Hampir 10 tahun sejak perilisan Borderlands pertama, akhirnya ada kejelasan tentang sekuel terbarunya yaitu Borderlands 3. Untuk yang tidak mengikuti serinya, seri Borderlands “seharusnya” punya urutan seperti ini:

  1. Borderlands
  2. Borderlands Pre-Sequel
  3. Borderlands 2
  4. Tales of the Borderlands (TellTale)
  5. Borderlands 3

Nah, lucunya, Borderlands Pre-Sequel justru dirilis setelah Borderlands 2, entah karena kesuksesan besar dari Borderlands 2 atau karena itulah rencana Gearbox Software dan 2K sejak awal.

Trailer Borderlands 3

Ulasan Developer Trailer Borderlands 3

Karakter-Karakter Favorit yang Kembali

Membedah Trailer Borderlands 3 2

Borderlands serasa tidak pernah meninggalkan karakternya begitu saja, hampir di semua game-nya selalu memunculkan karakter dari seri sebelumnya. Borderlands 3 pun melakukan hal yang sama.

Karakter seperti Lilith, Brick, Mordecai, Zer0, Tiny Tina, Maya, Marcus dan Claptrap sudah terlihat jelas di trailer dan sepertinya akan menjadi bagian dari cerita.

Bahkan karakter seperti Rhys dan Vaughn (belum yakin) dari Tales of the Borderlands juga dimunculkan dalam trailer gamenya.

Saya pribadi punya dua karakter yang saya harapkan bisa muncul dalam game ini yaitu Handsome Jack (karakter antagonis utama dalam Bordelands 2) dan Moxxi.

DUA Antagonis Utama

Membedah Trailer Borderlands 3 3

Sejak Borderlands pertama, antagonis utama biasanya cuma satu, seperti Crimson Steel, Handsome Jack dan Zarpedon. Pada Borderlands 3 ada dua bersaudara (belum yakin) Tyreen Calypso dan Troy Calypso.

Tyreen adalah satu dari enam Sirens, wanita dengan kekuatan mistik yang luar biasa, ditandai dengan tattoo di bagian lengan mereka. Anehnya, Troy juga memiliki tattoo yang mirip dengan para Sirens. Sementara, kekuatan Sirens harusnya hanya dimiliki oleh wanita.

Dibelakang Tyreen dan Troy ada kelompok Children of the Vault, sebuah cult yang ‘memuja’ Vault yang ada di Pandora. Entah dengan tujuan membuka semua vault atau menjaga semua vault agar tidak terbuka.

Kemungkinan Berkunjung ke Promethea

Membedah Trailer Borderlands 3 4

Borderlands pertama dan kedua mengambil latar tempat di planet Pandora sementara Borderlands Pre-Sequel sebagian besar di Elpis, bulan dari Pandora.

Banyak yang berharap jika seri-seri berikutnya dari Borderlands bisa mengunjungi planet-planet lain mengingat ada hampir 20 planet yang pernah disebutkan dalam seri ini.

Tapi, salah satu yang paling menarik adalah Promethea, planet ini adalah tempat dimana perusahaan Atlas menemukan teknologi alien pertama kali dan melakukan reverse engineering pada teknologi tersebut.

Atlas juga memberikan propaganda besar-besaran untuk tidak mengunjungi Promtehea di seri sebelumnya, tapi mengingat Rhys (karakter utama Tales of the Borderlands) adalah CEO Atlas saat ini, bisa saja ada sesuatu yang berubah.

Promethea juga semakin menarik karena pada PAX East 2016 lalu, Gearbox Software memberikan easter egg pada DLC untuk Battleborn mengenai planet ini, salah satunya adalah lima buah pesan rahasia yaitu:

  1. Visit Promethea
  2. Children of the Vault
  3. We are not on Pandora anymore
  4. Tannis is not what she seems
  5. Do not open the Vaults

Sedikit Detail “Jalan Cerita”

Membedah Trailer Borderlands 3 5

Di awal trailer terlihat Lilith masih memiliki tattoo yang menandakan bahwa dia merupakan seorang Sirens, bahkan beberapa detik kemudian terlihat dia masih menggunakan kekuatannya.

Namun, tidak lama, terlihat Lilith dengan sebuah Vault Key di dekatnya kehilangan tattoo di bagian lengan dan dadanya, terlihat juga Tyreen dan Troy ada di belakang Lilith.

Apakah mungkin Lilith akan kehilangan kekuatan Sirensnya atau Children of the Vault punya teknologi/kemampuan untuk mengambil kekuatan Sirens?

Mengingat hanya bisa ada enam Sirens di waktu bersamaan, menarik jika kita melihat apakah ini semua ada hubungannya dengan salah satu Vault.

Satu MILYAR Senjata

Membedah Trailer Borderlands 3 6

Borderlands 2 memecahkan rekor dunia dengan (kemungkinan) memiliki lebih dari 17.75 juta senjata yang berbeda. Hal ini dimungkinkan karena Borderlands menggunakan sistem prodecural generation untuk senjata dan juga loot.

Untuk Borderlands 3, Gearbox Software mengklaim bahwa jumlah senjata yang ada di game mereka bisa mencapai lebih dari satu milyar senjata yang berbeda.

Jumlah yang besar kan? Sayangnya, hal tersebut belum punya pengaruh yang besar pada game secara keseluruhan, terutama di mode single player.

Semoga di game terbarunya, Borderlands memperbaiki cara ‘mengacak’ senjata sehingga ini muncul senjata-senjata yang jauh lebih unik dari sebelumnya.

Harapan untuk Borderlands 3

(Semoga) Berganti Formula

Membedah Trailer Borderlands 3 7

Forluma cerita dari seri Borderlands cenderung monoton sejak game Borderlands pertama. Vault Hunter datang karena mendengar ‘harta karun’ yang ada di dalam Vault.

Mereka kemudian ‘dipandu’ oleh satu karakter, misalnya Angel di Borderlands 2 dan Handsome Jack di Borderlands Pre-Sequel.

Menjelang akhir cerita, mereka akan mengetahui lebih banyak cerita dan latar belakang mengenai karakter yang ‘memandu’ para Vault Hunter ini.

Di akhir, pertarungan adalah melawan ‘isi’ dari Vault itu sendiri yang dalam beberapa seri Borderlands terakhir termasuk Tales of the Borderlands berisi monster penjaga.

Jika Borderlands 3 tidak melakukan sesuatu pada formula yang agak usang dan monoton ini, maka saya agak khawatir dengan nasib seri selanjutnya.

Walau harus diakui, beberapa side quest di seri Borderlands memang sangat sulit dilupakan.

Tapi, game yang bagus, tidak dihitung dari seberapa banyak dan bagus side questnya, tapi seberapa side quest tersebut memberikan sesuatu yang bernilai bagi main quest, baik dari segi cerita bahkan mungkin loot.

Multiplayer yang Lebih Asik

Membedah Trailer Borderlands 3 8

Seri Borderlands bukanlah military-simulation seperti seri COD, Ghost Recon atau Battlefield. FPS ini memang dibuat lebih untuk bersenang-senang, inilah mengapa saya pribadi suka bahwa seri ini tidak mengambil pendekatan karakter realistik yang akan cepat usang.

Tapi, semoga Borderlands 3 ini tidak hanya membawa game baru, tapi juga memoles multiplayer secara lebih baik. Misalnya menghadirkan kemampuan untuk bermain secara split screen, mengingat jumlah karakternya yang dipastikan mencapai empat karakter.

Mode online multiplayer (walau tidak usah diutamakan) juga tidak ada salahnya untuk dipoles, menghadirkan mode-mode seperti death match atau boss raid tentu akan membuat game ini hidup lebih lama.


Author

Blogger paruh waktu yang sedang banyak belajar tentang SEO dan Digital Marketing. Kadang menulis cerita bertema science-fiction dan historical-fiction.

Write A Comment