Nikmatnya Belanja Online

Sejak diberikan rekening pribadi sekitar 2 tahun lalu, saya jadi cenderung sering melakukan transaksi (belanja) online. Baik untuk kebutuhan sebagai blogger seperti domain, hosting, theme dan sebagainya maupun kebutuhan sebagai seorang anak muda (cie…anak muda?!).

Beberapa orang yang saya kenal masih agak anti dengan belanja online karena masih ragu dengan keamanan transaksinya. Jelas saja, beberapa tahun lalu memang belanja online masih sangat rawan, sebelum adanya sistem seperti sekarang dimana keamanan dan kenyamanan pembeli (dan penjual) sangat diutamakan.

Saya sendiri memang belum pernah terkena masalah ketika bertransaksi online, kecuali beberapa kali mendapat barang yang tidak sebaik perkiraan saya. Tapi, ada beberapa alasan kenapa saya menikmati belanja online :

Males capek

Sip, inilah alasan paling utama. Saya benci belanja, atau lebih tepatnya belanja di pasar atau pusat perbelanjaan. Saya risih ketika harus berdesak-desakan dengan orang lain, malas berdiri lama untuk memilih-milih dan malas antri ketika membayar. Intinya, saya adalah pemalas yang suka jalan yang lebih praktis.

Belanja online memungkinkan saya untuk hanya duduk di rumah dan memilih, melakukan pembayaran online kemudian tinggal menunggu pesanan dikirimkan oleh kurir.

Gampang Pindah-Pindah

Masih berhubungan dengan poin pertama. Beberapa pusat perbelanjaan biasanya memisahkan barang yang dijual berdasarkan lantai, ya mungkin kalau tempatnya memang bagus dan harga bersaing sih tidak masalah. Tapi, terjadi masalah ketika harus belanja ini di satu tempat lalu pindah untuk belanja itu di tempat lain.

Dengan belanja online, saya hanya perlu duduk di depan laptop atau bahkan dari smartphone. Jika tidak menemukan barang yang diinginkan di toko online yang satu, bisa pindah ke toko online lain tanpa membakar banyak kalori.

Banyak “Celah” Berhemat

Banyak yang mengira bahwa belanja online itu lebih mahal daripada belanja biasa. Tidak sepenuhnya salah sih, tapi tidak benar juga. Banyak sekali “celah” untuk berhemat ketika kita belanja online. Pertama, dengan melihat katalog online (belum membeli) saja, kita sudah menghemat ongkos transportasi dan tenaga untuk melihat katalog di beberapa toko sekaligus. Ya, memang tapi masih ada biaya listrik dan data yang harus dibayar.

Kedua, beberapa toko online biasanya sering melakukan diskon, cash back, free ongkir, flash deal atau penawaran-penawaran lain yang bisa dimanfaatkan untuk berhemat. Belum lagi sekarang beberapa penyedia pembayaran online biasanya bekerja sama dengan toko online besar untuk melaksanakan berbagai promo yang bisa sangat menarik bagi pembeli.

Nah, dengan beberapa kenikmatan yang dimiliki belanja online diatas. Tentu tidak heran kalau belakangan ini saya jadi sering membeli barang-barang yang “sulit” ditemukan di tempat belanja terdekat dan memilih membelinya secara online saja.