Kesan Bermain Mr. Robot:1.51exfiltrati0n.apk

Saya pribadi adalah penikmat game-game racikan Telltale mulai dari Wolf Among Us hingga Game of Throne. Di sisi lain, walau bukan penikmat serial TV, Mr. Robot adalah salah satu serial TV yang cukup saya sukai karena berhubungan erat dengan teknologi, hacker dan social hacking.

Pada 10 Agustus lalu, saya menemukan berita di JagatPlay (baca : Telltale Games Siapkan Game Mr. Robot?)yang berspekulasi bahwa Telltale sedang atau akan mengerjakan game berbasis serial TV Mr. Robot. Bukan tanpa alasan, spekulasi itu muncul karena di Fans Page resminya, Telltale memberikan kabar bahwa E Corp Messaging App akan dirilis untuk Android dan iOS pada 17 Agustus. E Corp sendiri adalah perusahaan fiktif yang menjadi “musuh” dari karakter utama di serial Mr. Robot.

Benar saja, beberapa hari lalu, Telltale merilis game berjudul Mr. Robot:1.51exfiltrati0n.apk untuk Android dan Mr. Robot:1.51exfiltrati0n.ipa untuk iOS. Perbedaan judul ini hanyalah pada “pemanis” karena ekstensi aplikasi pada Android dan iOS memang berbeda, tapi secara isi dan konten sama saja.

Untuk yang mengharapkan bahwa game ini akan menjadi seperti Minecraft Story Mode atau Tales from The Borderlands, bersiaplah untuk kecewa. Game ini memang masih berfokus pada cerita yang berubah tergantung pilihan pemain seperti game Telltale lainnya, tapi game ini tidak menyajikan animasi apapun. Jika pernah bermain seri game Lifeline, yap seperti itulah yang akan kita dapatkan.

Dalam game ini diceritakan bahwa kita menemukan sebuah smartphone murah dipinggir jalan dan menggunakan E Corp Messaging App. Tergantung pilihan yang kita lakukan, kita bisa membantu meretas E Corp atau melakukan hal lainnya. Apa yang menyenangkan adalah, kita bisa menjadi “banyak orang” dalam game ini dan menggunakan kelebihan itu untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan sambil terus menjaga informasi yang penting bagi kita agar tidak diketahui orang lain. Hacker banget gak sih?

Bukan hanya melakukan hacking dengan teknologi, dalam game ini juga ada bagian-bagian dimana kita melakukan hacking dengan psikologi pada orang lain atau dikenal dengan social engineering, yaitu memanipulasi orang lain untuk melakukan sesuatu atau memberikan informasi rahasia pada kita.

Saya sendiri belum tau apakah game ini akan berseri seperti halnya game-game Telltale lainnya. Tapi, jika memang akan dibuat berseri, saya berharap sih Telltale menghadirkan game ini dalam format yang lebih menyenangkan (ada animasinya) dibandingkan hanya membaca teks saja.

Related Incoming Search Term: