Kolaborasoe dari Endank Soekamti

Kolaborasoe adalah judul album keenam dari Endank Soekamti yang dirilis pada 2014 lalu, berisi 14 lagu yang semuanya merupakan hasil kolaborasi dengan musisi, standup comedian hingga karakter animasi. Saya ini menganggap album ini super unik, karena hasil kolaborasinya mempertahankan ciri khas lagu dan vokal aslinya tapi nuansa punk ala Endank Soekamti juga sangat kental.

Saya akan bahas beberapa lagu yang menjadi favorit saya dalam album Kolaborasoe ini

1. Luar Biasa ft. Kemal Palevi

Selain Pandji Pragiwaksono, saya tidak terlalu tau jika ada standup comedian yang terjun di dunia menyanyi. Dalam album ini,Endank Soekamti mengajak Kemal Palevi, walau mereka sendiri mengaku bahwa suara Kemal pas-pasan. Tapi, demi itu demi menambah keunikan dan keberagaman album ini.(sumber : DetikHOT).

Lagu ini menjadi yang pertama karena salah satu kalimat dalam liriknya yang sangat saya sukai,

“Buat apa uang segudang, kalau otak seperti udang …. Buat apa tampang rupawan, kalau cuma jadi pecundang…”

Selain itu, bagian intronya juga enak dipakai joget.

2. Parangtritis ft. Didi Kempot

Jujur saja, saya tidak 100% mengerti arti lirik dalam lagu ini. Walau gitu, lagu ini sangat enak didengar bagi saya, walau saya sebenarnya bukan pecinta musik campursari, tapi khusus lagu ini dalam versi ala Endank Soekamti, saya menyukainya.

Nuansa campursari dari lagu ini tidak menghilang, bahkan masih terasa sangat kental dari ketukan-ketukannya. Ini kolaborasi super apik dari dua genre musik yang “tidak nyambung”.

3. Dilema ft. Cherrybelle

Satu lagi kolaborasi super dari 2 genre musik berbeda bahkan formatnya saja kayaknya gak nyambung banget. Satunya adalah band “keras” yang digawangi abang-abang┬ásangar, sementara satunya lagi adalah girl band yang digawangi mbak-mbak yang selalu feminim. Bagaimana bisa mereka berkolaborasi dalam satu lagu???

Lagu ini menjawabnya pertanyaan itu dengan bagus. Abang-abangnya terasa masih cukup sangar walau menyanyikan lagu yang cukup galau kalau menurut saya.

4. Heavy Birthday ft. Jarwo (Animasi “Adit Sopo Jarwo”)

Bang Jarwo nyanyi bro… Kalau suka nonton “Adit Sopo Jarwo”, kalian pasti tidak terlalu asing mendengar suara Bang Jarwo yang serak-serak becek itu. Entah ini cuma saya atau memang begitu, tapi saya tidak bisa memisahkan beberapa elemen dalam lagu ini dengan lagu “Selamat Ulang Tahun” dari Jamrud.

Liriknya yang kocak, suara Bang Jarwo yang khas dan mudah diingat kayaknya bisa menjadi lagu anti-mainstream untuk perayaan ulangtahun bocah-bocah di masa mendatang.

Kesimpulan

Lagu-lagu dalam album “Kolaborasoe” merupakan kolaborasi super apik antara Endank Soekamti dengan penyanyi maupun band yang terlibat. Beberapa kolaborasi bahkan terasa menabrak pakem, siapa bilang bahwa campursari dan punk tidak bisa berada dalam satu panggung?

Satu lagi yang menarik yaitu kolaborasi mereka dengan tokoh animasi, mengingatkan saya dengan Gorillaz, band virtual terbaik di dunia. Siapa tau ini adalah awal dari Gorillaz dari Indonesia kan?

Related Incoming Search Term: