Kini, laptop bukanlah barang yang mewah lagi. Sebab, hampir setiap orang memiliki laptop ini baik berupa versi kecil seperti notebook maupun versi konvensional berupa komputer.

Apapun bentuknya, pada dasarnya laptop ini digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari urusan pendidikan, pekerjaan, bahkan multimedia maupun game.

Laptop ASUS Gaming Terbaik & Tips Memilih Laptop Gaming Tepat 2

Nah, berbicara mengenai game, tentunya tidak sembarang laptop mumpuni untuk dapat memainkannya. Pasalnya, Anda harus memilih jenis laptop yang memiliki spesifikasi tepat.

Salah satu rekomendasi merek laptop yang dapat Anda pilih yaitu Asus. Sebagai salah satu vendor teknologi populer, Asus memiliki berbagai varian produk yang beragam termasuk sektor gaming.

Tahukah Anda, pada tahun 2006 lalu, Asus mengeluarkan produk laptop Asus gaming bernama ROG atau Republic of Gamers.

Bukan tanpa alasan, Asus ROG ini menawarkan berbagai fitur maupun spesifikasi dari kelas premium serta harga yang kompetitif. Tak heran, dalam pangsa pasar tingkat dunia, Asus Republic of Gamers ini telah menguasai sebesar 64,2%.

Namun, besarnya minat pasar tersebut tidak membuatnya lengah dan tetap semangat untuk menjadi salah satu produk laptop gaming nomor 1 di dunia.

Beberapa produk laptop gaming yang baru saja dikeluarkan seperti TUF atau The Ultimate Force. Laptop Asus gaming versi TUF ini dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumennya sehingga spesifikasinya lebih canggih namun dibanderol dengan harga yang murah.

Ada yang bilang, laptop Asus TUF ini dikenal sebagai hasil evoluasi laptop gaming milik Asus seri FX.

Panduan Dasar Memilih Laptop Khusus Gaming

Beragamnya produk laptop yang beredar di pasaran, pasti membuat calon konsumen kebingungan memilih produk laptop yang diinginkan. Apalagi jika budget yang tersedia memang terbatas.

Nah, daripada bingung, berikut ini kami sampaikan beberapa panduan dasar dalam memilih laptop khusus gaming terbaik sehingga tidak berakhir penyesalan. Simak baik-baik ya!

Memilih Prosesor yang Tepat

Ketahuilah, tipe laptop yang dibutuhkan oleh para gamers sebenarnya berbeda. Hal tersebut tergantung oleh spesifikasi dari game yang akan dimainkan.

Semakin berat dan besar memorinya, maka laptop yang dibutuhkan juga harus memiliki spesifikasi yang sesuai. Dan yang lebih penting, semakin canggih laptop tersebut maka akan semakin mahal pula harga yang dipasang.

Salah satu panduan yang perlu Anda perhatikan saat memilih laptop khusus gaming adalah tipe prosesor yang tepat. Untuk keperluan gaming, ada baiknya laptop tersebut memiliki prosesor dengan kekuatan yang kencang.

Sebagai dasar patokannya, laptop gaming biasanya memiliki minimal 4 core dan boleh lebih banyak. Sedangkan kecepatannya pastikan lebih besar dari 3.5 GHz.

Kapasitas RAM yang Besar

Selain tipe prosesor, kelancaran dari permainan game ditentukan oleh kapasitas RAM yang disematkan. Usahakan untuk memilih kapasitas RAM yang kompatibel untuk bekerja secara multitasking.

Maka, disarankan untuk memilih ukuran RAM dengan lebih besar dari 4 GB sehingga permainana dapat berjalan lebih maksimal.

Storage yang Besar

Penyimpanan laptop yang besar sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya gaming. Dari hasil pengamatan, tipe storage yang disarankan untuk bermain gaming adalah SSD.

Namun, jenis HDD juga sebenarnya sudah cukup bagus asalkan kecepatan RPM-nya tinggi.

Layar yang Lebar

Setelah spesifikasi dari laptop yang Anda gunakan untuk gaming sudah mumpuni, tentu akan lebih puas jika laptop tersebut memiliki layar yang lebar. Tak hanya itu, pastikan pula layar laptop tersebut memiliki resolusi yang tinggi, gerakan objek yang cepat, serta refresh rate yang tinggi.

VGA Gaming

Khusus keperluan gaming, sebaiknya pilih kartu grafis yang tepat yaitu NVIDIA Geforce atau bisa juga AMD Radeon. Tentunya, semakin tinggi spesifikasi dari kartu grafis tersebut, maka kualitas grafis berupa gambar akan lebih bagus

Nah, itulah beberapa panduan dasar dalam memilih laptop khusus untuk gaming. Ada baiknya juga Anda terapkan saat memilih seri laptop Asus gaming yang diinginkan seperti ROG.

Anda juga bisa memilih seri TUF jika budget terbatas. Beberapa harga laptop Asus ROG yaitu 35 juta rupiah untuk seri ASUS ROG Zephyrus GX531GM-I7614T [90NR0101-M00180], 51 juta rupiah untuk seri ASUS ROG Zephyrus GX501GI-EI035T [90NR00A1-M91979], dan seri ASUS gaming lainnya.

Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi situs belanja produk laptop terpercaya di Bhinneka.com untuk cek ASUS ROG Bhinneka.

Author

Blogger paruh waktu yang sedang banyak belajar tentang SEO dan Digital Marketing. Kadang menulis cerita bertema science-fiction dan historical-fiction.

Write A Comment