Fokus 2019 = Berkarya!

Dislcaimer: Tulisan ini adalah resolusi 2019 pribadi saya. Jika kalian ‘terjebak’ pada tulisan ini, sangat dipersilakan untuk langsung close saja tab browsernya. Tapi, jika mau melihat-lihat artikel lain di blog ini, saya akan sangat berterimakasih 🙂

Resolusi 2018 saya sebenarnya bisa dibilang gagal karena hanya mencapai 40% target saja. Namun, 2019 masih menyisakan 11 bulan, jadi tidak ada alasan untuk tidak menuliskan apa yang ingin saya lakukan/capai di tahun 2019 ini. Seperti judul tulisan ini, 2019 saya ingin lebih fokus untuk berkarya dan mencoba hal-hal baru.

Merilis Podcast (Minimal 12 Episode)

Fokus 2019 = Berkarya! 1

Selama lebih dari 10 tahun, saya selalu fokus membuat konten dalam format teks, hanya beberapa tahun terakhir, saya mulai tertarik untuk membuat video, namun itu pun ternyata menghabiskan waktu dan sumber daya yang tidak sedikit.

Belakangan, saya pribadi juga sering mendengarkan podcast, baik dari luar negeri maupun lokal. Ternyata, mendengarkan podcast itu menyenangkan. Selama podcast dikemas dengan baik dan topiknya disampaikan dengan bagus, maka podcast bermodal smartphone saja bisa menghasilkan konten yang tidak kalah bagus dengan podcast yang direkam di studio semi-profesional.

Berawal dari hal tersebut, saya memiliki keinginan untuk punya podcast sendiri karena dua alasan. Pertama, sebagai selingan diantara membuat konten berupa teks dan kedua, mengubah konten-konten yang sudah saya produksi ke dalam bentuk berbeda.

Saya merencanakan Podcast ini akan dimulai paling lambat pada Februari 2019 dan minimal harus merilis 12 episode selama 2019. Topiknya tidak saya tentukan sehingga saya bisa lebih bebas dan tidak terbebani nantinya

Nulis Ebook

Saya masih ingat betul pernah menulis ebook seputar blogging saat masih SMP. Saat itu, saya tidak punya fasilitas dan skill sebaik sekarang, namun hal itu tidak menghentikan saya untuk menulis dan menerbitkan ebook saya sendiri.

Tahun ini, jika tidak ada halangan, saya akan menulis ebook. Ebooknya tentang apa? Yang pasti, akan lebih banyak bercerita tentang 10 tahun perjalanan saya, dimulai dari iseng-iseng menulis blog di saat awal masuk SMP hingga saat ini. Ebook ini nantinya akan bisa di download secara gratis di blog ini.

(Banyak) Web Baru

Selama beberapa tahun terakhir, saya tidak pernah bisa mengurus lebih dari dua blog/website. Setiap sedang mengerjakan website/blog ketiga, pasti akan berhenti di tengah jalan dan ujung-ujungnya terbengkalai. Namun, tahun ini saya harap bisa berbeda.

Caranya? Mengajak orang lain (membentuk tim) untuk membantu mengurus website/blog yang lain. Saya memang masih memerlukan rencana yang lebih matang untuk ini, tapi setidaknya saya akan membuat dua web baru untuk tahun 2019 ini.

Passive Income Level 1

Siapa sih yang tidak mau punya passive income? Atau bahasa sederhananya, “tidur pun bisa dapet duit”. Nah, di tahun 2019 ini, saya ingin mulai punya passive income, walaupun nilainya masih sangat-sangat kecil nantinya. Entah nantinya passive income ini berasal dari investasi atau mungkin saja dari salah satu blog/web yang saya kerjakan di tahun 2019 ini.

Tujuannya? Saya ingin belajar bagaimana mengelola keuangan pribadi secara lebih baik, itu saja untuk saat ini.

Leave a Reply