Clash Royale, PVP ala COC

Update

Download Clash Royale 1.1.1 APK untuk Android di : http://goo.gl/r14pbu atau http://goo.gl/tVhdWv


 

Setelah sekian lama, Clash of Clans akhirnya memiliki spin-off dan sesuai dugaan pribadi saya saat update besar Town Hall 11 yang lalu, Supercell menghadirkan game Player vs Player (PVP) yang real-time. Secara pribadi, saya sebenarnya ingin COC memiliki fitur dimana pertempuran tidak hanya terjadi satu pihak, dimana hanya penyerang yang bisa memiliki strategi aktif sementara yang bertahan hanya bisa menduga-duga pola serangan lawannya.

Clash Royale yang akan segera hadir dalam waktu dekat menjawab hal tersebut. Mempertahankan grafis berkualitas dari COC, game ini tampaknya akan menjadi ‘primadona’ baru tahun ini disamping game Clash of Clans yang mendominasi puncak Play Store dan App Store tahun 2015 lalu.

Dari teaser dan gameplay yang sudah diunggah beberapa Youtuber, Clash Royale merupakan sebuah game dengan gabungan beberapa genre seperti Real-Time Strategy (RTS), Tower Defense dan Trading Card Game.

Oke, berikut ini sesi tanya-jawab untuk Clash Royale.

Bagaimana aturan main Clash Royale?

Dalam game ini, pemain akan dihadapkan satu lawan satu. Dimana terdapat masing-masing satu tower raja dan dua tower penjaga. Kemenangan didapat jika tower raja hancur atau crown terbanyak saat waktu habis, jadi tidak perlu menghancurkan kedua tower penjaga untuk memenangkan permainan.

Setiap satu babak berlangsung selama 3 menit, menghancurkan satu tower penjaga akan mendapatkan 1 crown (tropi), tapi ketika berhasil menghancurkan tower raja, maka tower penjaga yang tersisa akan otomatis hancur dan pemain akan langsung mendapat 3 crown.

Pemain bisa mengeluarkan pasukan (troops) miliknya selama memiliki elixir yang cukup, elixir membutuhkan waktu untuk bisa terisi. Jika pernah bermain LINE Rangers, mungkin tidak akan terlalu asing saat bermain Clash Royale.

Kapan Clash Royale tersedia di Indonesia?

Belum pasti. Supercell mengatakan mereka membutuhkan beberapa minggu sebelum memutuskan untuk merilis Clash Royale secara global. FYI, pada 12 Januari 2016 lalu, Clash Royale sudah mendapat update balancing perdana untuk negara-negara yang mendapatkan soft-launching.

Supercell memang punya ‘kebiasaan buruk’ dimana mereka selalu melakukan soft-launching terlebih dahulu untuk game-game barunya. Jadi, kalau belum bisa menemukan Clash Royale di Play Store atau App Store karena memang belum dirilis secara global.

Apakah Clash Royale adalah Clash of Clans 2?

Bukan! Supercell mengatakan bahwa pengembangan Clash Royale dan Clash of Clans dibuat oleh tim yang berbeda. Mereka akan terus mengembangkan dan mempertahankan COC sebagai game terlaris mereka. Tapi, tidak terlepas kemungkinan akan ada kolaborasi antara kedua game ini di masa mendatang. Misalnya menghadirkan karakter Clash Royale sebagai troops baru di COC.

Oke, itulah sedikit preview mengenai Clash Royale. Ya, karena saya pribadi belum memainkan game ini, jadi belum ada tips dan trik dalam memainkannya. Tapi, jika melihat dari gameplay-nya, sepertinya menguasai dasar-dasar game tower dan RTS cukup untuk menjadi bekal memainkan game ini.

Related Incoming Search Term: