Review SoundMagic ES18S, Magic & Murah

Menggantikan sesuatu yang sudah melekat pada kita dengan sesuatu yang baru memang selalu sulit, selama satu tahun terakhir, saya mendengarkan music menggunakan OnePlus x JBL E1 + Earphone yang saya beli sekalian saat membeli OnePlus One. Sayangnya, karena saya tidak apik dalam memperlakukan barang, maka earphone tersebut sudah mengalami kerusakan fisik (walau tidak mempengaruhi performanya).

Kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”, jadi sebelum earphone tersebut benar-benar tidak bisa digunakan, saya membeli earphone baru yaitu, SoundMagic ES18S. Walau sebenarnya saya ingin mendapatkan SoundMagic E10 yang berdesain lebih solid, namun sayangnya, masalah anggaran belanja membatasi kami berdua.

Salah satu kenapa saya memilih SoundMagic ES18S disbanding earphone lain adalah alasan sepele, karena warnanya senada dengan custom-cover yang dipakai oleh OnePlus One saya. Oke, kembali ke review.

SoundMagic ES18S termasuk dalam budget-earphone (earphone berharga murah) dengan kualitas yang sangat lumayan. Harganya di Indonesia berkisar antara 170-200 ribu saja. Saya pribadi membeli di Lazada dengan gratis ongkos kirim seharga 175 ribu.

Tampilan Luar

Secara visual, desain dan tampilan earphone ini tidak istimewa. Ear bud yang dimiliki adalah tipikal yang dimasukan ke teliga, namun memiliki fungsi vital untuk mengisolasi suara. Jadi, karena tidak terlalu higenis, tidak disarankan menggunakan earphone ini bergantian dengan teman kalau tidak dibersihkan terlebih dahulu.

Desainnya pun terlihat sepertinya terbuat dari plastik kecuali sedikit aksen chrome ditengah-tengahnya. Bagian kabel terasa seperti karet, mirip seperti kabel yang dipakai oleh Apple. Sayangnya kabel ini termasuk tipikal yang mudah kusut, jadi jangan sembarangan menarik kabelnya kuat-kuat jika tidak ingin membeli yang baru.

Bagian terbaik dari earphone ini adalah tombol switch yang mampu membuatnya kompatibel dengan berbagai jenis handphone, mulai dari yang tipe terbaru maupun tipe yang cukup jadul.

Performa

Performa earphone ini cukup mengesankan untuk harganya yang terbilang murah. Suara yang dihasilkan berkualitas bagus, dentuman bassnya kuat namun tidak melebihi treble dan vokalnya seperti kebanyakan earphone. Mic yang dimiliki berjarak sekitar 3 inchi dari earpiece dan memiliki kualitas yang cukup bagus pula.

Saya sudah mencoba earphone dan mic ini saat menelpon dan baik suara yang saya dengar maupun saya ucapkan terasa sangat jelas dan tanpa masalah. Sedikit masalah pada earphone ini menurut saya adalah pada volume rendah, dimana suara bass tidak begitu terdengar, namun pada volume tinggi, suara yang dihasilkan sangat luar biasa.

Related Incoming Search Term: