Serunya “Bermain” Novel Interaktif

Beberapa hari terakhir, saya sedang suka memainkan game dari developer Choice of Games LLC. Saya sendiri masih ragu menyebutnya sebagai “game” dan lebih memilih “novel interaktif” untuk menyebutnya. Tapi, mereka sendiri menyebutnya sebagai Multi-Choice Game (MCG), sebuah genre yang mungkin “membosankan” bagi beberapa orang, tapi begitu menarik bagi sebagian lainnya.

Kok menarik?

Sama seperti saat membaca sebuah buku, kita dipersilakan bahkan diharuskan memakai imajinasi sendiri untuk menggambarkan seperti apa tampilan karakter dan latar belakangnya, petunjuknya hanya sekumpulan kata-kata yang bisa diartikan lain oleh setiap orang.

Jadi, ketika sebuah cerita sangat menarik bagi yang mampu menggambarkannya dengan baik akan terasa sangat hambar oleh mereka yang belum mampu menggambarkannya dengan baik.

Cara bermainnya juga cukup sederhana, pertama kita akan disuguhkan sebuah cerita menggunakan sudut pandang yang cukup menarik, yaitu menceritakan tentang “kamu”.Pada beberapa bagian (bahkan sebagian besar), kamu akan memiliki kesempatan untuk memilih satu diantara beberapa pilihan. Pilihan yang kamu pilih akan mempengaruhi kemana arah jalannya cerita bahkan mungkin mempengaruhi tindakan yang dilakukan tokoh lain.

Terkadang, pilihanmu mungkin membuat cerita berjalan seperti apa yang kamu pikirkan, tapi bisa juga justru membuat kamu harus memilih sebuah pilihan sulit di bagian berikutnya.

GameĀ buatan Choice of Games, hampir 100% terdiri dari teks, menariknya, pada beberapa novel ada sebuah panel yang mampu menunjukan status karaktermu bahkan jumlah uang yang kamu miliki. Cukup menarik bukan?

Asyiknya lagi, bagi kamu yang berminat membuat game serupa, Choice of Games sudah dengan senang hati menyediakan ChoiceScript yang dapat digunakan untuk membuat multi-choice game seperti mereka. Bahkan, mereka dengan senang hati akan mempublikasikan game buatanmu di Google Play asalkan bisa lulus penilaian dan mau berbagi profit dengan mereka.

Buat kalian yang tertarik, begini cara memulainya :

Pertama, download Choice of the Rock Star

Game ini menyediakan versi trial sampai chapter ketiga, tapi saya rasa cukup untuk memberikan waktu untukmu menilai, apakah menyukai atau tidak game model MCG ini.

Oke, kalau kamu tidak tertarik, langsung uninstall saja. Tapi, jika kamu tertarik, berikutnya downloadlah Choice of the Dragon

Game ini tidak 100% gratis, tapi kamu bisa bermain secara gratis sampai chapter akhir. Ketika mau bermain lagi, kamu harus menunggu beberapa menit, kalau tidak mau menunggu, belilah unlimited versionnya.

Kalau ternyata kamu tidak suka, uninstall saja. Nah, kalau kamu ternyata tertarik dan rela mengeluarkan uang demi membeli game model begini. Belilah Choice of Robots sebagai yang pertama, atau kalau kamu cukup modal, belilah seri Hero Rises.