Samsung Galaxy Note 5 Bikin Speechless

Selama 3 tahun terakhir, Samsung selalu meluncurkan seri phablet premium-nya, Galaxy Note, pada ajang pameran barang elektronik terbesar dan tertua di dunia, IFA, di Berlin, Jerman yang biasanya berlangsung pada awal September. Tahun ini, Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Note 5 lebih awal yaitu, pada 13 Agustus 2015 lalu, bertempat di Lincoln Center, New York City, Amerika Serikat dalam sebuah acara bertajuk “Samsung Unpacked 2015“.

Dalam acara Samsung Unpacked 2015 tersebut, sebenarnya diperkenalkan 2 produk sekaligus yaitu Samsung Galaxy S6 Edge+ serta Samsung Galaxy Note 5. Khusus pada artikel ini, saya akan lebih banyak membahas Samsung Galaxy Note 5.

Justin Denison selaku Wakil Presiden dan Kepala Mobile Product dari Samsung Amerika adalah orang yang dipercaya oleh Samsung untuk menunjukan fitur-fitur keren Samsung Galaxy Note 5. Sebelum memperkenalkan fitur-fitur Note 5, dia sempat bercerita bahwa ketika Galaxy S Series pertama kali mendapat sukses tahun 2011, masih banyak konsumen yang menginginkan “smartphone yang tidak ada”.

Hingga pada akhirnya, Samsung merilis Galaxy Note generasi pertama. Walau banyak yang mencibir bahwa perusahaan asal Korea Selatan ini sudah gila, tapi hal itu justru terbantahkan dengan tingginya penjualan Galaxy Note Series dari generasi ke generasi.

Sebelum bicara masalah spesifikasi yang biasanya agak teknis, saya mau membahas fitur-fitur unggulan yang dimiliki Samsung Galaxy Note 5.

S Pen generasi terbaru

S Pen Samsung Galaxy Note 5

 

S Pen untuk Note sama seperti mouse pada komputer, begitu melekat. Generasi terbaru S Pen dibuat lebih kuat, lebih nyaman dan lebih sensitif, seakaan menggunakan pulpen biasa. Tapi, fitur yang paling saya sukai adalah kemampuannya dalam mencatat walaupun layar dalam keadaan mati dan tanpa membuka aplikasi apapun.

Jadi, kalau mau mencatat nomor gadis cantik atau apapun, tinggal ambil Samsung Galaxy Note 5, tarik S Pen dan tulis. Gampang, cepat dan sederhana. Fitur ini pasti sangat berguna untuk siapapun, jadi tidak usah repot-repot lagi membawa buku catatan kemana-mana atau menghabiskan waktu membuka aplikasi untuk mencatat.

Smart Multitaksing

Samsung Galaxy Note 5 Smart Multitasking

Ada dua hal yang menopang smart multitaksing dari Samsung Galaxy Note 5, yaitu S Pen dan RAM LPDDR4 berukuran 4 GB. S Pen sendiri sudah terbukti membuat multitasking lebih mudah, ketika S Pen ditarik, ketika itu pula, shortcut-nya aktif, bahkan Denison menyebutkan bahwa S Pen akan membantu pengguna untuk “multitasking like a pro”.

Samsung Galaxy Note 5 juga merupakan produk pertama Samsung yang memakai RAM berukuran 4 GB, dengan RAM sebesar itu, tidak akan ada istilah “ngelag” atau apalah itu yang bisa menganggu produktivitas atau waktu bermain game. Jadi, tidak akan ada kejadian saat asyik bermain game malah menulis “sorry lag” pada teman satu party.

Kamera yang lebih baik

Samsung Galaxy Note 5 Camera

Dalam urusan kualitas gambar, kamera dari Samsung Galaxy S6 yang juga dipakai pada Samsung Galaxy Note 5 mencetak nilai tertinggi dalam DxOMark Mobile (ukuran kualitas gambar untuk perangkat mobile), yaitu 86. Jadi, ini bukan masalah ukuran dari MP kamera yang digunakan, tapi bagaimana kualitas gambar yang mampu dihasilkan.

Bukan hanya untuk foto, Note generasi terbaru ini juga dapat merekam video dalam format 4K. Dipadukan dengan software untuk menstabilkan gambar saat merekam bernama Video Digital Image Stabilization (VDIS) ditambah hardware Optical Image Stabilization (OIS), mampu menghasilkan kualitas rekaman yang sangat stabil.

Video Live Broadcast

Samsung Galaxy Note 5 Live Broadcast

Dengan kamera sekeren itu, pasti keinginan untuk menyebarkan hasil rekaman di media sosial semakin tinggi kan? Samsung bekerjasama dengan Youtube, menghadirkan video live broadcast, dimana pengguna Samsung Galaxy Note 5 dimungkinkan untuk melakukan broadcast video secara live dari handset miliknya ke channel Youtube.

Jadi, kita bisa berbagi momen-momen keren secara langsung kepada teman atau sahabat. Sekarang, bukan hanya TV yang bisa siaran live, pengguna Samsung Galaxy Note 5 juga bisa.

Sidesync

Samsung Galaxy Note 5 Sidesync

Fitur ini menghubungkan Samsung Galaxy Note 5 dengan PC / Laptop secara wireless dan otomatis, bukan hanya untuk mengguna Windows, tapi juga Mac. Dengan fitur ini, pengguna bisa memindahkan file dari PC ke Samsung Galaxy Note 5 atau sebaliknya dengan sangat mudah. Untuk kalangan pebisnis, tentu fitur ini akan sangat berguna untuk menunjang produktivitas kerja sehari-hari.

Dalam keseharian, artinya pengguna tidak usah repot-repot mencari kabel data lagi untuk memindahkan file dari PC ke handset miliknya. Semuanya wireless dan otomatis dengan fitur Sidesync ini.

Baterai

Samsung Galaxy Note 5 Fast Wireless Charging

Semua fitur keren diatas tidak akan berfungsi jika baterai tidak berisi daya. Samsung Galaxy Note 5 dibekali baterai berkapasitas 300 mAh ditambah fast wireless charging. Yap, jika fast charging mampu mengisi daya dengan cepat dan wireless charging mengisi daya tanpa memerlukan kabel yang ribet. Maka, fast wireless charging mampu mengisi daya dengan cepat tanpa perlu risih oleh kabel.

Baterai Samsung Galaxy Note 5 mampu diisi dari 0-100% dalam waktu hanya 120 menit. Wow…. Itu 60 menit lebih cepat dari seharusnya.


 

Saya belum akan memberikan spesifikasinya terlebih dahulu, saya ingin kembali membahas event Samsung Unpacked 2015. Diawal tulisan ini, saya sudah mengungkapkan bahwa Galaxy Note series biasanya diumumkan di Berlin. Tapi, kenapa tahun ini lebih awal? Salah satu jawabannya ada pada akhir acara Samsung Unpacked 2015 lalu.

Samsung Galaxy Gear S2

Samsung Galaxy Gear S2, sebuah smartwatch keluaran terbaru dari Samsung akan diluncurkan pada ajang pameran elektronik terbesar di Berlin pada September 2015. Memang belum diberikan spesifikasi lengkapnya, tapi jujur, saya suka tampilan dari Galaxy Gear baru ini.


 

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5

Samsung Galaxy Note 5

Body : Bezel tipis yang tampak elegan, gabungan antara kaca (layar) dan metal yang membingainya tampak kuat namun tetap nyaman dan elegan. Ketebalannya hanya 7,6 mm.

Layar : Super Amoled berukuran 5,7 inchi Quad HD. Resolusi 2560 x 1440 pixel dengan kepadatan pixel mencapai 518 pixel per inchi layar.

Bagian dalam : Memakai OS Android Loollipop 5.1.1 dengan TouchWiz yang lebih cantik. Prosessornya adalah Exynos 7420 octa-core (2,1 GHz quad + 1,5 GHz quad) 64 bit. Ditambah RAM 4GB LPDDR4.

Bagian penyimpanan : Memiliki pilihan antara 32 GB atau 64 GB tanpa slot microSD seperti halnya untuk Samsung Galaxy S6.

Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa mengunjungi situs www.GalaxyLaunchPack.com. Jangan lupa untuk subscribe dengan mendaftarkan email, siapa tau bisa memenangkan exclusive prize untuk Samsung Galaxy Note 5 ini. Di web tersebut juga diberikan beberapa informasi terbaru seputar Samsung Galaxy Note 5 termasuk bagaimana mendapatkan phablet Android yang digadang-gadang akan menjadi yang paling powerfull tahun ini.