Saya punya sebuah kebiasaan buruk yang terkadang bisa membuat saya ‘membuang uang’ percuma, yaitu membeli domain kemudian tidak tahu mau diapakan.

Bukan sekali dua kali, tapi cukup sering. Apalagi masa-masa baru gajian dan sedang ada diskon, 1-3 domain bisa saya beli dalam sebulan.

Biasanya, sebelum membeli sudah punya ide domain tersebut mau diapakan. Tapi, saat rencananya dieksekusi, ternyata tidak semudah bayangan saya. Jadilah domain tersebut menunggu masa expired saja.

Oke, ini kebiasaan buruk dan harus dihentikan. Kembali ke topik utama yaitu Cara mendapat domain tua dengan harga murah.

Mungkin banyak yang bertanya:

Apa itu domain tua (aged domain)?

kenapa kita harus membelinya?

aged domain

Aged domain adalah domain yang sudah pernah didaftarkan beberapa tahun sebelumnya dan masih bertahan bahkan dijual lagi. Harga aged domain biasanya ada yang lebih mahal dari domain baru, tapi ada juga yang bahkan dijual sangat murah.

Apa keuntungan Aged domain ini? Menurut pada salah satu artikel dari DomainMonster.com, berikut ini beberapa keuntungannya.

  1. Brand. Domain yang sudah berumur biasanya sudah pernah didaftarkan terlebih dahulu, bahkan punya kemungkinan sudah memiliki brandnya sendiri.
  2. Trust dari Google. Faktor ‘trust’ adalah sesuatu yang sulit dijelaskan, intinya karena sudah berusia tua, maka aged domain bisa lebih dipercaya Google.
  3. Backlink. Yap, ini yang asyik, domain tua sangat besar kemungkinannya sudah memiliki backlink, entah yang bersifat natural maupun memang dicarikan oleh pemiliki sebelumnya.

Dan banyak lagi keuntungan lainnya.

Oke, sekarang bagaimana cara mendapatkannya? Ada banyak, tapi saya akan gunakan cara yang paling mudah, murah dan bahkan tidak ribet. Yaitu memanfaatkan lelang domain di GoDaddy.

domain

1. Buka URL berikut https://auctions.godaddy.com/

2. Lalu, klik bagian Advanced Search

3. Pada bagian keyword, pilih “contain”

4. Price, letakkan min dan max pada 5 untuk $5, kalau beruntung, biasanya ada yang menjual domain seharga $1

5. Domain age, berikan min pada 1 untuk 1 tahun.

6. Pada bagian Attributes, centang Buy Now Option, jadi bisa langsung beli tanpa harus ikutan lelang dan bisa saja kalah.

aged domain

Dengan menggunakan cara diatas, saya mendapat sekitar 16 hasil domain yang mengandung kata “blog” dengan usia sekitar 5 tahun dengan harga hanya $5 per buah.

Sayangnya, domain yang termasuk dalam lelang ini biasanya akan expired dalam waktu dekat, jadi siapkan biaya tambahan untuk renewal ya.

Sebagai pelengkap, bagi anda yang males ribet dengan segala urusan paypal, verifikasi paypal dan kartu kredit.

Anda bisa mendapatkan domain-domain berusia tua ini dengan memakai jasa yang tersedia di forum Ads.ID, jasa ini bukan milik saya tapi setidaknya bisa sangat membantu.

Jasa Pembelian Domain di Go Daddy Unlimited

Author

Blogger paruh waktu yang sedang banyak belajar tentang SEO dan Digital Marketing. Kadang menulis cerita bertema science-fiction dan historical-fiction.

12 Comments

  1. Hello sobat, disini saya mau mebagi info domain murah terpercaya, silakan saja gabung disana, penasaran ya..? coba kunjungi langsung website reseller domain di reselleragent.com atau di seowaps.com, kalau ingin hosting yang murah di plasawebs.com tempatnya. Salam.. :omg:

  2. Pingback: Cara Mengecek Kebersihan Sebuah Domain - Ari Kurniawan [dot] Net

  3. Bener banget… Domain lama itu emang bagus tapi ada juga sisi yang tidak bagus… Lebih baik di cek” terlebih dahulu sebelum membeli domain lama…

    • Kalau tidak salah domain tertua yang diregistrasikan adalah Symbolics.com, sebuah perusahaan sistem komputer asal Amerika Serikat

    • Cara terbaik yang bisa saya sarankan adalah menggunakan jasa broker jika Anda masih bingung, walau harus membayar biaya jasa,tapi setidaknya lebih praktis

Write A Comment