Secara bahasa teknis, backlink adalah link menuju sebuah website yang diberikan oleh website lainnya. Backlink ini jadi semacam ‘rekomendasi’ dari website yang memberi backlink untuk website yang menerima backlink. Inilah alasan mengapa backlink sering dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam menaikkan peringkat sebuah website di Google. Ada backlink yang didapatkan dari membeli jasa backlink ada pula yang didapatkan secara alami.

Berikut ini adalah beberapa penyedia jasa backlink di Indonesia yang saya urutkan berdasarkan peringkat mereka di kata kunci “Jasa Backlink” menurut Google.co.id (Januari 2019)

jasa backlink

jasa-backlink.net

jasa-backlink.net menawarkan banyak kategori paket mulai dari Web 2.0, File Sharing, Wiki, Forum, Press Release hingga PBN. jasa-backlink.net menawarkan banyak pilihan jasa backlink dengan harga yang relatif terjangkau. Berikut ini daftar harganya:

NoNama ProdukHarga
1Artikel Web 2.0Rp.200.000
2PBNRp.1.750.000
3Backlink Power-BRp.600.000
4Submit PDF FileRp.200.000
5Backlink EduRp.200.000

chikomotor.net

chikomotor.net berada di posisi kedua dan fokus pada menawarkan jasa backlink dari situs dengan authority tinggi seperti situs berita semacam NYTimes dan CNN serta PBN. Berikut ini daftar harganya:

NoNama ProdukHarga
1Backlink Authority 1$75
2Backlink Authority 2$125
3Backlink Authority 3$200
4"Big Bang" PBN 1$45
5"Big Bang" PBN 2$90
6"Big Bang" PBN 3$135
7"Big Bang" PBN 4$270
8"Big Bang" PBN 5$405
9"Bing Bang" PBN$450

dewabiz.com

dewabiz.com selain sebagai provider hosting dan domain juga menawarkan jasa optimasi atau bisa juga disebut sebagai jasa backlink yang fokus pada backlink yang berasal dari PBN milik mereka. Berikut ini daftar harga jasa yang ditawarkan:

NoNama ProdukHarga
1SUPER1Rp.250.000
2SUPER2Rp.500.000
3SUPER3Rp.750.000
4SUPER4Rp.1.000.000
5SUPER5Rp.2.000.000
6SUPER6Rp.3.500.000

gan.co.id

gan.co.id menawarkan tiga jenis paket yaitu paket PBN, paket backlink EDU dan paket SEO+PBN. Bahkan juga memberikan garansi Page One (halaman pertama) di hasil pencarian Google. Berikut ini daftar harganya:

NoNama ProdukHarga
1SEO+90 PBNRp.4.000.000
2SEO+200 PBNRp.9.000.000
3SEO+400 PBNRp.16.000.000
490 PBNRp.2.500.000
5200 PBNRp.5.000.000
6400 PBNRp.10.000.000
710 EDURp.500.000
815 EDURp.750.000
925 EDURp.1.000.000

Penjelasan Seputar Jasa Backlink

Idealnya, backlink bersifat natural, dimana benar-benar diberikan untuk website yang memberi informasi atau menjadi rujukan dari website lainnya. Namun, pada kenyataannya, banyak backlink yang ‘dipaksa’ atau dibayar untuk menuju sebuah website.

Praktik ini sebenarnya dilarang atau lebih tepatnya “tidak direkomendasikan” oleh Google, namun pada kenyataannya, selama bisa dilakukan sealami mungkin, maka tidak ada masalah.

Sebelum pembahasan lebih jauh mengenai jasa backlink, ada baiknya mengetahui beberapa istilah berikut

  • Domain Authority (DA) : Nilai yang diberikan berdasarkan authority dari sebuah domain
  • Page Authority (PA) : Nilai yang diberikan berdasarkan authority dari sebuah page
  • Trust Flow (TF) : Nilai yang diberikan berdasarkan kualitas dari backlink yang dimiliki sebuah domain / page
  • Citation Flow (CF): Nilai yang diberikan berdasarkan kuantitas dari backlink yang dimiliki domain / page
  • Drip Feed : Proses pembuatan backlink yang dibuat berkala sehingga terlihat lebih alami
  • Contextual Link: Backlink berada di dalam artikel dan berupa text, bukan gambar ataupun media lainnya
  • Search Engine Result Page (SERP) : Halaman hasil pencarian yang menampilkan hasil pencarian dari suatu kata kunci
  • Page One : Halaman pertama dari SERP yang umumnya berisi 10 URL yang dirasa paling relevan dengan kata kunci

Baca selengkapnya mengenai Trust Flow (TF) dan Citation (CF) dalam artikel berjudul Apa Itu Citation Flow dan Trust Flow?

