3 Bulan Mencoba SOSIAGO, “Bukan” Platform Influencer Marketing Baru

Influencer marketing adalah sebuah metode pemasaran melalui ‘orang biasa’ yang kebetulan punya banyak pengikut/pembaca di sosial media atau blognya. Bahasa kerennya “endorse“. Pada tulisan ini, saya akan memberikan sedikit review setelah saya mencoba SOSIAGO, sebuah platform influencer marketing yang sebenarnya tidak benar-benar baru dan kenapa kalian yang mau menghasilkan uang dari sosial media dan blog harus mencoba platform ‘baru’ ini.

Cerita ini diawali sekitar dua atau tiga tahun lalu. Sebuah perusahaan membuat branding baru untuk platform influencer marketing dan content marketing mereka. Saya sendiri sudah sering bekerjasama dengan perusahaan ini sejak masa kuliah. Di tahun 2018, mereka memutuskan untuk melakukan re-branding dan menjadi SOSIAGO. Jadi, perusahaan dibaliknya masih tetap sama, tapi disajikan dalam brand dan (semoga) semangat baru. Itulah mengapa judul tulisan “bukan platform influencer marketing baru”.

Platform ini sebenarnya ditujukan pada dua tipe pengguna yaitu influencer dan juga advertiser (brand). Namun, pada tulisan ini, saya hanya akan melakukan review dari segi influencer saja.

Kelebihan SOSIAGO

Serba Gampang

Proses pendaftaran di SOSIAGO itu gampang banget. Data yang diperlukan pun cuma email, nama, password dan mau pilih akun sebagai influencer atau advertiser. Begitu masuk ke bagian dashboard, kita langsung disuguhi beberapa campaign yang bisa kita ikuti berdasarkan kategori akun sosial media/blog yang sudah kita daftarkan di SOSIAGO.

Di bagian kiri dashboard, ada panel yang akan membantu navigasi ke bagian yang kita inginkan. Misalnya ingin melihat Campaign apa saja yang tersedia, Task apa yang yang kita miliki, Account yang sudah kita daftarkan, Analytic dari performa kita selama ini, Billing untuk melihat pembayaran dan Ticket untuk mengirim tiket bantuan pada SOSIAGO.

Di masing-masing bagian navigasi panel ini juga dilengkapi ‘notification dot‘ agar begitu baru masuk dashboard, kita sudah tau, bagian mana yang harus di cek, ada campaign barukah? Ada task baru mungkin atau sudah waktunya gajian.

Notifikasi Dimana-mana

Maksud dari “notifikasi dimana-mana” adalah dalam artian positif, jadi ketika kita terpilih untuk melakukan sebuah task, maka SOSIAGO akan mengirimkan notifikasi tersebut ke email, SMS bahkan jika task tersebut sangat urgent, maka bisa ditelepon langsung (*pengalaman pribadi). Hal ini memastikan agar influencer selalu menerima notifikasi seputar task yang didapatkannya.

Disisi lain, bagi advertiser fitur ini juga menguntungkan karena sebuah task bisa lebih cepat dikerjakan, atau jika memang influencer yang bersangkutan tidak menyanggupi, maka bisa lebih cepat dicarikan penggantinya.

Interaksi yang lebih baik dengan Advertiser

SOSIAGO tidak hanya menyediakan platform untuk menghubungkan antara influencer dan advertiser tapi juga agar keduanya bisa berinteraksi dengan lebih baik. Hal ini merupakan salah satu hal yang saya keluhkan pada platform lama mereka dan merupakan salah satu orang yang menyarankan agar disediakan cara yang lebih mudah dan baik untuk berinteraksi dengan advertiser.

Chat dengan advertiser sangat dimudahkan di SOSIAGO, jadi sebagai influencer kita bisa mengetahui apa yang benar-benar advertiser inginkan dari campaign mereka. Di sisi lain, advertiser juga lebih mudah dalam menyampaikan keinginan mereka seputar konten atau revisi konten.

Pembayaran Otomatis

Ini merupakan salah satu fitur yang sebenarnya saya kira biasa saja, padahal sangat berguna. Dulu, jika ingin melakukan payout, maka harus request terlebih dahulu, kemudian baru akan di proses. SOSIAGO menerapkan prinsip yang berlawanan, setiap bulan akan dilakukan payout otomatis setiap tanggal 1.

Influencer bisa memilih untuk ‘menabung’ dan tidak melakukan payout jika memang tidak ingin. Enaknya lagi, kita tidak direpotkan membuat invoice dan sebagainya. Cukup fokus mengerjakan task dan SOSIAGO akan mengurus sisanya.

Hal yang Perlu Ditingkatkan SOSIAGO

Tolong Lebih “Asyik” Lagi di Sosial Media

Mungkin SOSIAGO sekarang masih fokus pada penyempurnaan platformnya, tapi tolonglah menjadi lebih “asyik” (aktif) di sosial media. Pos meme, adakan kontes kecil-kecilan yang hadiah ‘cuma’ pulsa, atau pos seputar cerita inspiratif/success story dari salah satu influencer SOSIAGO.

Memakai kata “Sosia” di bagian nama, harusnya SOSIAGO lebih aktif lagi di sosial media. Hal ini juga bisa membantu memperkuat branding dari platform baru ini dan mungkin saja menarik calon-calon influencer baru.

Platform yang Masih Bisa Disempurnakan

Saya sebenarnya sudah sangat puas setelah mencoba SOSIAGO sebagai sebuah platform influencer marketing saat ini. Tapi, masih banyak hal yang bisa ditingkatkan dan disempurnakan. Hal sederhana seperti menyertakan link yang mengarah ke halaman yang tepat dan memperbaiki cara memberikan announcement (pengumuman), mungkin sepele tapi tentu akan sangat menyenangkan melihat platform yang bersih, rapi dan lengkap.

Akhir kata, ini barulah tiga bulan pertama untuk SOSIAGO, masih ada tahun 2019 dan tahun-tahun berikutnya yang menanti mereka sebagai sebuah platform yang mampu menghubungkan antara para influencer dan advertiser. Jadi, buat kalian yang punya blog, baru akan punya blog, atau ingin menghasilkan uang dari sosial media silakan coba SOSIAGO influencer marketing.