Saya adalah blogger yang memulai segalanya serba gratisan, menggunakan platform dari blogger.com, memakai subdomain blogspot.com hingga memakai template gratis.  Hingga pada 2012, saya memutuskan untuk lebih serius dengan membeli sebuah domain dari uang jajan yang saya kumpulkan selama beberapa bulan.

Dalam 4 tahun, memang sih tidak terlalu banyak perkembangan. Saya masih memandang menulis blog sebagai hobi dibanding “pekerjaan”. Beberapa waktu lalu, saya sempatkan membuka akun blogger.com, disana masih ada beberapa blog “tidak terurus” yang secara mengejutkan masih menghasilkan traffic walau sudah tidak diupdate sejak tahun lalu.

Rencana Studi Kasus : Blogspot Custom Domain 2

Berangkat dari hal sederhana itu, saya ingin melakukan sebuah studi kasus dengan menggunakan sebuah blogspot custom domain. Kenapa custom domain? Biar lebih gampang dipromosikan saja dan adil dalam mencatatan Domain Authority dan Page Authority. Dalam studi kasus ini, saya menggunakan template Speed Up Standard, sebuah template berbayar yang bagi saya pribadi sangat cepat, sederhana dan pas saja di hati.

Sebuah blogspot custom domain dengan template berbayar, bukankah ini curang? Tentu tidak! Karena, dalam membuat dan merawat sebuah blog jangka panjang, bukan dua hal itu yang menentukan, mungkin memang ada pengaruhnya, tapi apa yang lebih berpengaruh adalah konten, promosi, teknik SEO dan tentu saja konsistensi dari bloggernya.

Aturan Main : 

Studi Kasus ini akan berlangsung selama 4 bulan, sejak September 2016 hingga Desember 2016. Setiap akhir bulannya, saya akan mencatat total pengunjung, total pageviews, rata-rata bounce rate dan sumber pengunjung. Saya juga akan melakukan pengecekan pada Domain Authority (DA), Page Authority (PA) dan backlink. Pelacak statistik mulai dipasang saat propagasi antara blogger dan custom domain sudah selesai dan blog sudah bisa diakses menggunakan custom domain.

Rencana Studi Kasus : Blogspot Custom Domain 3

Pada bulan September – Oktober 2016, saya akan fokus pada pengembangan konten, 1 artikel setiap hari TANPA promosi di sosial media, blogwalking atau semacamnya. Fokus dua bulan pertama adalah membuat konten dan melakukan SEO on-page.

Pada bulan November – Desember 2016, saya akan fokus pada unsur promosi, artikel hanya diupdate 3 hari atau 7 hari sekali. Promosi akan dilakukan di beberapa sosial media pribadi saya dan blogwalking.

Semua data diambil dalam bentuk screenshot dan akan dituliskan pada sebuah “laporan” yang akan dipublikasikan pada akhir Desember 2016.

Tujuan dari studi kasus ini adalah : 

  • mencaritahu apakah blogspot custom domain masih tangguh sebagai sebuah platform untuk blogging di tahun 2016
  • mencaritahu apakah saya bisa konsisten mengerjakan studi kasus ini sebagai pra-persiapan menuju skripsi 😀
Author

Blogger paruh waktu yang sedang banyak belajar tentang SEO dan Digital Marketing. Kadang menulis cerita bertema science-fiction dan historical-fiction.

7 Comments

  1. Ehhhh studi kasusnya mau buat skripsi? tak sangka iseng2 thok hahaha
    Mantabz sukses lah, tak tunggu laporane… #EmangGueDosennya haha

    Saya nggak pernah segitu seriusnya bikin studi kasus sih,tp mungkin bisa dijadiin referensi… kebetulan dulu saya pernah bikin blog demo di blogspot, demo template tepatnya, dan itu cuma saya isi 10 postingan pas awal bikin dan gak pernah saya update, Waktu itu gak kepikiran mau ngisi apa, jadi kontennya bener2 nggak ada tulisane, pure judul dan gambar… saya tinggal langsung… terakhir gak sengaja liat visitornya di dashboard, malah udah ngelebihin salah satu domain TLD saya yg emg keurus hahaha… padahal itu template blm tak bkn respoonsive karena zaman itu emg blm sampe disono perkembangannya. Yg menarik, dari sekitar 700-1500an view/day unique visitornya hampir 500-1000. Dan berhubung yg komen di blog itu rata2 nitip backlink, saya yakin klo itu bukan visitor TE/Hitleap dkk… karena saya make kotak komen G+ terakhir sempet saya ganti.

    Dan itu tanpa promosi, tanpa share jg… pure search engine, karena biarpun demo itu demo personal jd bkn demo yg templatenya saya share dan org tau…

    Sayangnya sya udh gak gtu mikir SEO jd bodo amat, mungkin klo masih mikir SEO dikit, mending tak beliin domain zombie baru abis itu jadiin blog anu haha…

    • Ini studi kasus memang cuma iseng doang. Baru “pra-skripsi” 😀

      Nah, karena itu saya mau mencoba apa sekarang blogspot yang sudah memakai custom domain masih seampuh dulu. Kalau berhasil, kan lumayan dipakai blog untuk placement content lagi. Kalau gagal, paling cuma rugi domain saja.

  2. Ditunggu hasil study kasusnya gan,ini penting menurut saya,soalnya 20 blog,yg 15 memakai blogspot custtom.

    Saya ngintip disini aja hasilnya.hehe

    • Saya saat ini sedang berjuang untuk menyelesaikan studi kasus ini. Konsistensi adalah masalah utama bagi saya 😀

Write A Comment