Cara Mengaktifkan Steam Play di Linux

Steam Play versi terbaru memiliki fitur bernama Proton yang merupakan versi modifikasi dari WINE. Proton memungkinkan lebih banyak game Windows untuk bisa dijalankan di sistem operasi berbasis Linux dengan berperan sebagai compatibility layer antara keduanya.

Sampai saat artikel ini ditulis, Proton masih berada di tahap Beta, namun juga memiliki versi Stabil yang setidaknya sudah terverifikasi bisa digunakan untuk menjalankan puluhan game yang dimasukan Valve dalam whitelist-nya.

Bagi para pengguna Linux yang ingin mencicipi Proton, caranya adalah sebagai berikut.

Download dan Install Steam

Karena Linux memiliki banyak sekali distro, maka untuk langkah yang ini tidak akan saya berikan tutorial khusus. Sederhananya, untuk distro yang berbasis Ubuntu, maka seharusnya Steam sudah tersedia di App Store masing-masing atau bisa diinstall hanya dengan dua baris command line.

Untuk distro lainnya, misalnya yang berbasis Arch Linux seperti Manjaro biasanya Steam bahkan sudah termasuk dalam software yang sudah terinstall saat melakukan instalasi sistem operasi. Ya, jadi silakan dicari tutorial untuk menginstal Steam di masing-masing distro yang dimiliki.

Login ke Steam dan Pilih Setting

Setelah Steam terinstall, maka loginlah ke akun masing-masing. Kemudian, pojok kanan atas, klik tulisan “Steam”, kemudian pilih “Setting”

Partisipasi di Steam Beta

Di bagian Account, terdapat pilihan “Beta participation” di bagian bawah. Secara default, setiap akun Steam tidak dimasukan dalam program Beta apapun. Tapi, hal itu bisa diubah dengan mengganti pilihan dengan menekan tombol “Change” dan memilh “Steam Beta Update”

Restart Steam

Jika pilihan sudah diganti, maka akan ada pilihan untuk merestart Steam. Tekan saja tombol “Restart” yang muncul dan Steam akan melalukan restart secara otomatis. Tunggu hingga Steam melakukan restart, bisa memakan waktu cukup lama hingga beberapa detik.

Aktifkan Proton

Sekarang, buka kembali bagian Setting. Maka di bagian paling bawah akan tersedia Steam Play. Centang “Enable Steam Play for supported titles” jika hanya ingin game-game yang sudah di tes berjalan lancar 100% di Linux yang muncul. Tapi, silakan centang “Enable Steam Play for all titles” jika ingin mencoba Steam Play pada game yang tidak masuk dalam daftar whitelist dari Valve tapi dirasa bisa berjalan dengan lancar menggunakan Proton.

Sangat disarankan untuk menggunakan versi Proton tanpa embel-embel “Beta” dibelakangnya, agar lebih stabil.

Cek Library Game

Dengan update ini seharusnya seluruh game yang ada di Library Game tersedia. Sama seperti saat menggunakan Windows. Jika sebelumnya, hanya game yang bisa berjalan di Linux saja yang akan muncul di library Steam dengan komputer bersistem operasi Linux.

Nah, sayangnya, tidak semua game tersebut akan bisa berjalan dengan lancar, bahkan beberapa game akan mengalami crash dan tidak bisa dibuka sama sekali. Jadi, ya tolong pahami hal ini sebelum menghabiskan kuota untuk mendownload game Windows di Linux.

Komunitas Linux dikenal sebagai komunitas yang sangat solid, beberapa anggotanya membuat sebuah list berisikan game, distro linux yang digunakan dan status dari game tersebut. Silakan baca listnya disini.