segar, kita di Indonesia punya banyak sekali pilihan, mulai dari es kelapa muda, es buah, es campur, hingga jus buah dan masih banyak lagi. Sementara beberapa negara di luar sana, jika bicara soal minuman segar, rata-rata akan memikirkan soal lemonade. Minuman hasil campuran air, es, gula dan lemon ini memang sangat menyegarkan dan pas sekali dinikmati saat cuaca panas ditambah cara pembuatannya yang sangat mudah.

Tapi, ada minuman yang disebut sebagai Brazilian Lemonade, namun tidak memakai lemon sama sekali dalam pembuatannya. Kok bisa ya? Bukannya memakai lemon, Brazilian Lemonade justru memakai jeruk nipis sebagai salah satu bahan utamanya. Lalu, kenapa bisa disebut “lemonade”? Hal ini karena baik lemon maupun jeruk nipis dalam Bahasa Portugis disebut sebagai limào. Nah, berikut ini cara membuat minuman segar, Brazilian Lemonade.

Bahan

  • 3 buah jeruk nipis
  • 1 cangkir santan
  • 3 sendok makan susu kental manis / sesuai selera
  • 1 cangkir gula
  • 6 cangkir air
  • es batu

Cara pembuatan

  1. Cuci bersih jeruk nipis, karena Brazilian Lemonade menggunakan jeruk nipis secara keseluruhan. Lebih baik lagi jika menggunakan jeruk nipis organik.
  2. Potong kedua ujung jeruk nipis, lalu bisa dipotong dengan membaginya menjadi delapan atau dipotong tipis-tipis, sesuaikan dengan selera.
  3. Campurkan gula dan air hingga gula larut dengan air, masukan dalam kulkas kira-kira 1 jam. Masukan air gula pada blender dan tambahkan potongan jeruk nipis. Blender hingga jeruk nipis benar-benar hancur.
  4. Saring hasil blender air gula dan jeruk nipis. Cuci dahulu blender yang tadinya digunakan lalu masukan kembali hasil saringan ke dalamnya.
  5. Tambahkan santan, susu kental manis, gula (bila dirasa masih terlalu asam/pahit) dan es batu lalu blender hingga tercampur merata.
  6. Sajikan selagi dingin.

Tips :

  • Saat memilih jeruk nipis, pilih yang paling “kurus” dengan permukaan kulit yang halus. Jeruk nipis dengan ciri ini bisanya tidak terlalu asam dan lebih banyak airnya.
  • Jika Brazilian Lemonade yang dibuat berakhir dengan rasa yang terlalu asam/pahit, bisa ditambahkan pemanis berupa gula atau susu kental manis lagi.
  • Jika ingin mencoba Brazilian Lemonade yang tanpa disaring, sangat disarankan untuk menggunakan jeruk nipis organik sehingga kulit jeruk nipisnya tidak mengandung bahan-bahan kimia.
  • Banyak orang Brazil tidak memakai santan saat membuat Brazilian Lemonade dalam kesehariannya, tapi santan bisa menambah rasa pada minuman segar ini.
  • Begitu selesai dibuat, sangat disarankan untuk langsung diminum dan tidak disimpan dalam kulkas karena akan merusak rasa dan teksturnya.

Rasa dari Brazilian Lemonade ini adalah perpaduan antara manis dan asam, dengan tekstur yang tidak terlalu encer namun sangat menyegarkan. Sangat pas dijadikan pelepas dahaga saat cuaca panas.