OnePlus One dan Android Pie

OnePlus One pertama kali diliris pada 2014 lalu menggunakan Cyanogen 11 yang berbasis Android 4.4 (KitKat). Update resmi terakhir yang didapat adalah Cyanogen 13 yang berbasis Android 6.0 (Marshmallow). Mendapat dua kali update OS resmi merupakan sesuatu yang wajar bagi sebuah smartphone Android, tapi hal ini tentu masih kalah jauh dibandingkan produk-produk Apple yang bisa mendapat update resmi hingga 5 tahun (5 update major).

Tapi, keuntungan dari Android adalah sifatnya yang Open-Source. Pada akhirnya siapapun yang memiliki kemampuan dan kemauan, diperbolehkan ‘membuat’ Android versi mereka sendiri. Karena itulah, Custom ROM adalah sesuatu yang sangat lumrah bagi para pengguna Android.

Bicara tentang OnePlus One dan Custom ROM. OnePlus One sampai hari ini (Agustus 2018) mendapat update ‘resmi’ dari LineageOS (penerus dari CyanogenMod) dengan LineageOS 15.1 yang berbasis Android 8.1 (Oreo). Selain dari LineageOS, masih ada beberapa developer lain yang mengembangkan Android 8.1 untuk OnePlus One, baik yang berbasis AOSP seperti Google Pixel maupun yang berbasis LineageOS.

Keberhasilan OnePlus One menjalankan Android 8.1 (Oreo) sebenarnya merupakan sesuatu yang cukup ‘besar’, karena Android 7 dan Android 8 memiliki arsitektur yang cukup berbeda. Beruntungnya, para developer berhasil membuat beberapa penyesuaian yang pada akhirnya memungkinkan OnePlus One (bacon) bisa menjalankan Android 8 (Oreo).

Google merilis Android 9 (Pie) secara resmi pada awal Agustus 2018. Walau terlihat cukup berbeda dengan Android 8, tapi dibalik layar, arsitektur dari Android 9 tidak jauh berbeda dengan Android 8. Hasilnya? Beberapa developer yang tergabung dalam “Potato Open Sauce Project” atau POSP sudah mampu merilis POSP v2.0 (Beta) yang berbasis Android 9 (Pie) untuk OnePlus One hanya dua minggu setelah perilisan resmi Android Pie untuk Google Pixel.

Berbeda dengan Android 8 (Oreo) yang butuh waktu lebih lama untuk sampai di OnePlue One, Pie muncul dalam waktu yang cukup cepat karena memiliki arsitektur yang mirip dengan versi sebelumnya. Hebatnya lagi, POSP v2.0 (Beta) yang dirilis sudah berjalan dengan ‘lumayan’ mulus dan hampir semua fiturnya sudah berjalan, walau beberapa fitur seperti GPS masih perlu optimalisasi.

Jadi, kesimpulan dari tulisan ini? Tidak ada sih, cuma ingin mengabarkan bahwa ‘sang legenda’ OnePlus One sudah ‘hidup’ selama 5 generasi Android, mungkin bukan device pertama yang melakukannya, tapi merupakan salah satu yang terbaik.