Susu Balita Berbahan Soya, Amankah untuk Si Kecil?

Memasuki usia 3 tahun umumnya buah hati sudah bisa mengganti asupan ASI mereka dengan susu balita. Susu formula yang banyak dijual di pasaran, produk yang satu ini cukup aman, bahkan kandungan gizinya sudah mulai menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh buah hati yang sudah memasuki usia lebih tinggi. Banyak pilihan produknya bahkan ditawarkan dalam berbagai rasa mulai dari coklat hingga buah-buahan yang lebih enak.

Beberapa susu terbaik untuk anak bahkan tak hanya terbuat dari susu sapi biasa saja, melainkan jug kombinasi dengan susu soya atau protein kedelai. Biasanya jenis yang satu ini juga banyak dijadikan sebagai pilihan oleh anak-anak yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi. Produknya dijual di pasaran dengan harga yang relatif lebih murah namun kandungan gizi dan rasanya tak kalah dengan susu sapi biasa.

Lalu yang menjadi pertanyaan oleh ibu-ibu sekarang ini apakah ada jaminan rasa aman memberikan produk susu soya bagi anak-anak?, ketahui informasinya berikut ini:

1. Produk susu soya sama halnya dengan susu sapi, ia memiliki kandungan yang beragam dengan konsumsi untuk usia-usia tertentu, asalkan Anda memberikannya bagi buah hati dengan usia yang sama sesuai anjuran, maka formulanya tak akan membahayakan bagi si kecil, bahkan ia dapatkan manfaat yang sama seperti susu sapi biasa.
2. Belum ada penelitian mengenai keamanan susu soya untuk bayi, apalagi yang usianya masih 0 hingga 6 bulan, sehingga belum dianjurkan memberikannya pada bayi. Dokter lebih menganjurkan pemberiannya untuk bayi di atas 6 bulan, khususnya mereka yang menderita alergi susu sapi.
3. Lebih aman memberikannya pada cangkir langsung sehingga bisa diminum habis, jangan ditaruh dalam wadah botol atau dot karena ia juga tak bertahan lama. Proteinnya mudah basi.

Jadi susu terbaik untuk balita berprotein soya sebenarnya aman digunakan, asalkan dengan panduan-panduan yang tepat juga. Penting bagi Anda mengetahui hal tersebut agar tak salah dalam memilihkan produk susu untuk si kecil, karena susu adalah asupan nutrisi utama mereka.