Masalah TWRP & SuperUser di OnePlus One

Jadi ceritanya, OnePlus One milik saya sudah mengganti ROM dari bawaannya yaitu Cyanogen menjadi OxygenOS beberapa bulan lalu. Saat melakukan pindah OS tersebut, saya juga melakukan unlock bootloader dan rooting. Semuanya berjalan baik-baik saja hingga beberapa hari yang lalu.

Pertengahan Oktober 2016, One saya tidak bisa mendeteksi simcard dan mengalami overheat selama beberapa hari. Yang paling saya takuti sih ada masalah dengan hardware-nya, tapi saya berusaha tetap positif dan ingin mencoba melakukan “perbaikan” dengan cara mengganti OxygenOS dengan custom ROM lain yang untuk melihat perbedaannya.

Pilihan saya jatuh pada Paranoid Android 6.0.1, menginstall custom ROM bukanlah hal yang asing bagi saya karena sebelumnya saya sudah sering gonta-ganti ROM menggunakan Samsung Galaxy Ace yang dulu saya pakai. Karena sebelumnya sudah pernah menginstall custom recovery yaitu TWRP, jadi saya tidak kesulitan untuk melakukan install custom ROM ini.

Masuk ke TWRP, install custom ROM, install G Apps (versi nano) dan menunggu prosesnya selesai. Saat proses selesai, TWRP menawarkan apakah saya ingin melakukan rooting dengan menginstall SuperUser (SU), tentu saja. Rugi dong kalau sudah kuliah jurusan komputer, bawa ponsel berOS Android tapi tidak pernah diutak-atik. Dan selanjutnya, saya melakukan hal yang sia-sia, yaitu menunggu.

Mengingat bahwa sewaktu pindah dari Cyanogen ke OxygenOS beberapa bulan lalu, One saya juga stuck cukup lama di booting animation, jadi saya rasa wajar kalau kali ini juga begitu. Ternyata, hingga 2 jam lebih saya pergi, proses tersebut belum selesai dan saya sadar ada yang tidak beres.

Hal selanjutnya yang coba saya lakukan adalah mengulang proses tersebut namun tidak melakukan rooting. Dan… One saya menjalankan Paranoid Android dengan baik-baik saja.

Hari ini, saya mencoba menginstall SuperUser (SU) bukan dari yang ditawarkan TWRP, tapi dengan cara menginstall manual dari file zip yang ada di storage OnePlus One. Saat instalasi ini, terdapat beberapa kalimat yang kalau tidak salah berbunyi seperti ini,

“Jangan menginstall SuperUser (SU) dari TWRP (yang ditawarkan TWRP -red), karena mungkin akan terjadi stuck di booting…”

Sebenarnya ada tulisan-tulisan lain seputar hal ini, tapi saya tidak begitu mengingatnya. Benar saja, dengan metode manual ini, One saya ter-rooting dengan baik dan benar tanpa harus mengalami stuck di booting animation. Jadi, kesimpulannya, jika ingin melakukan root menggunakan custom recovery TWRP, instal-lah SuperUser (SU) secara manual dan jangan gunakan SU yang ditawarkan TWRP. Saya tidak tau apakah masalah ini hanya berlaku pada OnePlus One atau device lain, semoga bisa membantu.