Selidik-Selidik Situs RevolusiMental.Go.ID

Beberapa waktu lalu, saya sempat mengulas tentang situs pemerintah yang katanya menghubungkan rakyat langsung kepada presidennya (baca : Selidik-selidik LaporPresiden.org). Pada 24 Agustus 2015, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) meluncurkan situs revolusimental.go.id, katanya sih sebagai kelanjutan dari jargon saat pidato Pak Jokowi dulu.

Menurut laporan dari beberapa situs online, website tersebut diluncurkan sekitar pukul 10.00 WIB. Tapi, Detik.com melaporkan bahwa saat mereka berusaha mengakses situs tersebut, kadang mau, tapi kadang juga terjadi crash. Untungnya, ada sedikit gambaran mengenai situs tersebut, didalamnya terdapat beberapa artikel, menu dan fitur yang semua tentang revolusi mental.

revolusi mental kampanye

Sekitar pukul 22.00 WITA, tanggal 25 Agustus 2015, saya tertarik untuk mengakses situs tersebut. Tapi, apa yang saya temukan? Kode 508! Saya sempat coba beberapa kali, namun hanya sekali saja berhasil mengaksesnya, lebih sering mendapat error 508.

Error 508 adalah pertanda jika sebuah website telah melampaui satu atau lebih batasan dari sumber daya servernya, misalnya penggunaan CPU, penggunaan RAM, penggunaan I/O atau Entry Processes. Error ini akhirnya menarik saya untuk mengetahui, dimana sih ‘markas’ dari situs revolusimental.go.id ini, dan hasilnya… jeng jeng…

Walau nama providernya adalah IndosatM2, tapi nameserver yang digunakan adalah IDWebHost. Jadi, bisa dibilang bahwa situs ini memakai jasa IDWebHost sebagai sebagai webhostingnya. IDWebHost termasuk salah satu hosting besar di Indonesia dengan jumlah klien yang katanya mencapai puluhan ribu, tapi ya gitu… masak situs PEMERINTAH NASIONAL pake shared hosting, kalau buat hosting sendiri (yang saya juga belum bisa), mungkin tidak lebih dari 12 juta per tahunnya. Murah kan?

Nah, yang tidak saya ketahui lagi adalah paket hosting mana yang dipakai oleh situs revolusimental.go.id. Karena ini adalah situs pemerintah, saya berharap situs tersebut memakai minimal paket idSuperCorporate dengan biaya hanya Rp.690.000/bulan dan itu masih dibawah 10 juta per tahun.

Next, saya tertarik dengan data whois (kepemilikan serta pembuatan) dari domain ini. Sayangnya, saya tidak bisa mengaksesnya langsung. Untungnya saya menemukan Hot Thread di Kaskus yang secara khusus ditujukan untuk membahas atau lebih tepatnya, mengkritik habis-habisan situs tersebut. Dan, inilah hasil yang saya dapatkan :

Domain RevolusiMental.Go.ID baru didaftarkan pada 21 Agustus 2015

Beda jauh dengan situs LaporPresiden yang pendaftaran domain dan tanggal peluncurannya berbeda hampir 2 bulan. Situs ini antara tanggal daftar dan peluncuran resminya hanya berbeda 3 hari. Man… buat situs pemerintah hanya 3 hari, mau buat yang kayak gimana?

CMS berbasis WP tapi Lupa ganti alamat login

Saya cukup tau tentang WordPress karena hampir 3 bulan belakangan ini, saya banyak mengutak-atik blog berbasis WordPress. Situs RevolusiMental.Go.ID sendiri ternyata dibuat dengan CMS WordPress, gak begitu masalah sih karena rata-rata situs pemerintah di Indonesia juga pake WordPress. Tapi, tau dimana letak buruknya? Sang developer lupa mengganti alamat login untuk situs tersebut, jadi deh gampang banget nebak alamat loginnya.

http://revolusimental.go.id/gerakan/wp-login.php    ta da….

Plagiat Barrackobama.com (katanya)

Saya sendiri belum bisa memastikan hal ini, tapi menurut thread di Kaskus tersebut, tampilan situs Revolusi Mental sangat mirip dengan situs Barrack Obama. Bahkan… beberapa id memposting bahwa masih ada beberapa kode yang nyangkut dengan domain barrackobama.com

Yah, kalau gini ceritanya, saya lebih mengapresiasi keberadaan situs LaporPresiden deh. Selain jelas siapa yang ada dibelakangnya, keamanan situs itu juga lebih terjaga karena sudah memakai SSL dan sebagainya. Jujur saja, saya sangat kecewa dengan situs Revolusi Mental ini. Kalau memang belum siap, lebih baik dikembangkan dulu, jangan asal cepat saja.

Update RevolusiMental.Go.ID

26 Agustus 2015 pagi, saya cek dan halaman web Revolusi Mental hanya berisikan tulisan seperti dibawah ini. Katanya sih karena “Antusiasme Masyarakat yang Begitu Tinggi”, seharusnya Kementerian PMK sudah menyadari dari awal bahwa antusiasme masyarakat akan sangat tinggi untuk situs semacam ini.

Sedikit KLARIFIKASI : Banyak yang bilang jika situs ini menghabiskan Milyaran rupiah dalam pembuatannya, hal itu tidak sepenuhnya benar, karena uang 140 Milyar Rupiah yang dianggarkan pemerintah tersebut digunakan untuk seluruh kegiatan kampanye Revolusi Mental, walau demikian tidak diketahui berapa anggaran pembuatan situs ini. – sumber