Kenapa Kita Perlu Olahraga?

Olahraga merupakan suatu aktifitas baik fisik maupun pikiran yang ditujukan melatih dan menyehatkan tubuh seseorang baik secara jasmani maupun rohani. Banyak orang yang tidak secara jelas mengetahui manfaat olahraga. Hal ini mengakibatkan turunnya semangat seseorang untuk melakukan olahraga. Padahal olahraga sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Lebih dari itu, olahraga juga dibutuhkan oleh mental manusia.

Ketika berbicara mengenai olahraga pikiran seseorang mungkin hanya akan tertuju pada olahraga fisik. Padahal olahraga sebenarnya terdiri dari 2 jenis. Jenis yang pertama adalah olahraga fisik, sedangkan yang kedua adalah olahraga pikiran. Olahraga pikiran misalnya adalah catur. Secara umum olahraga menurut penelitian, baik olahraga pikiran maupun olahraga fisik, dapat membantu seseorang menghilangkan stres. Menurut penelitian menggerakkan badan adalah salah satu cara terbaik mengontrol emosi dan melepaskan beban pikiran. Selain fakta mengejutkan ini, berikut adalah beberapa fungsi manfaat olahraga lain yang perlu anda ketahui.

Pada dasarnya hal yang menarik dari olahraga adalah dapat mempengaruhi kapasitas otak manusia. hal ini dikarenakan olahraga dapat menambah energi dan serotonin pada tubuh seseorang. Serotonin adalah hormon yang terdapat pada otak yang berfungsi dan mempengaruhi kapasitas otak manusia. Serotonin memiliki cakupan pengaruh pada emosi manusia, nafsu makan, dan pemahaman. Oleh karena tersebut memperbanyak olahraga dapat membantu seseorang meningkatkan kapasitas otak mereka.

Selain hal itu, seperti yang banyak orang ketahui, berolahraga dapat membantu seseorang melawan berbagai macam penyakit. Selain dapat menghambat dan melawan berbagai penyakit, olahraga juga menurut penelitian dapat menghambat penuaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini merupakan manfaat dari olahraga yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Padahal manfaat ini dapat menjadi faktor pendorong semangat yang kuat bagi para wanita untuk berolahraga.

Manfaat lain lagi dari olahraga adalah dapat membantu jantung seseorang untuk memompa lebih baik. Saat berolahraga fungsi kardiovaskular telah terbukti dalam penelitian dapat bekerja lebih baik. Selain dapat membantu jantung memompa lebih efektif, hal ini juga dapat membantu menghiangkan plak pada pembulu darah. Plak dapat berbahaya karena mempersempit pembuluh darah yang mengakibatkan terhambatnya aliran darah manusia.

Fungsi lain dari berolahraga yang banyak diketahui oleh masyarakat adalah membantu seseorang dalam melakukan diet. Berolahraga dapat membantu metabolisme tubuh seseorang serta dalam hal pembakaran lemak. Semakin baik metabolisme dan proses pembakaran lemak pada tubuh manusia akan semakin membantu seseorang yang sedang berdiet mencapai tujuannya, yaitu menurunkan berat badan. Namun seseorang perlu mengingat untuk melakukan diet yang baik dan sesuai kemampuan. Sebenarnya masih banyak fungsi olahraga, namun fungsi tersebut terbilang cukup umum. Manfaat olahraga yang dimaksud adalah seperti membantu mengencangkan otot, meningkatkan stamina, dan menambah energi.

Related Incoming Search Term: