Kamar Berantakan, Ciri Orang Kreatif

Saat SMA dulu, hampir semua teman yang pernah datang ke rumah dan masuk ke kamar saya, pasti setuju dengan kalimat ini,

“Kamarmu BERANTAKAN”

Saya berusaha membela diri dengan mengatakan, “Kamar boleh berantakan, yang penting otak dan hati tetep rapi.”

Kamar saya sih emang berantakan, terkadang untuk menemukan secuil flashdisk atau kunci motor pun sulit, karena bisa saja mereka bersembunyi ditumpukan barang lainnya. Terkadang untuk menemukan remot televisi saja harus sampai memindahkan tempat tidur atau membongkar tumpukan ‘benda penting’ yang ada di kamar.

Saya yang sejak dulu ‘divonis’ memiliki kamar berantakan, kini bisa membela diri berkat hasil penelitian dari Kathleen D. Vohs dan kawan-kawan.

“Ruangan yang nggak teratur cenderung menginspirasi pemiliknya untuk bebas dari aturan. Dari keberantakan itulah dia bisa menemukan ide segar,”

“Nasihat saya, jika kamu butuh berpikir out of the box, maka biar biarkanlah kekacauan muncul dan lepaskan imajinasi,”

Jadi gini nih temen-temen, orang yang meja kerja atau dalam hal ini kamarnya berantakan BIASANYA punya kecenderungan lebih kreatif dan pengambil risiko.Mereka yang kamarnya berantakan harus bisa meletakkan dan memutuskan tempat untuk menaruh barang agar mudah ditemukan lagi, seperti kasus kunci dan flashdisk saya contohnya. Karena tidak ada tempat khusus untuk meletakkan barang-barang ini, maka kita secara otomatis jadi menaruhnya secara acak setiap waktu, sehingga otak akan selalu ‘terlatih’ untuk memilih tempat yang dirasa paling cocok untuk kondisi dan situasi yang berbeda-beda.

Sementara, mereka yang kamarnya rapi adalah tipe yang suka hidup sehat, mengambil keputusan berdasarkan perhitungan dan tipe orang produktif.

Sayangnya, punya kamar atau meja kerja yang berantakan harus ditebus dengan pikiran negatif dari orang-orang yang sekitar yang berpikir bahwa orang yang kamar atau merja kerjanya berantakan, kehidupannya pasti berantakan. :nangis:

Terakhir, Ini, pendapat dari ahli Fisika modern, Albert Einstein.

“If a cluttered desk is a sign of a cluttered mind, of what, then, is an empty desk a sign?”

“Kalau meja yang berantakan adalah tanda dari pikiran yang berantakan, jadi, apa arti dari meja yang kosong?”

meja-kerja-einstein
Meja kerja Einstein aja berantakan

SUMBER : Why Creative Geniuses Often Keep a Messy Desk

Related Incoming Search Term: