Harga Bitcoin Dan Seberapa Berpengaruhnya Sebuah Informasi

Cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum adalah sebuah 'barang' baru nan aneh yang mungkin tidak dimengerti oleh semua orang. Sebuah sistem keuangan dimana uangnya hanya berupa informasi (data) di sebuah tempat maya bernama internet. Ketika konsep mengenai internet saja masih terasa tidak awam di Indonesia, apalagi dengan cryptocurrency.

Tapi, hal ini tidak menghalangi banyak orangĀ  Indonesia untuk mulai menaruh kepercayaan pada barang ini. Sebuah konsep yang awalnya digadang-gadang akan menjadi konsep keuangan masa depan yang tidak melalui bank sentral, kini harus berada di sebuah tahap dimana dianggap sebagai sebuah komoditas layaknya logam mulia dan surat berharga. Ada yang salah dengan hal tersebut? Tentu tidak.

Bitcoin dan Ethereum adalah dua contoh cryptocurrency yang harganya melonjak puluhan kali lipat hanya dalam beberapa tahun terakhir. Penyebabnya? Sangat banyak, mulai dari rendahnya jumlah supply, tingginya demand, spekulasi pasar dan yang mungkin dilupakan banyak orang, informasi dan ekspos media terhadapnya.

Tahun 2011 dan 2012, Bitcoin berharga murah bahkan bagi sebagian orang, tidak berharga sama sekali. Hanya mereka yang punya perhatian besar terhadap industri teknologi yang menganggap konsep ini sebagai sesuatu. Tapi, hal itu berubah sekitar tahun 2013 dan 2014 dimana Bitcoin mulai mendapat perhatian media-media mainstream. Hingga hari ini dimana satu keping Bitcoin berharga ratusan juta Rupiah, informasi dan ekspos dari media mengenai barang maya ini merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi harganya.

Layaknya saham, Bitcoin hari ini lebih dianggap sebagai sebuah komoditas dibandingkan uang. Jumlahnya yang sedikit dan terbatas membuatnya sangat pas sebagai komoditas. Tapi, harga Bitcoin sangat fluktuatif bahkan bisa terkoreksi hingga belasan persen dalam sehari. Namun, apa sebenarnya yang mempengaruhi harga ini?

Jika bercermin dari pasar saham, aturan baru, peristiwa penting dan spekulasi pasar merupakan beberapa hal yang biasa mempengaruhi harga. Dan hal yang sama juga berlaku pada Bitcoin. Aturan-aturan baru di seluruh belahan dunia mengenai cryptocurrency, paling tidak akan berpengaruh terhadap harga jual dan belinya. Begitu pula dengan peristiwa-peristiwa penting, dimana orang memilih untuk menyimpan hartanya dalam bentuk cryptocurrency dibandingkan dalam bentuk lainnya. Dan, yang sering tidak disadari adalah spekulasi pasar.

Spekulasi pasar adalah sesuatu yang sulit diprediksi karena tindakan ini melibatkan banyak orang dengan spekulasinya masing-masing. Tapi, bukan berarti tidak bisa diprediksi sama sekali. Mengetahui informasi terbaru mengenai Bitcoin adalah salah satu cara mencoba menebak spekulasi dan pergerakan pasar yang mungkin terjadi.

Pentingnya mengetahui informasi inilah yang sering dilupakan banyak orang, padahal beberapa website sudah hadir secara khusus untuk memberitakan seputar Bitcoin, cryptocurrency dan blockchain. Salah satu dari website itu adalah DuniaKoin.com yang hadir dalam Bahasa Indonesia.