Strategi Cerdik OnePlus untuk OnePlus X di Indonesia

OnePlus X adalah ponsel ketiga yang dikeluarkan oleh startup asal Tiongkok, OnePlus. Akhir tahun 2015 lalu, OnePlus X sebenarnya sudah resmi dirilis di Indonesia. Pada Maret 2016, menggandeng Blibli.com, OnePlus X akhirnya resmi dijual dengan beberapa fakta menarik.

Baca : Spesifikasi dan Review OnePlus X

OnePlus X yang dijual di Indonesia adalah versi 3G

Ini menarik karena OnePlus X yang dirilis secara global sebenarnya sudah mendukung 4G. Tapi, ini merupakan salah satu strategi cerdik dari OnePlus mengingat bahwa setiap ponsel 4G yang dijual di Indonesia harus memiliki sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri).

Sertifikat TKDN ini mengharuskan setiap smartphone 4G memiliki kandungan bahan-bahan dalam negeri mencapai 30%. Tentunya untuk OnePlus X yang 100% dibuat di Tiongkok, hal ini tidak memungkinkan. Karena itulah, OnePlus X yang dijual di Indonesia merupakan versi 3G.

Petunjuk sederhana dari pihak OnePlus Indonesia

Setelah mengatakan bahwa OnePlus X yang dijual di Indonesia merupakan versi 3G, pihak OnePlus Indonesia juga menambahkan bahwa pembeli mereka sudah “cukup pintar”. Petunjuk lainnya bahwa pernyataan jika pengguna melakukan rooting pada perangkat, maka tidak akan menghilangkan garansi.

Dua petunjuk ini saja sudah bisa diambil asumsi bahwa pemilik OnePlus X cukup melakukan rooting dan beberapa pengaturan agar perangkat 3G-nya bisa support terhadap jaringan 4G. Sebuah strategi yang sangat cerdik.

Turun Harga

Pada 2015 lalu, OnePlus X dijual dengan harga sekitar 4 jutaan. Karena berbagai faktor, mungkin salah satunya adalah kurs, OnePlus X yang dijual oleh Blibli.com hanya 3,4 jutaan. Bahkan, beberapa pembeli beruntung bisa mendapatkan OnePlus X dengan harga hanya 2,8 juta pada 28 Maret 2016.


Sebagai sebuah startup, OnePlus bisa dikatakan sangat cerdik dalam “mengakali” aturan yang ada di Indonesia. Mereka tidak melanggar aturan karena pada dasarnya ponsel yang mereka jual adalah smartphone 3G yang tidak harus memiliki sertifikat TKDN.┬áTapi, mereka memberikan pilihan bahkan “kemudahan” bagi pemilik OnePlus X untuk membuat perangkatnya mendukung 4G.