Konsumsilah Beras Merah dan Dapatkan 5 Manfaat Berikut!

Beras merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia atau bahkan sebagian besar dunia. Beras yang kemudian diolah menjadi nasi ini memang sudah terkenal sebagai makanan yang banyak mengandung nilai gizi. Beras yang sering kita konsumsi adalah beras putih. Beras yang berwarna putih ini adalah beras yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia, selain beras putih terdapat juga jenis beras lainnya, salah satunya yaitu beras merah.

Beras merah seperti halnya beras putih merupakan hasil dari tanaman padi-padian. Beras merah banyak dicari oleh masyarakat kerena banyak memiliki zat gizi baik yang tidak dimilki beras putih, meskipun rasanya “tidak seenak” beras putih.

Sesuai dengan namanya, beras ini memiliki warna yang sedikit merah kecoklatan, warna ini didapatkan karena beras merah mengandung zat yang bernama antosianin, zat yang terdapat pada lapisan terluar ini lah yang memberikan warna merah pada beras merah. Bila dibandingkan dengan beras putih, beras merah memiliki rasa yang rada hambar, dan sedikit kenyal dibandingkan dengan beras putih. Akan tetapi, beras merah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama bagi yang ingin menurunkan berat badan atau diet.

Lalu apa saja manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh?

Membantu proses penurunan berat badan

Seperti yang disingung sebelumnya, beras merah cocok dikonsumsi bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Ini dikarenakan beras merah megandung serat tinggi dan juga karbohidrat kompleks. Karbohidrat dalam beras merah akan menyuplai energi ke delam perut sehingga membuat kita tidak mudah untuk merasa lapar. Tentu ini sangat membantu dalam proses penurunan berat badan.

Menjaga system kekebalan tubuh

Dalam beras merah banyak terdapat kandungan mineral, dua diantaranya yaitu mangan dan seng. Kedua mineral ini memiliki sifat antioksidan, yaitu sifat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel dalam tubuh. Dengan terjaganya sistem kekebalan tubuh maka kita tidak akan mudah untuk terserang penyakit.

Mengatur kadar gula

Meskipun beras merah mengandung karbohidrat kompleks akan tetapi beras merah mengandung serat tinggi yang dapat memperlambat masuknya glukosa ke dalam darah. Dengan mengkonsumsi beras merah secara teratur maka kadar gula dalam darah akan terjaga. Kadar gula darah yang berlebih dapat menimbulkan penyakit diabetes, dan penyakit lainnya.

Menjaga kesehatan tulang

Di dalam beras merah juga terdapat vitamin D, dan kalsium, dimana keduanya berperan penting dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Kata orang, tulang yang sehat mencerminkan jiwa yang kuat?.

Bonus! kulit tampak lebih awet muda

Dijelaskan sebelumnya bahwa beras merah sarat akan antioksidan, selain berguna untuk menangkal radikal bebas, antioksidan juga berperan dalam menagkal kerutan, dan garis-garis halus pada kulit. Dengan demikian maka kulit kita akan tampak lebih awet muda, sudah sehat baik pula untuk penampilan.