Membuat backlink atau lebih sering disebut sebagai proses “Menanam” backlink adalah sebuah proses yang memakan banyak waktu dan tenaga, apalagi jika dilakukan secara manual tanpa bantuan tool atau bot. Di era sekarang, backlink umumnya dibagi ke dalam tiga tingkatan yang dikenal sebagai Tier 1, Tier 2 dan Tier 3.


Pembagian ini berbentuk seperti sebuah piramid dimana website tujuan atau sering disebut sebagai Money Site berada di puncak.

jasa backlink pyramid

Backlink Tier 1

Backlink Tier 1 adalah backlink dengan kualitas terbaik, berasal dari website dengan statistik yang sangat tinggi. Banyak orang bahkan membuat sebuah Private Blog Network (PBN), yaitu kumpulan beberapa blog dengan statistik SEO yang tinggi dengan tujuan hanya sebagai pemberi backlink ke money site.

Tier 1 ini jumlahnya biasanya tidak begitu banyak, antara 10 hingga hanya ratusan backlink saja. Namun, kualitasnya tidak bisa dianggap main-main, jadi tidak heran jika harga SATU PBN saja bisa mencapai jutaan Rupiah.

Backlink Tier 2

Backlink Tier 2 umumnya tidak mengarah langsung ke Money Site namun justru mengarah ke Backlink Tier 1 sebagai penguat posisi dari backlink yang ada di Tier 1. Backlink Tier 2 ini biasanya berasal dari situs-situs seperti Web 2.0 (blogspot.com, wordpress.com, Tumblr dan semacamnya), situs review, situs audio sharing dan sebagainya.

Backlink Tier 3

Backlink Tier 3 sebenarnya bukan sesuatu yang umum karena banyak praktisi SEO dan penyedia jasa backlink hanya menyediakan hanya sampai dua lapis backlink saja. Dengan dua lapisan ini, Tier 1 akan diisi oleh PBN, Web 2.0 dan situs-situs lain sementara Tier 2 akan diisi oleh spam backlink untuk memperkuat Tier 1.

Namun, seiring populernya PBN, Tier 3 dirasa sangat perlu agar PBN berkualitas bagus yang menjadi sumber backlink utama tidak mendapat spam backlink berkualitas rendah. Jadi, Backlink Tier 2 lah yang akan menerima backlink kualitas rendah ini untuk memperkuat posisi mereka untuk mendukung Backlink Tier 1.

Ribet banget ya penjelasannya? Intinya, Backlink Tier 1 berada paling atas dan jumlahnya sedikit sementara Backlink Tier 3 posisinya paling bawah dan jumlahnya paling banyak.


Backlink EDU/GOV

Selain skema backlink diatas, jenis backlink yang dianggap ampuh adalah backlink yang berasal dari situs dengan domain .edu maupun .gov, jika di Indonesia adalah backlink dari situs kampus dengan domain .ac.id atau dari situs pemerintah dengan domain go.id.

Dua jenis backlink dianggap kelas premium selain karena umumnya berasal dari situs dengan reputasi bagus, juga agak sulit didapatkan. Namun, beberapa ‘celah’ aturan sebenarnya memungkinkan siapapun untuk bisa mendapatkannya.


Backlink dari Authority Sites

Bicara tentang Authority Sites, umumnya dipegang oleh situs berita ATAU situs besar pada topik tertentu. Authority sites adalah situs yang memiliki reputasi bagus untuk topik tertentu. Misalnya untuk topik kesehatan, ada situs seperti alodokter, blogdokter dan lainnya. Sementara untuk informasi seputar startup ada Tech In Asia dan Daily Social.

Mendapat backlink dari situs yang setopik merupakan sesuatu yang sulit namun di sisi lain sangat menguntungkan. Selain membantu meningkatkan posisi di hasil pencarian, backlink dari authority sites yang satu topik juga akan sangat membantu dalam mempertahankan ranking.

Author

Blogger paruh waktu yang sedang banyak belajar tentang SEO dan Digital Marketing. Kadang menulis cerita bertema science-fiction dan historical-fiction.

Write A Comment