Kenali Aceh dari Kuliner Khasnya Berikut Ini!

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kebudayaan. Setiap daerah yang ada di negara ini memiliki keunikan tersendiri baik dari budaya, bahasa, dan tak terkecuali kulinernya. Salah satu daerah yang telah diakui kelezatan kulinernya adalah Aceh. Daerah yang satu ini memang menyimpan berbagai kuliner yang patut untuk di coba, berikut beberapa kuliner khas Aceh yang terkenal, sebelum ke Aceh intip promo tiket pesawat 2018 terlebih dahulu ya..

Kuah Pliek U

Masakan yang satu ini merupakan masakan yang berasal dari daerah Aceh Barat namun sudah dikenal keseluruh daerah Aceh. Kuah pliek U merupakan masakan khas Aceh sudah sangat terkenal, jika berkujung ke daerah Aceh kamu harus mencicipinya. Sebenarnya di setiap daerah Aceh rasa dari Kuah pliek U ini agak berbeda.

Namun Kuah Pliek U ini memiliki Komponen utama yang sama yaitu Pliek atau bahasa Indoensianya Patarana. Patarana sendiri merupakan fermentasi buah kelapa. Kuah pliek U ini dipadukan dengan santan dan aneka bumbu serta berbagai jenis sayuran. Tertarik mencobanya? Segera booking tiket pesawat lion air hanya di Reservasi.com dan berangkat ke Aceh.

Sie Reuboh

Yang satu ini juga memiliki banyak penggemar dan sudah sangat terkenal. Untuk kamu yang menyukai daging sapi kamu harus mencicipi sie reuboh. Sie reuboh sendiri merupakan masakan khas dari Aceh Besar, tidak seperti kuah pliek U, masakan yang satu ini paling lezat jika dimasak oleh orang Aceh Besar asli. Seperti masakan Aceh pada umumnya, Sie Reuboh mengandung banyak bumbu dan repah, proses pembuatannya juga tergolong lama karena bahannya harus dimasukkan secara bertahap, kamu harus cobain yang satu ini dijamin gak akan nyesal.

Kue Bhoi

Nah, yang satu ini paling cocok untuk disantap bersama teh. Kue bhoi bisa dibilang sebagai bolu khas Aceh, kue Bhoi ini biasanya ditemukan di seantero Aceh. Terdapat dua variasi kue bhoi yaitu yang keras dan lembut, ukurannya juga ada ang kecil dan besar, untuk yang besar biasanya bentuknya hampir selalu ikan. Untuk yang kecil kamu bakal menjumpai bentuk binang, bunga, serta ikan pastinya.

Harga Kue bhoi ini sendiri juga cukup murah lho, sekitara 10.000- 12.000 ribu rupiah saja per kemasan, yang pastinya kamu harus menyukai manis karna kue ini mengandung banyak gula. Kue bhoi ini juga menjadi bagian dari adat aceh lho, jadi jangan kaget jika menumakan kue bhoi dalam seserahan yang dibawa oleh pengantin pria.

Eungkot Keumamah

Nah selain olahan daging sapinya, masyarakat Aceh juga memiliki andalan untuk olahan ikannya, yaitu Uengkoet Keumamah, atau biasanya disebut dengan ikan kayu. Masakan ini terbuat dari ian tuna yang direbus hingga kering, lalu di masak dengan bumbu yang menyerupai kuah tumis aceh, dipadukan dengan santan, irisan cabai hijau dan minyak yang banyak.

Ueungkot keumamah ini biasanya di masak hingga agak kering, maskan yan satu ini semakin sering dipanaskan semakin nikmat lho, tampilannya mungkin sederhana tapi cita rasa yang kamu dapatkan tidak akan sama. Masih belum cari pesan tiket pesawat? Segera intip promo tiket pesawat 2018 untuk tujuan ke Aceh.

Meuseukat´╗┐

Meuseukat merupakan salah satu kuliner khas Aceh yang sangat dijaga. Pasalnya kuliner ini memang lazim ada pada seserahan pernikahan. Karena itu keberadaannya masih sangat sering dijumpai, namun tentunya meuseukat bukan merupakan jajanan sehari-hari yang ditemui dipasar, kamu harus memesannya terlebih dahulu pada pembuat meuseukat.

Meuseukat sendiri bisa dibilang seperti dodol khas aceh, dan rasanya bisa terbilang cukup manis. Biasanya meuseukat dihidangkan diatas talam yang kemudian di potong dan dibagi-bagikan, pada saat hantaran kue ini akan dihias seindah mungkin, semakin bagus hiasannya akan semakin mahal harganya.

Pacri Nanas´╗┐

Masakan yang satu ini enak disantap bersama nasi atau dimakan langsung. Pacri nanas merupakan olahan nanas yang diberi aneka rempah seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga dan juga berbagai bumbu. Masakan berkuah ini terlihat sekilas terlihat seperti kuah rebus dengan rempah, namun jangan salah, pacri nanas sangat kaya akan rasa lho. Kalau yang satu ini pembuatannya terbilang gampang dan tidak memakan banyak waktu.

Bubur Kanji Rumbi

Nah yang satu ini sangat populer pada bulan ramadhan. Biasanya hampir diseluruh Aceh, mesjid akan membagikan kanji rumbi secara gratis. Rasanya juga sangat enak, kanji rumbi dibuat dari beras pulan yang ditumbuk kasar dan direbus dengan aneka rempah khas Aceh, serta diberikan udang, ayam dan bawang goreng. Rasaya cukup lezat dan mengenyangkan, kanji rumbi ini lebih enak disantap saat masih hangat.

Bagaimana ? banyak bukan kulinari khas Aceh yang patut kamu coba, selain kuliner di atas masih banyak lagi kuliner lainnya yang tak kalah lezat dan pastinya sangat sedap jika dimasak oleh masyarakat Aceh langsung. Jika berkunjung Ke Aceh jangan lupa coba salah satunya ya! Dan jangan lupa yang paling penting booking tiket pesawat lion air lewat Reservasi.com melalui promo tiket pesawat 2018.