Latah Bikin VLOG

Sekitar awal tahun 2016, entah siapa yang benar-benar memulai, tapi banyak selebritis yang mulai membuat video log (vlog) seputar kehidupan keseharian mereka. Mungkin yang paling rajin dan bisa dikatakan paling banyak ditonton adalah vlog yang dibuat oleh Raditya Dika. Tapi, selain dia, ada banyak selebritis lain yang mulai rajin mengunggah vlog ke Youtube.

Tapi, sebenarnya kenapa sih mereka buat vlog? Apakah cuma para selebritis yang bisa dan boleh buat vlog?

Pertama, saya akan berusaha menjawab pertanyaan, kenapa para selebritis sekarang banyak yang latah bikin vlog. Ada beberapa alasan yang melintas dalam pikiran saya.

Kenapa Selebritis bikinVLOG?

“Lebih Dekat” dengan Penggemar

Jarak antara idola dan penggemar sekarang ini sudah semakin dekat berkat bantuan teknologi. Penggemar tidak lagi puas dengan sekedar minta tanda tangan, berfoto bersama dan menonton aksi idolanya. Mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang kehidupan para idolanya. Penggemar tentu ingin tahu apa kegiatan idolanya saat pagi hari, apa yang mereka lakukan dan sebagainya.

Beberapa orang mungkin tidak terlalu masalah jika penggemar mengetahui segala kegiatan mereka, tapi memang ada beberapa orang yang menjaga privasinya dengan lebih rahasia.

Berbagi Pandangan & Ilmu

Vlog bukan sekedar rekaman seseorang yang berbicara tentang dirinya dan apa yang dia lakukan seharian. Beberapa vlog bahkan berisi sesuatu yang lebih menarik, misalnya pandangan seseorang terhadap sesuatu. Salah satu contohnya adalah seri vlog #MIKIR yang dibuat oleh Pandji Pragiwaksono di situs vidio.com. Pandji lebih banyak berbagi seputar pandangannya dalam vlog tersebut.

Atau ada beberapa vlog dari selebriti perempuan yang berisi tutorial seputar make up dan berbusana yang tentunya sangat bermanfaat bagi siapapun di luar sana yang ingin tampil secantik selebritis.

youtube

Pemasukan Tambahan

Di kalangan selebritis yang sudah terkenal, alasan yang satu ini mungkin sangat jarang karena rata-rata akun Youtube pribadi mereka sengaja dibuat bebas iklan demi kenyamanan penggemar dan penontonnya. Tapi, pada beberapa kasus selebritis yang berasal dari sosial media (seleb sebatas di Intagram atau Twitter), vlog di Youtube yang ditambahkan sedikit pemanis berupa iklan bisa menjadi pemasukan tambahan yang menggiurkan.

Belum lagi, jika vlog mereka ditonton oleh banyak orang, personal branding mereka akan semakin kuat dan tentunya akan menjadi semacam magnet uang. Taukah kamu bahwa konten berupa video dibayar hingga 10x lipat dibanding konten berupa tulisan? 🙂

Bolehkah SAYA, orang biasa dan bukan siapa-siapa bikin VLOG?

Boleh banget! Internet Indonesia itu masih tergolong sepi banget dari segi konten, dan kita perlu mengisinya dengan berbagai konten menarik dan mendidik agar lebih ramai. Di Indonesia, mungkin baru awal tahun ini vlog menjadi terkenal, tapi di luar negeri sana, mungkin sejak 2010 atau 2012 lalu, banyak sekali blogger yang mulai membuat konten berupa video untuk memperluas segmen pengikutnya.

Dua alasan dari pertanyaan pertama diatas bisa menjadi alasan kamu untuk mulai membuat vlog. Ditambah fakta dan data bahwa 2016 ini diprediksi bahwa konten visual seperti gambar dan video akan semakin menguasai internet (baca : Prediksi Trend SEO 2016).

Oke, selamat bikin vlog!