Kenapa Fortnite dan PUBG Populer tapi Game Battle Royale Lain Tidak?

Sudah tidak bisa dipungkiri kalau tahun 2018 adalah tahunnya battle-royale. Dua game yang berada di puncak tertinggi adalah Fortnite dan PUBG. Sementara, ada setidaknya belasan game PC lain yang masih berusaha menjaring pemain seperti H1Z1, Radical Heights, Ring of Elysium dan banyak lagi.

Tapi, diantara banyak game, kenapa hanya PUBG dan Fortnite yang terasa benar-benar berjaya dan game mana yang akan memenangkan persaingan ini?

Alasan PUBG Populer

PlayerUnkown’s Battlegrounds (PUBG) punya akar yang kuat dari ARMA III. ARMA sendiri adalah seri video game simulasi militer yang benar-benar berfokus pada seberapa mirip video game mereka dengan dunia nyata. Jadi, tidak mengherankan jika kita bisa merasakan nuansa yang sama pada PUBG.

Beberapa hal yang benar-benar membuat PUBG populer adalah:

1. Pendekatannya yang familiar.

Lihatlah jumlah orang yang bermain CS:GO, COD dan Battlefields. Secara umum, genre first-person shooter dengan setting peperangan dengan senjata yang bisa kita temui di dunia nyata memang punya banyak penggemar. Jadi, tidak heran jika PUBG terasa begitu familiar, bahkan saat masih di Early Access.

2. Tidak mengulangi ‘kesalahan’ game lain.

Saat PUBG masuk Early Access, H1Z1 sudah berada cukup lama di fase ini. Tapi, pada akhirnya, PUBG keluar lebih dahulu dari fase ini dan justru menjaring lebih banyak pemain. Kenapa? Karena PUBG tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang dilakukan H1Z1 seperti ‘memperbaiki’ gameplay yang dianggap tidak ada masalah oleh komunitasnya.

3. Battle-Royale yang bisa ditonton.

Diakui atau tidak, salah satu alasan sebuah game bisa populer belakangan ini adalah seberapa nyaman game tersebut bisa ditonton, baik dalam format streaming atau tournament. Lihat saja seberapa keras usaha Blizzard membuat Overwatch bisa ditonton. PUBG merupakan salah satu game battle-royale yang cukup enak ditonton dari segi streamer ataupun tournament.

4. Masuk ke perangkat mobile.

PUBG di PC dikenal sebagai game ‘kelas berat’, namun PUBG Mobile tidak sebuas PUBG PC dalam urusan spesifikasi untuk menjalani. Ditambah, PUBG Mobile berhasil menambahkan hal-hal yang membuatnya terasa lebih rewarding dibanding versi PC.

Alasan Fortnite Populer

Fortnite sendiri sebenarnya merupakan prototipe game lama yang kalau tidak salah sudah mulai dikerjakan sejak 2012. Game ini merupakan gabungan antara Minecraft dan Left 4 Dead. Sebuah keberuntungan, FortniteBR, yang awalnya dianggap sebagai passionate project justru mendapat kepopuleran yang benar-benar menggila.

Beberapa alasan Fortnite benar-benar populer:

1. Gratis

Yap, mau diakui atau tidak oleh para pemainnya, tapi alasan pertama kenapa Fortnite Battle Royale (FortniteBR) begitu populer adalah karena game ini gratis. Saya pesimis jika seandainya pemain harus membayar untuk bermain game ini, maka FortniteBR akan sepopuler dan sebesar sekarang ini.

2. Tersedia untuk banyak platform

FortniteBR tersedia untuk PC, konsol (Xbox dan PS4) bahkan perangkat mobile. Sudah gratis, game ini juga tersedia untuk banyak platform. Tidak punya konsol? Bisa bermain di PC. Tidak punya PC dengan spek bagus? Bisa bermain di konsol. Tidak punya keduanya? Masih bisa main di smartphone.

3. Learning Curve yang gampang-gampang susah.

Oke, bermain FortniteBR tidak hanya soal rebutan senjata tapi juga mengumpulkan resource untuk membangun. Para pemain level atas di FortniteBR memang rata-rata punya skill membangun dan menembak yang jago. Tapi, walau awalnya terlihat ‘ribet’, tapi sebenarnya hal ini tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Coba deh sendiri kalau enggak percaya.

4. Penuh kejutan

FortniteBR sempat hampir mengikuti jejak H1Z1 dengan ‘memperbaiki’ gameplay yang dianggap komunitasnya baik-baik saja. Sampai saat ini, FortniteBR sepertinya masih mendengarkan dan peduli pada komunitasnya. Ditambah, developer dari game ini tidak lupa mewujudkan berbagai meme dalam game buatannya.

Kesimpulan

Itulah kira-kira beberapa alasan kenapa Fortnite dan PUBG bisa populer. Memang, masih terlalu cepat mengatakan bahwa dua game ini akan terus mendominasi genre battle-royale sepeti DOTA 2 dan LOL yang mendominasi MOBA.

Tapi, game lain yang ingin menyaingi dua pemuncak klasemen ini memerlukan usaha yang luar biasa dalam urusan membuat gameplay mereka unik, memasarkan game mereka dan mendapat lebih banyak pemain.

Related Incoming Search Term: