Juli 2014, saat saya memutuskan untuk membuat blog ini. Tujuannya adalah menuliskan segala hal yang ‘tidak bisa’ saya tuliskan di blog satunya, saya menulis tentang sinetron, anime bahkan seberapa berantakannya meja Einstein.

Lima tahun berlalu, blog ini justru menuju ke arah yang salah. Blog ini berubah menjadi ‘sumber uang’, sesuatu yang sejak awal berusaha saya hindari saat membangun blog ini.

Hard Reset. 2

Selama Nyepi 1941 kemarin, saya menerungkan banyak hal, termasuk kenapa selama tiga tahun belakangannya, saya justru makin sedikit menulis, ternyata salah satu penyebabnya adalah karena saya ‘takut’.

Saya begitu ‘takut’ sehingga terlalu peduli pada statistik dari blog ini; berapa Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang dimiliki, seberapa banyak backlink yang dimiliki dan bagaimana pergerakan trafik hariannya.

Kenapa saya ‘takut’? Karena saya tidak mau hal-hal buruk terjadi pada blog ini alias ‘sumber uang’ saya. Dan, itulah pusat masalahnya.

Alasan utama kenapa saya membangun blog ini adalah agar saya bisa bebas menulis pendapat dan opini saya tentang berbagai hal, sebodoh atau sekonyol apapun itu.

Dalam lima tahun, blog ini kehilangan arahnya dan saya kehilangan kebebasan saya dalam menulis. Saya terus mencari-cari platform lain untuk menulis segala kegelisahan padahal platform pribadi itu sudah ada.

Oleh karena itu, hari ini, saya akan melakukan hard reset pada blog ini. Saya tidak akan menghapus apapun, cuma melakukan penggantian tema dan kembali ke akar (masalah) blog ini. Menulis.

Untuk urusan ‘iklan dan penghasilan’, saya akan menghilangkan segala jenis iklan banner/adsense dari blog ini, karena secara pribadi pun iklan berjenis banner itu ganggu banget.

Untuk content placement, saya akan mengurangi jumlah content placement di blog ini dengan cara hanya menerima content placement yang memberikan saya kebebasan untuk menulis sendiri.

Lalu, apa pentingnya buat kamu? Mungkin tidak ada. Sejak awal, blog ini saya bangun bukan untuk dibaca jutaan orang, tapi jika kebetulan ada yang terbantu dengan salah satu tulisan disini, saya anggap itu sebagai bonus.


Author

Blogger paruh waktu yang sedang banyak belajar tentang SEO dan Digital Marketing. Kadang menulis cerita bertema science-fiction dan historical-fiction.

2 Comments

  1. Saya juga pernah ada di situasi yang complicated. Bingung cari platform blog untuk menjadi wadah topik per topik.

    Alih-alih menjadi produktif, yang ada malah sebaliknya. Bahkan nggak jarang, extreem to extreem.

    Perfeksionis jadi nggak nulis-nulis. Take it easy, tulisannya jadi carut marut.

    Sempat terpikir membuat blog baru. Tapi pertanyaannya, apakah dengan blog baru masalahnya selesai? Lah wong yang jadi akar masalahnya loh saya sendiri.

    Akhirnya, saya memutuskan untuk merubah visi ngeblog di 2019 ini. Blognya sama, tapi dengan harapan baru.

    • Semangat dengan visi ngeblog barunya ya mas prima. Saya juga tidak pernah bisa mengurus lebih dari dua blog sejak pertama kali ngeblog, ketika saya membuat blog ketiga, pasti ada saja masalah yang muncul.

Write A Comment