Kesan Bermain Stardew Valley

Stardew Valley merupakan salah satu game indie yang mendapat perhatian besar di industri game beberapa waktu lalu. Beberapa hal melatarbelakanginya, seperti pembuatan hampir keseluruhan game yang dikerjakan hanya oleh satu orang selama 4 tahun hingga skor positifnya di Steam yang mencapai 98%.

Komunitas Stardew Valley juga sangat berkembang bahkan sempat mencatatkan jumlah pemain harian terbanyak di Steam, dibawah DOTA 2 dan CS:GO.

stardewvalley aknet

 

Saya adalah salah satu dari sebagian orang yang sangat tertarik pada game ini begitu dirilis, alasan utamanya karena kedekatan emosional antara game ini dengan Harvest Moon. Sejak masih jaman PSX, saya sudah menjadi pecinta setia Harvest Moon terutama Harvest Moon : Back to Nature.

Stardew Valley dengan segala elemen tambahan yang dimilikinya berhasil membuat saya bernostalgia dengan kenangan bermain Harvest Moon : Back to Nature hingga jam 12 malam padahal besok paginya harus berangkat sekolah.

Sampai artikel ini ditulis, saya baru bermain Stardew Valley selama 1 musim (28 hari)-in game atau sekitar 4 jam berdasarkan catatan di Steam. Jadi, saya tidak bisa menulis terlalu banyak hal terutama masalah event. Singkatnya, jika pernah bermain Harvest Moon : Back to Nature, Stardew Valley tidak jauh dari itu.

4

 

Karakter utama mendapat warisan sebuah lahan pertanian dari sang kakek. Tidak ada ‘deadline’ seperti Harvest Moon : Back to Nature dimana kita diberi waktu 3 tahun untuk memperbaiki pertanian. Kakek kita di Stardew Valley memberikan sepucuk surat dan meminta kita untuk membukanya ketika ‘sudah waktunya’.

Bedanya lagi, kita bisa mendekorasi sendiri bentuk dan letak setiap bangunan (kecuali rumah). Jadi, peletakkan lumbung, kandang sapi, kandang ayam, rumah kaca dan sebagainya terserah kita. Kita juga dimungkinkan membuat jalan disepanjang lahan pertanian.

3

Perbedaan lainnya ada di kegiatan menambang. Selain menambang batuan dan mineral berharga, kita juga bisa menemukan artifak yang bisa disumbangkan ke museum untuk mendapat reward. Selain itu, di tambang juga terdapat ‘monster’ (kalau boleh disebut begitu) yang menganggu kita selama menambang. Mengalahkan monster juga bisa memberikan kita item.

Dalam Stardew Valley kita juga dimungkinkan untuk melakukan crafting, resep crafting baru muncul seiring dengan meningkatkan level keahlian kita.

1

Tapi, bagian paling sulit bagi saya hingga saat ini adalah memancing. Entah karena memang sulit atau karena saya tidak memakai gamepad saat bermain, kegiatan memancing jadi terasa sangat menyulitkan.

Oke, mungkin ini agak munafik secara saya juga sempat memainkan versi bajakan dari game ini. Tapi, jika kalian yang membaca ini adalah pecinta Harvest Moon, memiliki sedikit dana (uang jajan) berlebih, belilah versi original dari game ini karena selain harganya yang sangat pantas dengan pengalaman yang bisa diberikan. Hargai juga dedikasi developernya selama 3 tahun terakhir mengembangkan game ini.

Related Incoming Search Term: