Kesan Bermain Dishonored

Dishonored sudah dirilis pada 2012 lalu, mendapat tanggapan sangat positif dari para kritikus dan menjadi nomine dalam berbagai ajang. Sekuel dari game ini akan dirilis pada akhir tahun 2016 dengan mengambil setting sekitar 15 tahun setelah akhir game Dishonored pertama.

Sinopsis Dishonored (Spoiler Alert!)

Bercerita tentang Corvo Attano, pengawal pribadi ratu yang dituduh telah membunuh sang ratu dan menyembunyikan putri mahkota. Saat dia akan dieksekusi mati, dia mendapat bantuan dari para Loyalist, orang-orang yang masih setia pada kerajaan dan berharap Corvo bisa membantu mereka menemukan dan menyelamatkan Emily Kaldwin, putri mahkota.

Untuk membantu misinya sekaligus menyembunyikan identitasnya, Corvo diberikan sebuah topeng yang dilengkapi optik yang berfungsi sebagai teropong. Dia juga mendapat kekuatan “sihir” dari makhluk yang disebut Outsider. Misi Corvo untuk menyelamatkan Emily pun berhasil, dia juga secara pelan-pelan meruntuhkan pemerintah yang berkuasa dengan membunuh orang-orang penting mereka.

Sayang, para Loyalist tergoda dengan kekuasaan dan berniat untuk memanipulasi Emily dan mereka merasa bahwa hal itu sulit dilakukan jika Corvo ada di sisinya. Maka, mereka menjalankan rencananya untuk membunuh Corvo. Untungnya, Corvo tidak benar-benar terbunuh dan kembali untuk balas dendam dan menyelamatkan Emily (lagi).

Ending dari cerita ini bervariasi, tergantung keberhasilan misi dan tingkat chaos (jumlah orang yang terbunuh) dalam game.

Dishonored_game-poster

Kesan Bermain Dishonored

Dishonored benar-benar mengingatkan saya pada seri Bioshock, terutama kekuatan “sihir” yang dimiliki karakter utamanya. Bedanya, Bioshock mengambil genre shooter sementara Dishonored lebih berfokus pada unsur stealth di dalam gamenya.

Keunggulan game ini menurut saya adalah “kebebasan” yang ditawarkan kepada pemain. Setiap pemain dibebaskan bermain dengan cara mereka, baik itu secara agresif menyerang musuh, membunuh musuh dari kegelapan atau menemukan jalan tanpa menghabisi satu orang pun (dan ada orang yang pernah melakukannya).

Sekuel dari game ini dikabarkan menjadikan Corvo dan Emily sebagai playable characternya. Dan untuk menghubungkan game pertama dan keduanya, Bethesda selaku publisher akan menerbitkan komik dan novel sebelum dirilisnya Dishonored 2. Ditambah akan ada novel tambahan pada 2017 yang akan bercerita seputar karakter Corvo dan Emily.

Related Incoming Search Term: