NaNoWriMo 2014

National Novel Writing Month (NaNoWriMo) adalah acara tahunan setiap bulan November dimana para penulis (atau calon penulis) dari seluruh dunia berusaha menyelesaikan tantangan menyelesaikan sebuah novel sepanjang 50.000 kata / 175 halaman dalam 1 bulan (30 hari).

Tahun lalu, saya sudah mengikuti tantangan ini namun gagal karena berhenti di tengah jalan. Maka, tahun ini saya akan berusaha menyelesaikannya.

nanowrimo-logo

Dalam NaNoWriMo, yang paling penting adalah jumlah kata (kuantitas) bukan luar biasanya cerita yang ditulis (kualitas). Ini akan membuat para penulis menulis dengan mengalir saja tanpa melakukan editing yang bisa saja memperlambat.

NaNoWriMo memberikan kesempatan pada para penulis untuk melakukan kesalahan tanpa harus menyunting. Ini menantang para penulis untuk “membangun tanpa meruntuhkan“, jadi terus membangun hingga ke puncak dan menyelesaikannya.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bagaimana menyelesaikan sebuah novel sepanjang 50.000 kata dalam 30 hari?


 

1. Buat outline terlebih dahulu

Outline akan membantu calon novelmu berjalan lurus tanpa meliku kesana-kesini lagi. Sayangnya, outline bisa membatasi imajinasimu, dan sekali outline berantakan karena kamu berusaha berimprovisasi, maka ini akan memusingkan.

Outline itu sederhana saja, pertama tentukan genrenya, tentukan premis (kesimpulan), buat pembukaan, buat ending cerita, tentukan karakter beserta karakternya, terakhir buat plot untuk setiap bab. Done.

nanowrimo


2. Tulis 1.667 kata per hari

Untuk menyelesaikan 50.000 kata dalam 30 hari, maka tulislah 1.667 kata per harinya. Maka, setelah 30 hari, akan menghasilkan 50.010 kata dan itu sudah cukup untuk menyelesaikan tantangan ini.

Kebanyakan penulis biasanya akan sangat bersemangat diawal NaNoWriMo hingga bisa menulis 5000-7000 kata dalam sehari. Namun, dipertengahan mereka akan kehilangan konsistensi dan berakhir dengan kegagalan. *seperti saya


 

3. Banyak membaca di Oktober

Oktober dikenal sebagai NaNoPlaMo (National Novel Planing Month) atau bulan untuk merencanakan novel sebelum NaNoWriMo datang. Selain membuat outline novel, banyaklah juga membaca untuk menambah pembendaharaan kata serta menambah inspirasi.

Jangan hanya membaca buku dengan genre sesuai novelmu, tapi baca segala jenis genre bahkan koran dan majalah bisa menjadi sumber yang menarik.

Terakhir, NaNoWriMo adalah tantangan tanpa hadiah selain kepuasan dan rasa bangga bisa menyelesaikannya.