Hidup Sehat itu Susah-Susah Gampang

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, pasti! Bagaimana tidak, seperti yang kita ketahui bahwa sehat itu mahal harganya, karena harus bayar biaya periksa, biaya perawatan dan obat. Hidup di zaman yang serba modern ini, menjaga kesehatan bukanlah hal yang mudah. Di kanan dan kiri ada saja godaannya untuk hidup tidak sehat. Misalnya penjual gorengan di sebelah kiri dan penjual es doger di sebelah kanan, kalau beli keduanya sudah pasti radang tenggorokan kemudian.

Dari hal yang sepele saja seperti salah memilih makanan yang tidak sehat dapat membuat beragam penyakit yang ujung-ujungnya *sensor*. Tentunya hal tersebut sangat menakutkan, bukan? Oleh karena itu, kita dapat mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh kita dengan melakukan beragam cara yang sehat seperti halnya melakukan tips hidup sehat yang benar. Melakukan langkah-langkah atau cara hidup yang sehat haruslah benar dan dilakukan dengan sungguh-sungguh. Jika dilakukan setengah-setengah, maka hasilnya akan sia-sia begitu saja. Seperti mengisi air kedalam kerajang berlubang.

Menjalani pola hidup yang sehat sebenarnya tidaklah sulit. Yang terpenting kita harus memiliki niat yang kuat dan konsistensi dengan apa yang akan kita lakukan. Di samping itu, menjalani pola hidup yang sehat pun juga jangan terlalu memaksakan karena seperti yang kita ketahui bahwa kondisi tubuh setiap orang itu kan berbeda-beda. Jadi, lakukanlah pola hidup yang benar dan pastinya menyesuaikan dengan kondisi tubuh kita masing-masing. Inilah beberapa tips hidup sehat yang benar antara lain yaitu:

Makan makanan yang sehat

healthy-meal

Tidaklah sulit untuk menjaga asupan makan harian kita. Yang terpenting adalah mengonsumsi makanan yang berserat, bergizi, dan pastinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Nah, itu semua kita bisa dapatkan dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Tidak hanya itu, kita pun harus bisa menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, makanan yang manis-manis, dan sebagainya.

Walau harus diakui biasanya makanan yang tidak sehat itu justru lebih nikmat daripada makanan yang sehat. Cara mengakalinya adalah dengan mencari makanan sehat yang kita sukai lalu mengolahnya sedemikian rupa agar sehat namun tetap nikmat.

Tidur atau istirahat yang cukup

Banyak orang yang terlalu sibuk sehingga lupa dengan waktu untuk beristirahat. Tubuh yang kekurangan waktu istirahat akan memberikan sinyal-sinyalnya. Jika sudah pada batas maksimalnya akan ambruk dengan sendirinya. Nah, pada umumnya orang dewasa membutuhkan waktu untuk tidur 8 sampai 9 jam perharinya. Waktu tidur yang baik adalah antara jam 9 malam sampai jam 6 pagi.

Faktor lain yang biasanya menyebabkan orang kurang istirahat adalah peralatan elektronik. Peralatan tersebut biasanya memancarkan sinar-sinar biru yang dampaknya membuat otak mengeluarkan zat-zat yang membuat kita tetap terjaga. Jadi, jauhkan / matikan peralatan elektronik sebelum tidur.

Rajin melakukan olahraga

Olahraga sangat penting untuk membuat tubuh sehat. Paling tidak kita harus melakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggunya. Lakukanlah olahraga yang simpel meskipun sesibuk apapun. Bisa dengan jogging, senam, yoga atau sekedar melakukan cuci mobil, menyiram taman dan menyapu di sore hari.

Itulah beberapa tips hidup sehat yang benar dan sangat mudah untuk dijalani. Jika kita menjalaninya dengan teratur dan seimbang, akan ada banyak manfaatnya salah satunya adalah kesehatan tubuh pasti akan terjaga. Imbangilah dengan melakukan kegiatan yang positif agar tubuh dan otak kita tetap aktif dan sehat. Tertarik? Selamat mencoba dan buktikanlah hasilnya.