Pengalaman Memesan Jaket Custom di IWEARZULE

Menjadi orang dengan ukuran badan ‘istimewa’ seperti saya terkadang berujung masalah ketika harus berhubungan dengan pakaian. Setidaknya, tinggal di Bali membuat saya lebih mudah menemukan pakaian berukuran lebih besar karena banyak toko di daerah Kuta yang menyediakan pakaian ‘ukuran bule’ yang biasanya memang lebih besar dari size lokal.

Tapi, tidak jarang saya memilih untuk membuat sendiri pakaian yang diinginkan. Bukan dalam arti benar-benar memotong kain dan menjahit sendiri, tapi saya datang ke penjahit untuk membuat pakaian yang diinginkan.

Beberapa minggu lalu, saya mencoba sesuatu yang baru, yaitu membuat jaket custom dimana saya tidak bertemu langsung dengan penjahitnya melalui IWEARZULE. Saya sudah mengetahui tentang IWEARZULE cukup lama, bukan dari TV atau iklan-iklan di internet, tapi dari berita-berita startup beberapa tahun lalu.

Awalnya sih, saya cuma ingin membuat jaket biasa berbahan fleece dengan tambahan hoodie. Tapi, saya tertarik melihat model jaket dari IWEARZULE bernama Ezio. Jaket ini dipromosikan memiliki 12 fungsi tambahan selain sebuah jaket, termasuk built-in hand gloves dan detachable hoodie, dua fungsi yang menurut saya sangat unik dan ‘bermanfaat’ untuk saya pribadi. Akhirnya, saya memutuskan untuk memesan jaket model Ezio.

Sistem IWEARZULE memungkinkan pemesan untuk memilih warna dan ukuran sesuai keinginan mereka. Websitenya sih menunjukan bahwa warna abu dan biru tua merupakan yang menjadi best seller serta direkomendasikan, tapi saya rasa warna hitam akan lebih ‘menguntungkan’ untuk saya.

Nah, masalah muncul saat harus memasukan ukuran. IWEARZULE sebenarnya menyediakan ukuran hingga 5XL. Sayangnya, walau beberapa ukuran badan saya sama dengan size 5XL, namun tidak untuk ukuran panjang pakaian, lebar bahu, pinggul dan perut, sehingga saya harus memilih custom size. Saya sendiri sebenarnya sudah agak ragu karena harus mengukur sendiri dan tidak bertemu langsung dengan penjahitnya. Tapi, dengan alasan ‘mencoba’, saya lakukan saja.

IWEARZULE mengirimkan perkiraan pengiriman setelah saya melakukan pembayaran dan menyatakan bahwa jaket tersebut akan dikirim pada 19 Mei 2018. Okelah, telat sekalipun tidak menjadi masalah buat saya, karena saya memang tidak terlalu memerlukannya dalam waktu dekat.

Luar biasanya, mungkin karena tidak sedang full-order, jaket saya yang diperkirakan baru dikirim pada 19 Mei, justru sudah datang pada tanggal tersebut. Paketan jaket ini datang di dalam sebuah tas bertuliskan “Don’t Try to Impress People, Always Be Yourself” dan selain berisi jaket pesanan saya juga berisi selebaran produk terbaru IWEARZULE, stiker dan meteran untuk mengukur badan.

Oke, sebelum ke bagian bagusnya, setidaknya saya punya 2 keluhan kecil tentang jaket ini.

  1. Untuk model Jaket Ezio ini, IWEARZULE menuliskan nama saya di bagian dalam jaket. Sayangnya, saat membuat profil di website mereka, saya memasukan nama lengkap, karena data tersebut akan digunakan untuk mengirim. Nah, masalahnya, saya lebih senang jika tulisan nama tersebut bertuliskan “Ari Kurniawan” dibandingkan “I Gede”. Jadi, seharusnya IWEARZULE menyediakan form agar pemesan bisa memilih nama yang ingin dituliskan. (atau mungkin saya yang tidak melihat sewaktu memesan).
  2. Saya yakin ini hanya kurang teliti saja saat quality control, tapi saya mendapati sisa benang yang belum dibersihkan pada bagian built-in glove sebelah kiri. Memang sih saya bisa mengguntingnya sendiri, tapi jika IWEARZULE memang ingin dikenal sebagai brand premium, quality controlnya harus lebih ditingkatkan lagi.

Sekarang, ke bagian bagusnya.

  1. Kualitas jahitan pada jaket ini sangat rapi. Saya pribadi sebenarnya sudah memiliki langganan penjahit yang saya tahu kualitas dan kerapian kerjanya, tapi penjahit yang dimiliki oleh IWEARZULE pun sepertinya memang tahu apa yang dikerjakan dan bisa menjahit dengan sangat baik dan rapi.
  2. Ukurannya benar-benar pas. Saya akui, ukuran yang saya kirim dengan barang jadinya benar-benar sama. Padahal saya sebenarnya berharap ukurannya bisa agak kebesaran karena saya kurang suka dengan pakaian yang benar-benar pas. Tapi, IWEARZULE benar-benar berhasil dalam menterjemahkan ukuran yang saya kirim ke dalam jaket Ezio pesanan saya.
  3. Branding tidak berlebihan. Salah satu alasan saya lebih suka membeli pakaian polos atau custom, selain karena faktor ukuran adalah karena kebanyakan brand pakaian kelas menengah biasanya terlalu berlebihan dalam memasang brand dalam pakaian mereka. Memang tidak ada yang salah dengan hal tersebut, tapi saya kurang suka menjadi papan iklan berjalan. Untungnya, unsur branding yang dipasangkan pada produk mereka tidak berlebihan bahkan cenderung agak tersembunyi.

Jadi, apakah saya merekomendasikan IWEARZULE? Tentu saja. Beberapa model pakaian yang dimiliki oleh brand ini terbilang keren sekaligus minimalis dan jika dibandingkan dengan produk yang mirip namun dari brand besar, harga di IWEARZULE lebih bersahabat dan punya keunggulan, yaitu ukurannya bisa di custom sesuai ukuran badan kita.

Related Incoming Search Term: