Dampak Positif Konsumsi Susu Hamil Selama Mengandung

Bagi seorang ibu hamil, konsumsi susu hamil dalam takaran dosis yang tepat sangat bermanfaat tidak hanya bagi janin tetapi juga sang ibu hamil sendiri. Hal tersebut karena susu yang dikonsumsi akan memberikan berbagai senyawa bermanfaat, seperti DHA, EPA, omega 3, omega 6, AA, dan lainnya untuk menjalankan beberapa manfaat berikut.

Perbaikan jaringan tubuh

Pada saat hamil, seorang ibu pasti membutuhkan nutrisi lebih yang digunakan untuk mempercepat regenerasi sel dan jaringan dalam tubuh. Dengan adanya nutrisi yang mudah terserap sistem pencernaan, reaksi metabolisme sel lebih terjaga dan berbagai jaringan yang rusak seperti otot, kulit, dan hati bisa teregenerasi dengan baik.

Perbaikan air ketuban

Pada seorang ibu hamil, kualitas air ketuban yang buruk bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Oleh karena itu, dibutuhkan senyawa protein yang ada pada susu hamil untuk memperbaiki kualitas air ketuban. Dengan demikian, janin tetap dapat tumbuh sehat dan ibu hamil tidak akan mengalami kesulitan apapun pada saat waktu melahirkan tiba.

Perbaikan plasenta

Ketika seorang wanita mengalami kehamilan, nutrisi yang dibutuhkan janin disalurkan dari tubuh sang ibu melalui plasenta. Namun hal tersebut tidak akan terwujud dengan baik ketika plasenta yang terbentuk rentan terhadap gangguan internal. Itulah sebabnya, susu khusus ibu hamil dibutuhkan untuk menambah asupan protein sehingga plasenta menjadi lebih kuat dan mampu meningkatkan asupan nutrisi yang digunakan untuk perkembangan organ janin.

Meningkatkan sistem imun

Ketika seorang wanita mengalami kehamilan, wanita tersebut rentan mengalami penyakit atau resiko penurunan daya tahan tubuh karena kondisi lingkungan yang sering berubah-ubah. Oleh karena itu, wanita hamil perlu menjaga stamina dan menjaga agar asupan nutrisi untuk janin tetap lancar dengan mengkonsumsi susu setidaknya 600ml per hari. Susu berformula khusus tersebut umumnya digunakan untuk menambah asupan protein dan vitamin demi meningkatkan produksi sel limfosit dan immunoglobulin yang berperan dalam meminimalisir kontaminasi bakteri, virus, atau kuman penyakit dalam tubuh.

Mempercepat reaksi pembekuan darah saat luka

Ketika ibu hamil mengalami luka akibat terjatuh atau tergores, nutrisi yang didapat dari susu membantu mempercepat proses pembekuan darah karena adanya komponen mineral seperti kalsium. Dengan kecepatan reaksi yang dimiliki, ibu hamil dan janin akan terhindar dari resiko infeksi penyakit yang lebih membahayakan.

Menambah nutrisi pembentuk tulang dan gigi janin

Asupan mineral yang beragam dalam susu khusus ibu hamil dapat menambah nutrisi yang digunakan untuk pembentukan osteoblas. Komponen osteoblas sendiri merupakan bahan yang digunakan untuk pembentukan tulang dan gigi. Dengan demikian, wanita hamil akan terhindar dari berbagai resiko penyakit tulang, seperti lordosis, osteoporosis, dan lainnya. Janin yang sedang dikandung juga akan terhindar dari resiko abnormalitas struktur tulang.