Modal Awal Bisnis Jual-Beli Blog

Oke, sekarang waktunya bahas-bahas masalah blog lagi. Entah kenapa, saya lagi pengen banyak nulis hari ini. Jadi, kita bahas tentang bisnis jual-beli web/blog, terutama soal modal awalnya.

Saya sendiri menghabiskan hampir 5 juta rupiah saat pertama kali terjun di bisnis ini, kok banyak banget? Ya, karena saya keras kepala untuk belajar sendiri, jadi modal awal lebih banyak habis untuk keperluan trial-error saya.

Tapi, tenang, saya adalah orang yang jahat. Jadi, saya tidak akan berbagi bagaimana cara yang tepat untuk memulai bisnis jual-beli blog.

Pertama : Ngerti Koding Dikit dan SEO

Sesusah apapun kamu memandang koding, kalau mau memulai bisnis jual-beli blog, setidaknya mengertilah sedikit tentang koding. HTML, PHP dan Java adalah beberapa yang harus kamu tau.

Kamu tidak perlu mengerti sampai ke akar-akarnya, cukup koding yang sering digunakan dalam perbloggeran saja. Belajarnya dimana? Google bisa. Beli bukunya bisa. Atau tanya temen-temen yang ngerti.

Kamu juga perlu belajar SEO, tidak perlu beli buku segala. Cukup banyak baca artikel tentang SEO dari blog-blog yang kamu temukan lewat Google.

Keperluan Uang : Rp. 0

Kedua : Riset Keyword di Kepala

Sampai saat ini, saya sebenarnya sudah mengerti dasar-dasar dalam melakukan riset keyword. Tapi, saya jauh lebih bahagia untuk melakukan riset keyword di kepala saya.

Apa yang akan kamu ketikan ketika ingin mencari informasi di Google?

Saya lebih menyarankan kamu untuk membuat blog dengan tema yang memang kamu sukai. Karena nanti kamu akan menulis sendiri. Tapi, kalau kamu akan menggunakan jasa penulis, kamu boleh memilih tema berharga mahal misalnya teknologi, berita, olahraga atau otomotif.

Keperluan Uang : Rp. 0 


 

Ketiga : Beli Domain

Ini bagian pertama dimana kamu akan menemukan kata “Beli”, belilah sebuah domain untuk memulai semuanya. Pilih domain yang mengandung kata kunci, misalnya blog kamu akan bertema teknologi, coba deh teknonews.com, teknoindo.com, teknologika.com atau yang lain.

Use your creativity!

Saya pribadi menyarankan kamu untuk membeli domain dari registar luar negeri, seperti GoDaddy. Kalau kamu tidak punya kartu kredit atau PayPal. Bisa memanfaatkan Calo Broker. Tapi, registar dalam negeri juga tidak ada salahnya kok untuk memulai.

Keperluan Uang : Rp. 120.000 – Rp. 200.000

Keempat : Beli Hosting

Kalau kamu memilih untuk menjual blog berbasis blogspot, kamu tidak memerlukan hosting. Sayangnya, harga blog berbasis blogspot kadang lebih murah dari yang berbasis WordPress Self-Hosting.

Hosting yang bagus sebenarnya ada banyak, tapi saya sendiri merekomendasikan JetOrbit, bukan karena harganya yang lebih murah, tapi karena kualitas pelayanannya yang cukup memuaskan dan siap membantu setiap problem pelanggannya.

Kalau kemampuan Bahasa Inggrismu memadai, kamu sangat boleh menyewa hosting dari luar negeri seperti Hostgator dan Hawkhost. Support dan kualitas mereka sudah tidak diragukan lagi.

Keperluan Uang : Rp. 90.000 – Rp. 500.000

Kelima : Beli Theme

Walau terkesan tidak penting, tapi theme bisa menjadi nilai tambah bagi blog yang akan kamu jual. Pilihlah theme yang ringan, tidak memakan banyak resource hosting, tampilannya bagus, sudah dioptimasi dengan teknik SEO serta boleh dijual bersama website (flipping).

Kamu boleh memilih theme-theme dari Kentooz sebagai permulaan, disana ada beberapa theme yang bagus dengan harga lumayan murah.

Kalau punya biaya lebih, ada baiknya membeli dari ThemeForest.

Keperluan Uang : Rp. 150.000 – Rp. 600.000

Keenam : Penulisan Artikel

Oke, sekarang kamu sudah punya sebuah blog hasil rakitan. Bisa langsung dijual? Bisa! Asalkan blogmu sudah memiliki 10.000 pengunjung dalam semalam. Kalau belum, maka tidak akan laku dijual. Sekarang waktunya mengisi blogmu dengan artikel.

Kalau mau hemat, bisa tulis sendiri artikel di blogmu. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 1 sehari sepanjang minimal 350 kata saja, selama 30 hari terus menerus. Ingat! Ini blog yang akan dijual, jadi jangan menulis hal-hal seperti curhatan di blog ini.

Kalau malas menulis, kamu harus mengeluarkan sedikit modal. Jasa penulis artikel yang paling murah yang pernah saya lihat adalah Rp. 100.000/ 30 artikel.

Keperluan Uang : Rp.100.000 – Rp. 1.200.000


Sekarang waktunya berhitung :

Biaya minimal untuk memulai bisnis jual-beli blog:

Pemahaman koding, SEO dan SMO : Rp. 0

Riset Keyword : Rp. 0

Beli domain : Rp. 120.000

Beli hosting : Rp. 90.000

Beli Theme : Rp. 150.000

Artikel : Rp. 0

Total : Rp. 360.000

Banyak ya? Iya!

Tapi, bagaimana kalau saya beritahu jika hosting dan theme adalah modal yang hanya perlu dikeluarkan sekali saja. Ya, kamu tidak perlu membeli hosting dan theme setiap ingin membuat web/blog baru. Hosting mungkin memerlukan biaya hanya setahun sekali, sementara theme, benar-benar sekali bayar saja.

So, jika ingin membuat web baru, kamu cuma perlu beli domain. Oh iya, agar bisa beli domain/hosting/theme dengan harga murah, ingatlah untuk selalu memanfaatkan diskon yang biasanya hadir di setiap perayaan hari besar.

Related Incoming Search Term: