Review Auglamour RX-1, Ringan dan 98% Asik

Saya sebenarnya sedang tidak perlu-perlu amat dengan earbuds baru mengingat kalau Rock Zircon milik saya masih berfungsi dengan cukup bagus dan Knowledge Zenith (KZ) ZS3 yang baru saya beli pada September 2018 lalu pun jarang saya gunakan karena lebih asik dipakai saat berolahraga.

Tapi, saya tetap memutuskan untuk membeli earbuds baru yaitu Auglamour RX-1. Jujur saja, saya tidak tau sama sekali brand ini dan memutuskan membeli karena melihat packaging-nya yang keren banget. Kalau kalian sekedar ingin tau harganya, earbuds ini dijual dipasaran dengan harga antara 200 – 300 ribuan Rupiah, sedikit diatas kelas kere hore.

Review Auglamour RX-1, Ringan dan 98% Asik 1

First Impression (Sekilas)

Waktu menerima paketnya, saya sudah sadar bahwa earbuds satu ini benar-benar tidak sembarangan dalam urusan packaging. Kotaknya berbentuk mirip seperti kotak perhiasan transparan dengan kayu sebagai alat bantu untuk memamerkan tampilan earbudsnya.

Warna yang saya beli adalah gold (karena hanya itu yang tersisa), tapi warnanya tidak tampak berlebihan dan justru jadi terlihat elegan. Bagian rumah earbudsnya terbuat dari metal dan sepertinya merupakan campuran antara zinc dan metal lainnya. Desain bagian ini pun terbilang unik dibanding earbuds atau earphone lain yang pernah saya gunakan.

Bagian kabelnya tampak jauh lebih kuat dari earphone saya sebelum-sebelumnya. Sayangnya, kabel ini agak ‘manja’ kalau sudah tertekuk, jadilah bentuknya jadi agak meliuk-liuk. Solusinya sebenarnya cukup mudah, yaitu hanya menggunakan hairdryer atau cara lain untuk sedikit menghangatkan dan meluruskan bagian kabel ini.

Review Auglamour RX-1, Ringan dan 98% Asik 2

Pas membuka kotaknya, saya cukup kaget karena mendapat banyak benda, list lengkapnya:

  • Earbuds Auglamour RX-1
  • Kitab
  • 3 pasang solid foam
  • 3 pasang donuts foam
  • 2 gelang (kuning dan abu-abu)
  • Logo Auglamour (dari metal)
  • Pouch

Pokoknya, apa yang saya dapatkan di dalam paketnya jauh melampaui ekspektasi saya. Namun, saya jadi berpikir, jangan-jangan, barang-barang ini diberikan untuk menaikan harga earbudsnya semata dan ‘menutupi’ kekurangannya.

Kualitas Suara

Review Auglamour RX-1, Ringan dan 98% Asik 3

Oke, untuk menilai kualitas suaranya sebenarnya harus dilakukan dua kali yaitu dengan kondisi tanpa foam dan dengan foam.

Kondisi tanpa foam

Dengan kondisi tanpa foam, kualitas suara yang dihasilkan sebenarnya merupakan yang paling maksimal. Suara vokalnya terdengar dengan sangat jelas, bass-nya cukup nendang dan instrumen-instrumen musik terdengar seperti seharusnya. Sayangnya, karena Auglamour RX-1 masuk dalam kategori flat earbuds, maka suara dari luar sering kali ‘bocor’. Bagi beberapa orang, hal ini sih biasanya bukan masalah besar, tapi bagi orang seperti saya, ini bisa jadi bahan pertimbangan penting.

Kondisi dengan foam

Saat menggunakan foam, kualitas suara yang dihasilkan dari earbuds ini terasa agak turun, terkesan tertahan dan kurang maksimal. Namun, saat menggunakan foam, apalagi solid foam, bass-nya jadi terasa lebih enak dan suara dari luar tidak sebocor dengan kondisi tanpa foam. Untuk yang kurang suka dengan kondisi suara luar yang bocor, solusinya adalah menggunakan donuts foam yang sudah disediakan dan tersedia dalam 3 ukuran.

Kesimpulan

Pros:

  • Ringan
  • Bahan dari metal (lebih kuat)
  • Suara lumayan
  • Packaging keren

Cons:

  • Tidak punya mic
  • Kalau kabel terteruk lama, agak sulit diluruskan
  • Kurang nendang kalau dengan foam, agak bocor kalau tanpa foam

Leave a Reply