Kesalahan SEO yang Biasa Ada di Toko Online

Banyak pemilik toko online berpikir bahwa dengan mengunggah ribuan detail produknya ke internet, maka pelanggan akan datang dari mesin pencari begitu saja. Sayangnya, walau sekarang ini cara membuat toko online sudah semakin mudah, tapi untuk melakukan SEO pada toko online justru lebih sulit dibandingkan dengan sebuah website perusahaan yang hanya memiliki 5 pages.

Ribuan detail produk pada sebuah toko online sering memunculkan berbagai masalah yang berkaitan dengan SEO. Berikut ini kesalahan SEO yang biasa terdapat di toko online.

Kurang Deskripsi Produk

Masih ada beberapa pemilik toko online yang tidak memberikan deskripsi pada produk yang dijualnya. Padahal, dengan memberikan deskripsi, sebuah produk memiliki potensi untuk muncul di peringkat atas hasil pencarian, walau untuk kata kunci yang mungkin jarang di cari.

Tapi, harap diperhatikan bahwa deskripsi produk yang baik adalah deskripsi yang mampu membantu pembeli memutuskan membeli sebuah barang, deskripsi juga bukan copy-paste dari toko online lain atau menggunakan deskripsi dari pabriknya dan tidak boleh terlalu panjang.

Tidak Memiliki Review Produk

Sekitar 70% calon pembeli mempertimbangkan review dari pembeli lain pada suatu barang. Jadi, ketika sebuah toko online tidak memiliki review produk dari pembeli, hal itu merupakan sebuah kehilangan yang besar. Selain itu, ada manfaat lain dari review yang diberikan oleh pembeli yaitu membantu memberikan konten yang unik pada toko online dan membuat kesan bahwa toko online tersebut “aktif” sehingga lebih sering dikunjungi mesin pencari.

Kurang optimasi Halaman Produk untuk Pencarian

Terkadang, ada beberapa pemilik toko online yang memberikan judul produknya dengan sesuatu yang jarang bahkan tidak pernah dicari orang ketika ingin belanja online, misalnya “Sepatu putih”, padahal lebih disarankan menggunakan judul yang lebih spesifik seperti “Sepatu futsal warna putih”.

Perhatikan pula struktur dari judul halaman produk. Misalnya, beberapa calon pembeli sering menggunakan format pencarian : nama brand – model produk, sehingga salah satu format judul halaman produk yang disarankan adalah :  Brand – Model – Item Type

Di Indonesia sendiri, ada beberapa orang yang biasa mengetikan kata “Jual” di depan benda yang ingin dibeli. Hal inilah yang harus diperhatikan dalam penulisan judul dengan memperhatikan kebiasaan dari pembeli yang sudah membeli sebelumnya.

Beberapa saran untuk optimasi halaman produk :

  • Penggunakan H1 pada judul dan nama brand
  • Pemakaian alt tag pada gambar
  • Tidak memakai iframe untuk menampilkan konten
  • Optimasi URL dengan penggunakan URL yang terbaca oleh manusia juga sangat disarankan. Misalnya arikurniawan.net/jual-ayam-goreng-online jauh lebih baik dibanding arikurniawan.net/item-321

Konten Duplikat

Sebuah toko online besar dengan ribuan produk sangat rawan memiliki konten duplikat, oleh karena itu disarankan “menutup” halaman yang berpotensi menghasilkan konten duplikat seperti Archive, Tags bahkan pada beberapa kasus mungkin Category dengan menggunakan robot.txt