Prediksi Trend SEO 2016

Search Engine Optimization (SEO) bukanlah sesuatu yang benar-benar pasti, orang-orang yang mengaku sebagai “ahli SEO”, “pakar SEO”, atau “master SEO” sebenarnya tidak tahu pasti bagaimana algoritma mesin pencari dalam melakukan index dan memunculkan hasil dari sebuah pencarian, hampir semuanya merupakan hasil dari riset, pengalaman dan menerka-nerka begitu pula dengan prediksi trend SEO 2016 ini.

Saya pribadi juga bukan orang yang berpengalaman di bidang SEO, jadi saya harus mencari berbagai sumber lain untuk menulis artikel ini. Saya menulis artikel ini berdasarkan artikel dari Forbes, Semrush, Inc.com, Search Engine Journal dan Lifehack.org

Berikut ini 4 Prediksi Trend SEO 2016 yang paling mungkin dan paling penting menurut saya sebagai seorang blogger.

 Mobile-Friendly makin penting

Pada awal tahun 2015 lalu, untuk pertama kalinya jumlah pencarian dari perangkat mobile melebihi jumlah pencarian yang berasal dari perangkat desktop. Ini menandakan tingginya jumlah orang yang mencari informasi lewat mesin pencari menggunakan perangkat mobile.

Pertengahan Maret 2016, Google mengumumkan bahwa situs yang memiliki label “mobile-friendly” akan lebih diperhitungkan dalam hasil pencarian dan algoritma tersebut mulai berlaku pada 21 April 2016. Dan pada bulan Mei 2016, dampak dari label “mobile-friendly” tersebut semakin besar.

Jadi, pastikan web/blog sudah termasuk dalam kategori mobile friendly dengan mengujinya disini.

Konten visual akan semakin berjaya

Sampai saat ini, konten berupa tulisan masih merupakan jenis yang paling banyak terdapat di internet. Tapi, tahun 2016 diprediksi akan menjadi momentum kebangkitan dari konten visual seperti gambar (infografik) dan video. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini seperti semakin cepatnya koneksi internet di beberapa negara berkembang dan masyarakat yang ingin semuanya serba cepat.

Dari segi SEO tradisional, membuat sebuah konten full-visual di web/blog mungkin tidak terlalu efektif. Namun, dari segi pemasaran dan promosi, konten visual memang jauh lebih efektif daripada tulisan.

SEO tidak lagi berdiri sendiri

Beberapa waktu lalu, saya sempat menulis mengenai Citation Flow dan Trust Flow, sebuah metrik baru yang kabarnya dipakai Google sebagai SALAH SATU faktor dalam menetapkan ranking sebuah web/blog di mesin pencari.

Tahun 2016, SEO diprediksi tidak akan berdiri sendiri lagi dan akan memperhitungkan faktor social media juga. Secara sederhana, jika sebuah konten menjadi populer di social media, maka secara otomatis konten tersebut juga akan mendapat ranking yang lebih baik di hasil pencarian mesin pencari.

Local SEO semakin diperhitungkan

Persaingan antar web di hasil pencarian mesin pencari akan semakin ketat, salah satu cara untuk menjadi yang teratas adalah dengan melokalkan diri. Misalnya, daripada mengejar kata kunci “tempat makan enak”, lebih baik fokuskan pada kata kunci yang lebih spesifik misalnya “tempat makan enak di Kuta” atau “tempat makan enak di Seminyak”.

Berkembangkan teknologi geo-location dan perilaku pengguna yang semakin sering menggunakan voice-search juga cenderung menguntungkan usaha atau tempat yang unggul dalam urusan local SEO. Sedikit tips mengenai Local SEO :

  • Pastikan terdaftar di Google Bisnisku. Google Bisnisku adalah salah satu layanan Google untuk usaha kecil agar detail lengkap seperti nama, alamat dan nomor telepon dari sebuah usaha bisa muncul di hasil pencarian Google. Cara mendaftarnya, klik disini.
  • Manfaatkan Google+. Google mengidentifikasi local SEO berdasarkan informasi, salah satunya yang ada di Google+, jadi lengkapi segala informasi dan foto mengenai usaha atau tempat Anda di Google+.
  • Masukan kata kunci lokal. Seseorang yang ada di sekitaran Kuta dan ingin mencari tempat makan murah akan mengetikan “tempat makan murah di Kuta”, bukan hanya “tempat makan murah” saja. Jadi, jangan lupa tambahkan kata kunci lokal tersebut ke dalam web/blog.

Itulah 4 prediksi SEO 2016 yang kemungkinan akan terjadi. Selalu ingat bahwa SEO bukanlah segalanya, karena masih ada banyak faktor lainnya seperti kualitas konten dan promosi yang menentukan jumlah pengunjung yang mendatangi sebuah web/blog.