Memilih E-Commerce Sesuai Perilaku Belanja

Di Indonesia saat ini sedang “digempur” oleh e-commerce, baik yang berasal dari dalam negeri atau e-commerce luar yang berekspansi ke Indonesia. Tidak mengherankan sih karena menurut data terbaru dari Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 50% dari total penduduk, tepatnya 132,7 juta dari 256,2 juta.

Jadi sudah jelas bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial untuk toko online untuk berjualan. Sekarang, pengguna internet indonesia atau para calon pembeli harus jeli, teliti dan bijak dalam memilih e-commerce untuk berbelanja online. Salah satu cara memilihnya adalah menyesuaikan dengan perilaku belanja masing-masing individu.

Berikut ini cara memilih e-commerce sesuai perilaku belanja

Pilih Sesuai Budget

Ada dua perilaku belanja seseorang berdasarkan budget, yaitu mereka yang memilih untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu kemudian membeli barang ketika uang sudah terkumpul dan mereka yang memilih membeli dengan mencicil.

Untuk orang yang memilih membeli setelah uang terkumpul biasanya hanya perlu sering-sering memantau harga barang jika tiba-tiba ada kenaikan harga atau diskon. Namun, untuk orang yang memilih berbelanja dengan cara mencicil, tentu pilihlah e-commerce yang menawarkan program cicilan dengan bunga serendah mungkin bahkan 0% seperti BliBli.com

Pilih Sesuai Kebiasaan Belanja

Apakah Anda adalah orang yang berbelanja sesuai keinginan atau seorang discount hunter? Jika merupakan tipe orang yang berbelanja sesuai keinginan, mungkin tidak masalah dengan harga. Karena orang yang bisa berbelanja sesuai keinginannya biasanya tidak akan terlalu masalah dengan harga.

Nah, bagi Anda yang seorang discount hunter, pasti dong menginginkan barang-barang yang sudah diinginkan namun dengan harga yang lebih murah. Apalagi jika bisa mendapatkan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia, sudah terbayang berapa biaya yang bisa dihemat. Nah, salah satu e-commerce yang menawarkan keduanya, ya BliBli.com, selain sering mengadakan promo, discount hingga flash sale, juga gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Pilih Sesuai Intensitas Belanja

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak orang yang lebih memilih untuk belanja di toko online dibandingkan ke pusat perbelanjaan karena berbagai alasan. Nah, jika Anda adalah tipe yang masih lebih sering belanja secara offline, mungkin tidak ada masalah ketika sesekali belanja online.

Sementara, bagi Anda yang sering belanja secara online, pasti pernah terpikir untuk setidaknya mendapatkan reward karena intensitas belanja Anda. BliBli.com menawarkan sistem reward berupa poin untuk setiap kali transaksi dan nantinya bisa ditukarkan dengan voucer belanja hingga mendapat akses early bird dari sebuah produk baru.

Sekarang, silakan pilih Anda termasuk tipe pembeli yang mana dan sesuaikan tipe tersebut dengan e-commerce yang ada.